jelaskan pengertian hari kiamat

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “jelaskan pengertian hari kiamat” mari kita lanjutkan

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari jelaskan pengertian hari kiamat.

Pengertian Kiamat

Arti kiamat dalam Islam adalah berakhirnya segala kehidupan dengan hancurnya seluruh alam semesta dan makhluk yang menghuninya. Tidak ada satupun makhluk yang mengetahui atau memprediksi kapan kiamat akan terjadi. Hal ini tertuang dalam surat Al-Araf ayat 187 sebagai berikut:

Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Kiamat: “Kapan terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya ilmu tentang Kiamat ada di sisi Tuhanku; tidak ada (satu) pun yang dapat menjelaskan waktu kejadian itu kecuali Dia (Kiamat) sangat berat (kekacauan bagi makhluk) di langit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba. -Araf: 187).

Peristiwa kiamat adalah wajib bagi umat Islam yang beriman. Mengapa Percaya pada Hari Pengadilan adalah Rukun Iman yang Kelima Percaya bahwa Hari Pengadilan akan datang, umat Islam harus menjauhi semua perilaku yang dilarang oleh Allah SWT dan memperbanyak amal saleh untuk mendapatkan pahala dan menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan .

Jenis kiamat

Dalam Islam, kiamat dibagi menjadi dua jenis yaitu kiamat sugra dan kiamat kubro.

1. Hari kiamat Sugro

Kiamat Sugra adalah akhir dari kehidupan di dunia. Kiamat ini biasanya disebut sebagai kiamat kecil. Yang benar adalah bahwa kiamat adalah bencana alam sampai kematian menimpa seseorang.

Nabi SAW pernah bersabda dalam haditsnya di hari kiamat yang berbunyi, “Jika salah satu dari kalian meninggal, maka kursinya akan diperlihatkan kepadanya pada pagi dan sore hari.” Jika salah seorang dari kalian meninggal dunia, maka kursinya diperlihatkan kepadanya pada saat pagi-sore hari. Jika ia termasuk ahli surga, maka ia akan melihat jelas gambaran dirinya sebagai ahli neraka. Dikatakan kepadanya, “Ini kursimu hingga Allah membangkitkanmu pada hari Kiamat” (HR. Bukhari).

2. Kiamat Kubro

Kiamat adalah kehancuran seluruh alam semesta dan makhluk di dalamnya. Hari kiamat ditandai dengan dibunyikannya terompet oleh malaikat Israfil. Nabi SAW bersabda dalam haditsnya bahwa akhir dunia akan terjadi pada hari Jumat.

Dalil Kiamat

“Sebaik-baik matahari terbit adalah hari jum’at. Pada hari Jum’at Adam diciptakan, pada hari itu dia dimasukan ke dalam surga dan pada hari Jum’at itu juga dia dikeluarkan dari Surga. Hari Kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jum’at.” (HR. Muslim No. 854)

BACA JUGA:  peristiwa tersedak pada saat sedang akan disebabkan karena

Allah SWT telah berfirman dalam Al-Quran mengenai datangnya hari kiamat. Datangnya hari kiamat dapat diketahui melalui dalil naqli sebagai berikut.

  1. Surat Al-Muzammil ayat 18
    “Langit terbelah pada hari itu, janji Allah pasti terlaksana.”
  2. Surat Al-Zalzalah ayat 1-2
    “Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan yang dahsyat, dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat yang dikandungnya.”
  3. Surat Az-Zumar ayat 68
    “Dan sangkakala pun ditiup, maka matilah semua makhluk yang di langit dan di bumi kecuali mereka yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sekali lagi sangkakala itu, maka seketika itu mereka bangun dari kuburnya menunggu keputusan Allah…”
  4. Surat Al-Qari’ah ayat 4-5
    “Pada hari itu manusia seperti laron yang berterbangan. Dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan.”
  5. Surat Al-Hajj ayat 7
    “Dan sungguh, hari kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur.”

Tanda-tanda kiamat menurut Islam

A. Dajjal muncul
Kedatangan Dajjal merupakan tanda bahwa akhir dunia sudah sangat dekat. Dajjal adalah makhluk Allah yang memiliki ciri-ciri tubuh yaitu berambut keriting dan hanya memiliki satu mata di sebelah kiri karena mata kanannya buta. Di dahi tertulis kata kafir. Dajjal akan keluar di suatu tempat bernama Laut Galilea.

