dasa darma pramuka 1-10

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan memberi contoh “dasa darma pramuka 1-10″

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemukan jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut adalah contoh “dasa darma pramuka 1-10”

Dasa darma Pramuka adalah salah satu bagian dari kode kehormatan Pramuka. Anggota Pramuka wajib memahami dan menerapkan 10 ketentuan moral yang terkandung di dalamnya.
Metode Pembelajaran Tuntas dalam Pendidikan Kepramukaan Perspektif Al-Qur’an oleh Muhamad Wijaksono menafsirkan dasa darma Pramuka sebagai 10 ketentuan moral, watak, atau tingkah perilaku Pramuka yang berisi penjabaran Pancasila agar dapat diamalkan anggotanya.

Kode kehormatan Pramuka tersebut ditetapkan dan diterapkan sesuai dengan golongan usia dan perkembangan rohani serta jasmani anggota Pramuka. Untuk dasa darma sendiri berlaku bagi anggota Pramuka golongan penggalang usia 11-15 tahun, penegak usia 16-20 tahun, dan pandega.

Adapun nilai-nilai dan fungsi dasa darma Pramuka yang harus diimplementasikan para anggota Gerakan Pramuka dapat disimak pada informasi berikut yang dikutip dari buku Implementasi Nilai-nilai Dasa Darma Pramuka dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Palu.

Isi Dasa Darma Pramuka 1-10
1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia

3. Patriot yang sopan dan ksatria

4. Patuh dan suka bermusyawarah

BACA JUGA:  Rumus Kimia Sabun, Lengkap dengan Proses Pembuatannya

5. Rela menolong dan tabah

6. Rajin, terampil dan gembira

7. Hemat, cermat dan bersahaja

8. Disiplin, berani dan setia

9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya

10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

Fungsi Pramuka Dasa Darma
1. Perlengkapan proses belajar mandiri yang progresif untuk meningkatkan akhlak mulia.

2. Upaya memberikan pengalaman instan yang mendorong anggota Gerakan Pramuka untuk mencipta, menghayati, menganut sistem nilai yang dimiliki masyarakat tempat dia tinggal dan menjadi anggota,

3. Landasan Gerakan Pramuka untuk mencapai tujuan pembelajaran melalui kepramukaan yang kegiatannya mendorong pramuka untuk berinteraksi dengan warga negara, bersikap demokratis, saling menghargai, memiliki rasa kebersamaan dan gotong royong.

Pramuka adalah organisasi yang menjadi wadah dan tempat diselenggarakannya pendidikan kepramukaan di Indonesia. Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana yang sering dikenal dengan pramuka atau pramuka internasional.

Sejarah Lahirnya Pramuka di Indonesia

Lahirnya Gerakan Pramuka di Indonesia ditandai dengan adanya Gerakan Pramuka Nasional pada tahun 1923. Namun Pramuka baru diresmikan pada tanggal 14 Agustus 1961 oleh Presiden Soekarno.

Sejarah Pramuka Indonesia dimulai pada masa penjajahan Belanda atau masa Hindia Belanda. Saat itu, organisasi kepanduan Indonesia bernama Nederlandse Padvinders Organisatie (NPO). Kemudian berganti nama menjadi Nederlands-Indische Padvinders Vereeniging (NIPV) pada tahun 1916.

Menurut buku Sejarah Pramuka Indonesia dan Pelopor Jambore Nasional karya Toto Sugiarto, terdapat pula cikal bakal berdirinya organisasi kepanduan nasional yang diprakarsai langsung oleh penduduk asli Indonesia, yaitu S.P. Mangkunegara VII. Organisasi tersebut bernama Javaanse Padvinders Organisatie (JPO).

Lahirnya organisasi ini juga mendorong lahirnya organisasi lain di Indonesia, seperti Padvinder Muhammadiyah, Nationale Padvinderij, dan lain-lain. Hal ini pula yang membuat gerakan Pramuka semakin populer di kalangan masyarakat.

BACA JUGA:  menggerakkan alis mata kening dan pipi merupakan latihan

Pada awal kemerdekaan Indonesia, ada beberapa tokoh yang bersepakat membentuk “Panitia Persatuan Pramuka Indonesia” sebagai bentuk perhimpunan organisasi kepanduan di Indonesia. Hingga gerakan Pramuka diresmikan pada 14 Agustus 1961.

Peristiwa bersejarah tersebut menjadi titik tolak lahirnya Pramuka di Indonesia. Gerakan Pramuka di Indonesia bahkan sudah merambah ke dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah-sekolah, termasuk mengenalkan Dasdharma Pramuka kepada para anggotanya.***