apa yang kamu ketahui tentang pancasila

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan memberi contoh “apa yang kamu ketahui tentang pancasila”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemukan jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut adalah contoh “apa yang kamu ketahui tentang pancasila”

Pancasila adalah dasar negara Indonesia. Hari kelahirannya diperingati setiap tanggal 1 Juni. Sebelumnya, apa itu Pancasila?
Pancasila berasal dari bahasa sansekerta yang terdiri dari dua kata yaitu panca yang berarti lima dan sila yang berarti dasar, asas atau asas. Jadi Pancasila berarti lima dasar atau lima asas atau lima asas. Kelima landasan/asas/asas tersebut telah menjadi rumusan dan pedoman hidup berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pancasila dijadikan dasar negara Indonesia berdasarkan pernyataan dalam Pembukaan UUD 1945 alinea IV bahwa “….. Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab. , Persatuan Indonesia, Demokrasi yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan serta dengan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.”

Pancasila pertama kali diusulkan pada tahun 1945 dalam rapat BPUPKI. Inilah sejarahnya.

Sejarah Pancasila

BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yang dalam bahasa Jepang disebut Dokuritsu Junbi Cosakai adalah badan yang dibentuk oleh pemerintah Jepang dalam upaya memperoleh dukungan dari bangsa Indonesia. Jepang berjanji akan membantu proses kemerdekaan Indonesia dengan BPUPKI sebagai wadahnya.

BACA JUGA:  perintah yang digunakan untuk meninggikan baris adalah

Menurut Sumber Belajar Kemdikbud, rapat pertama BPUPKI dilakukan di gedung Chuo Sangi In Jalan Pejambon 6 Jakarta yang kini dikenal dengan Gedung Pancasila. Pada zaman Belanda, gedung tersebut adalah gedung Volksraad, lembaga DPR pada zaman penjajahan Belanda.

Sidang dibuka pada tanggal 28 Mei 1945 dan pembahasan dimulai keesokan harinya pada tanggal 29 Mei – 1 Juni 1945 dengan tema merumuskan rancangan dasar negara. Pada sidang pertama ini, ada 3 tokoh yang menyampaikan pendapatnya tentang konsep dasar negara yaitu Bapak Muhammad Yamin, Bapak Supomo dan Ir. Sukarno. Baru pada hari terakhir, 1 Juni 1945, Ir. Soekarno mengusulkan lima sila yang dikenalkan sebagai Pancasila.

Lima asas usulan Soekarno, yaitu:
1. Nasionalisme (Kebangsaan Indonesia)
2. Internasionalisme (Peri kemanusiaan)
3. Mufakat atau demokrasi
4. Kesejahteraan sosial
5. Ketuhanan yang berkebudayaan

Dengan kelima rumusan konsep dasar ini dan pengenalan istilah Pancasila, akhirnya hari tersebut ditetapkan sebagai hari lahir pancasila pada tanggal 1 Juni 1945. Sementara itu, perdebatan terus berlanjut di antara peserta sidang BPUPKI mengenai penerapan aturan Islam dalam Indonesia yang baru.

Sampai akhir sidang pertama, masih belum ditemukan kesepakatan untuk perumusan dasar negara. Sehingga akhirnya dibentuklah panitia kecil untuk menetapkan dasar negara ini. Akhirnya dari hasil diskusi panitia sembilan pada 22 Juni 1945, lahirlah Piagam Jakarta (Jakarta Charter) yang di dalamnya termasuk rumusan dasar negara.

Rumusan Dasar Negara Berdasarkan Piagam Jakarta:

1. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Setelah dilakukan perubahan pada rumusan sila pertama menjadi Ketuhanan Yang Maha Esa, akhirnya alinea keempat dari naskah piagam Jakarta dijadikan dasar negara bernama Pancasila.

BACA JUGA:  Ketahui Alasan Mengapa Anak Kuliah Wajib Magang

Kelima Sila Pancasila:
1. Ketuhanan yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

`