Dengan kesaktiannya, Dajjal mampu memerintahkan langit untuk menurunkan hujan karena akan terjadi kemarau panjang terlebih dahulu. Karena kekeringan, semua tumbuhan dan hewan akan mengalami kesulitan. Namun, Dajjal mampu memerintahkan bumi untuk menyuburkan tanah agar tumbuh-tumbuhan dan ternak dapat berkembang dengan baik.

Kemampuan Dajjal yang menakjubkan lainnya adalah ia mampu menghidupkan kembali orang mati. Dengan kemampuan ini, banyak orang akan mengikutinya karena mengira dia akan menganggap dirinya sebagai Tuhan, siapa pun yang mengikutinya akan mendapatkan surga, dan siapa pun yang menolak ajaran untuk disembah akan menerima hukuman yang sangat menyakitkan dan bahkan akan dibunuh jika menolak.

Padahal, yang dijanjikan Dajjal adalah surga adalah neraka bagi Allah dan mereka yang teguh berdiri dan hanya menyembah Allah sebagai Tuhan akan diselamatkan dari neraka oleh Allah. Dajjal akan memerintah selama kurang lebih 40 hari di bumi.

Seperti yang tertuang dalam hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah,
“Empat puluh hari, tapi satu hari bisa setahun, bisa sebulan, bisa seminggu, sedangkan hari-hari lainnya akan sama seperti yang kamu rasakan sekarang.”

Namun dalam hadits ini tidak disebutkan apakah 40 hari masa pemerintahan Dajjal itu sama dengan 40 hari seperti waktu di bumi atau 40 hari menurut keadaan lain, tidak dijelaskan lebih detail. Kedatangan Dajjal tidak serta merta membuat bumi makmur tetapi justru menimbulkan kerusakan yang menyebabkan bumi hancur.

BACA JUGA:  Macam-Macam Informasi yang Disampaikan Melalui Radio atau Televisi

b. Munculnya Imam Mahdi
Tanda kiamat yang kedua adalah munculnya Imam Mahdi. Namun, Imam Mahdi bukanlah sebuah nama melainkan sebuah julukan yang diberikan kepada seseorang yang diutus oleh Allah.
Imam dalam bahasa Arab artinya pemimpin, sedangkan Mahdi artinya orang yang mendapat petunjuk. Jadi, Imam Mahdi adalah utusan Allah yang diangkat sebagai pemimpin dan diberi petunjuk.

Ciri-ciri Imam Mahdi antara lain adalah keturunan Nabi Muhammad SAW, memiliki dahi yang lebar dan hidung yang mancung. Imam Mahdi datang untuk melawan kekejaman Dajjal yang pernah berkuasa sebelumnya. Kehadirannya akan menindak segala bentuk perbuatan yang dilakukan Dajjal.

Ini untuk menunjukkan kebenaran kepada umat manusia bahwa ajaran Dajjal adalah ajaran sesat dan memerintahkan umat manusia untuk kembali ke jalan yang benar yaitu mengimani Allah sebagai satu-satunya Tuhan.

Dunia sudah tua. Berbagai bencana alam yang menelan korban jiwa dan harta benda, mulai dari banjir bandang, kebakaran hutan, pemanasan global, tanah longsor, angin topan, gunung meletus, gempa bumi, dan lain sebagainya, adalah beberapa buktinya. Hal ini juga belum dikaitkan dengan merebaknya sejumlah penyakit, serta munculnya penyakit yang hingga saat ini belum ditemukan obatnya. Sejatinya, semua bencana yang terjadi bukan tanpa pesan Ilahi. Seolah-olah alam sedang mengingatkan manusia untuk menyadari perangainya sendiri yang sudah tidak layak lagi mengemban amanah khilafah di muka bumi. Juga pengingat akan kehidupan kekal pascafana ini.

c. Turunnya Nabi Isa As
Imam Mahdi tidak akan sendirian dalam memerangi Dajjal. Nabi Isa As juga diutus Allah untuk turun bukan membawa ajaran dan syariat baru, melainkan membawa ajaran yang sudah diberikan sebelumnya, yaitu Iman kepada Allah.

