nilai nilai pada senam irama

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “nilai nilai pada senam irama”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “nilai nilai pada senam irama”

Nilai dalam Senam Irama

Seperti disebutkan di atas, senam ritmik memiliki beberapa unsur. Berikut elemen-elemennya:

1. Kecantikan

Sebagai senam yang menggunakan ritme, gerakan senam ini memiliki unsur keindahan. Dimana senam ini berasal dari area performance, sehingga unsur keindahan gerak menjadi poin penting dalam senam ritmik.

2. Keterampilan

Elemen kedua dari latihan ini adalah keterampilan. Dalam senam ritmik salah satu yang di nilai adalah kreatifitas atau keterampilan dalam menggerakkan tubuh dan membuat koreografi. Jika senam ini dilombakan, maka nilai yang paling diperhitungkan biasanya berasal dari keterampilan gerak. Semakin fleksibel dan variatif gerakan yang dilakukan, semakin tinggi nilainya.

3. Ketangkasan

Lalu ada fleksibilitas, dimana unsur ini juga menjadi penanda seberapa dalam seseorang melakukan senam. Karena fleksibilitas bisa tercipta dari cara menyusun koreografi dan berlatih secara rutin. Selain terpancar dari gerakan tubuh, kelenturan juga didapat dari gerakan lainnya.

4. Fleksibilitas

Elemen keempat adalah fleksibilitas, yang juga penting. Karena senam ritmik juga erat kaitannya dengan nuansa balet dan akrobatik, dimana gerakannya harus luwes. Selain itu, keduanya juga harus diikuti dengan gestur tubuh yang biasa menggunakan persendian dan lekuk tubuh yang ekstrem.

BACA JUGA:  karakteristik siput adalah

5. Kekuatan

Setiap latihan tentu membutuhkan energi. Saat melakukan latihan ini, Anda juga harus memiliki kekuatan. Kekuatan juga dibutuhkan dalam melakukan berbagai gerakan senam ritmik. Tanpa kekuatan, tentunya gerakan senam tidak akan ada artinya.

6. Keseimbangan

Kemudian ada unsur keseimbangan dalam melakukan gerakan senam ritmik. Elemen ini terutama digunakan saat menampilkan koreografi yang cukup rumit. Gerakan senam yang sulit juga membutuhkan keseimbangan, seperti memutar tubuh dengan satu kaki, atau menangkap bola.

7. Akurasi ritme

Elemen terakhir dalam gerakan senam ritmik adalah ketepatan setiap gerakan dengan ritme. Karena latihan ini tidak hanya mengandalkan hitungan ketukan saja. Atlet senam ritmik pun harus menghitung waktu saat alat harus dilempar dan ditangkap. Selain itu, setiap gerakan juga harus sesuai dengan irama musik yang dimainkan.

Manfaat Senam Ritmik Bagi Kesehatan Tubuh

Senam ritmik merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak diminati oleh wanita. Karena masuk dalam daftar olahraga, tidak heran jika olahraga ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Salah satunya adalah dapat membakar kelebihan lemak dalam tubuh. Setiap unsur gerakan senam seperti kelenturan dan keseimbangan harus dilakukan sesuai dengan musik pengiring yang digunakan.

Jadi sebenarnya olahraga ini bisa dikatakan kebalikan dari olahraga berat seperti bersepeda, renang atau jogging. Olahraga ini membutuhkan kekuatan paru-paru dan jantung. Namun meski senam ritmik tidak membutuhkan keduanya, ada banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dengan melakukan senam. Berikut adalah beberapa manfaat dari senam ritmik ini:

1. Latih keseimbangan

Keseimbangan merupakan salah satu unsur senam yang perlu dipenuhi. Dengan elemen ini, Anda juga bisa melatih keseimbangan tubuh. Sehingga dapat membantu menjaga postur tubuh dan meminimalisir resiko pembengkokan tulang belakang.

BACA JUGA:  sisa buah buahan sayur sayuran termasuk dalam pembagian sampah jenis

2. Meningkatkan kekuatan otot

Jika sering melakukan senam ritmik, maka jaringan otot pada tubuh akan semakin kuat dan lentur. Karena banyak gerakan ringan yang bisa dilakukan saat senam. Hal ini tentu membuat tubuh menjangkau lebih banyak gerakan.

Selain itu, semakin lama Anda berlatih, otot juga akan semakin nyaman untuk digerakkan. Jadi dengan senam ritmik, Anda memiliki kesempatan untuk mencegah tubuh Anda cedera ketika Anda harus melakukan banyak aktivitas fisik atau gerakan dalam aktivitas sehari-hari.

3. Mengoptimalkan fungsi otak

Manfaat ketiga dari olahraga ini adalah dapat mengoptimalkan fungsi otak. Karena saat latihan berlangsung akan ada ritme yang harus diperhatikan. Musik pengiring yang menjadi irama dipercaya mampu menurunkan hormon stres, seperti hormon kortisol dan epinefrin. Kedua hormon ini nantinya akan menjadi antidepresan berupa norepinefrin.***

`