batas benua australia

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “batas benua australia”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “batas benua australia”

Mengutip buku Satuan IPS terbitan Kemendikbud (2018), benua Australia memiliki fauna yang unik. Sebagian besar kanguru berkantung hidup di daerah ini. Sejumlah kecil kanguru juga dapat hidup di pulau Papua, karena sebelumnya terhubung ke daratan Australia.

Di peta dunia, Australia adalah satu-satunya benua di selatan Indonesia. Benua ini juga merupakan satu-satunya benua yang terdiri dari satu negara yaitu Australia yang beribukota di Canberra. Meskipun terletak di Asia Selatan, penduduk benua ini didominasi oleh ras Kaukasia dan memiliki asal yang sama dengan penduduk benua Eropa.

Benua Australia adalah negara “Dunia Baru” yang ditemukan oleh penjelajah Barat akhir-akhir ini. Benua Australia, seperti dikemukakan J. Siboro dalam A History of Australia (1989), menarik perhatian VOC yang saat itu berkedudukan di Batavia. Atas permintaan VOC, pelaut berpengalaman Abel Janszoon Tasman berangkat dari Batavia pada tahun 1642 untuk menemukan benua Australia.

Pencarian daratan didasarkan pada teori keseimbangan Pythagoras, yang percaya bahwa ada sebuah benua di Kutub Selatan dan menamainya Terra Australis Incognito. Teori ini juga didukung oleh Claudius Ptolemy, seorang astronom dan ahli geografi dari Aleksandria (Mesir) yang hidup pada abad kedua Masehi.

BACA JUGA:  cinderamata kkn untuk desa

Ptolemy (Ptolemy) juga percaya bahwa ada wilayah yang sangat luas di selatan khatulistiwa, yang menyeimbangkan berat bagian utara daratan.

Abel Janszoon Tasman sudah berhasil menemukan dan mengunjungi banyak pantai di daratan Australia dan Selandia Baru. Namun, dia tidak menyadari bahwa daerah itu adalah tanah yang dia cari.

Itu sebabnya dia tidak mencari negara yang dia kunjungi. Saat itu, sekitar tahun 1688, seorang bajak laut bernama William Dampier, yang juga seorang penjelajah ilmiah dari Inggris, mencapai daratan Australia dan menulis catatan yang lebih rinci tentang daerah tersebut. Lalu, misteri keberadaan Terra Australis Incognito juga bisa terjawab.

James Cook, seorang navigator dan astronom terampil yang memulai pelayaran atas nama pemerintah Inggris antara tahun 1768 dan 1971, adalah orang yang membuat peta detail tempat-tempat di daratan Australia dan Selandia Baru dan melakukan penelitian observasi untuk masyarakat adat di wilayah-wilayah di Australia. benua Australia.

Letak astronomi benua Australia

Posisi astronomis benua Australia terletak antara 113°BT (garis bujur) dan 115°BT (garis bujur) dan 10°LS (LS) hingga 43°LS (LS).

Jika dilihat secara geografis, benua Australia terletak di bagian selatan Indonesia. Itu terletak sendirian di Belahan Bumi Selatan dan memiliki medan paling datar di benua mana pun.

Sebagian besar benua Australia terdiri dari dataran rendah. Perbatasan benua Australia adalah sebagai berikut:

  • Batas utara: Laut Timor, Laut Aravuru, dan Selat Flores
  • Perbatasan timur: Samudera Pasifik, Laut Tasman, dan Laut Koral
  • Perbatasan Selatan: Samudra Hindia
  • Perbatasan Barat: Samudera Hindia.

Luas benua Australia sekitar 8.945.000 kilometer persegi. Luas benua sekitar 3.200 km lebar dan 3.700 km panjang.

`