Keturunan Nabi Isa telah dijelaskan dalam Al Quran Surat Ali Imran ayat 55

“Allah berfirman: Hai Isa, Aku akan membuatmu berlalu dan aku akan membawamu kembali kepadaku, Aku akan membersihkanmu dari orang-orang kafir dan menjadikan orang-orang yang mengikutimu menjadi orang-orang kafir sampai Kiamat tiba. Kepada-Ku kamu kembali dan Aku memberikan keputusan tentang apa yang diperebutkan olehmu».

Nabi Isa memiliki ciri-ciri yaitu badannya tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek, rambutnya ikal dan panjang tergerai sampai ke bahu, dadanya bidang, dan kulitnya kemerahan. Menara Putih di sebelah timur kota Syria adalah tempat Nabi Isa turun ke bumi.

d. Munculnya Yakjuj dan Makjuj
Tanda kiamat selanjutnya adalah keluarnya yakjug dan makjug. Al-Qur’an menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan Yakjuj dan Makjuj adalah orang-orang yang suka berbuat kerusakan di muka bumi.

Dikatakan bahwa Yakjuj dan Makjuj adalah manusia yang memiliki ciri-ciri seperti bermata sipit, berhidung juling, dan berambut pirang. Yakjuj dan Makjuj dikatakan terkurung di sebuah lembah yang diapit oleh dua gunung, raja Zulkarnain yang mengurung mereka. Dengan tembok besar yang mengelilinginya, Yakjug dan Magjug tidak bisa keluar darinya.

BACA JUGA:  surat pernyataan melakukan kkn

Namun, dalam Al-Qur’an Surat Al-Anbiya ayat 96 disebutkan bahwa nanti tembok penghalang itu akan runtuh, sehingga muncullah Yakjuj dan Makjuj yang menimbulkan kerusakan di bumi. Mereka akan meminum air di Danau Tiberias, tempat keluarnya Dajjal. Tidak ada manusia yang dapat menghentikannya kecuali dengan izin Allah SWT.

Pada akhirnya Yakjug dan Magjug akan mati karena diserang oleh binatang sejenis yang menyebabkan tubuhnya membusuk, lalu datanglah burung-burung yang mengangkat Yakjug dan Makjug dari bumi, kemudian turunlah hujan yang membersihkan mereka.

e. Matahari terbit dari Barat
Tanda-tanda kiamat yang tak kalah mengejutkan umat manusia lainnya adalah terbitnya matahari dari tempat terbenamnya. Terbitnya matahari dari barat telah disebutkan dalam Hadits Sejarah Muslim:

“Kiamat tidak akan datang sebelum matahari terbit dari barat. Ketika matahari terbit dari barat, semua orang akan menjadi beriman. Namun, keimanan seseorang tidak berguna lagi jika sebelumnya dia tidak beriman atau tidak mengambil manfaat dari imannya”.

Bukan hanya Islam yang menunjukkan bahwa matahari suatu saat akan terbit dari barat, Sains juga meramalkan bahwa matahari terbit dari barat bukanlah hal yang mustahil. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa rotasi bumi yang terjadi selama ini akan mengalami perlambatan yang menyebabkan arah rotasi menjadi terbalik.

Selama ini bumi berputar dari barat ke timur sehingga matahari terlihat terbit dari barat. Nantinya bumi akan berputar dari timur ke barat hingga matahari seolah terbit dari barat. Saat matahari terbit dari barat, semua amal kebaikan tertutup. Perintah Allah yang selama ini tidak dilaksanakan akan dilaksanakan oleh manusia, tetapi tidak ada artinya lagi karena sia-sia saja melakukannya.

f. Penampakan Asap Mematikan
Munculnya asap yang membuat orang yang menghirupnya mati adalah tanda lain dari akhir dunia. Asap atau Ad-Dukhan dalam Al-Qur’an merupakan ancaman bagi manusia. Dukhan pertama kali muncul pada masa hidup Nabi Muhammad SAW. Saat itu Dukhan muncul sebagai hukuman bagi kaum kafir Quraisy yang telah memusuhi Nabi.

Dukhan akan muncul kembali di hari-hari terakhir selama 40 hari 40 malam. Bumi akan terasa gelap karena asap. Asapnya membuat orang yang menghirupnya mati. Tapi, bagi umat manusia yang meyakini asap ini hanya akan menimbulkan efek seperti orang terserang flu. Sebaliknya, pada pendosa akan mengakibatkan panas seperti membakar kulit.

Itulah artikel terkait jelaskan pengertian hari kiamat. semoga bermanfaat untuk anda***

`