melakukan gerakan meloncat dan berputar merupakan gerak dasar
melakukan gerakan meloncat dan berputar merupakan gerak dasar

melakukan gerakan meloncat dan berputar merupakan gerak dasar

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan memberi contoh “melakukan gerakan meloncat dan berputar merupakan gerak dasar”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemukan jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut adalah contoh “melakukan gerakan meloncat dan berputar merupakan gerak dasar”

Saat berolahraga, tidak jarang kita melakukan berbagai gerakan, terutama saat berpindah tempat atau aktivitas lainnya. Gerakan seperti ini dikenal dengan gerak ritmis yang meliputi tiga gerakan dasar yaitu berjalan, berlari, dan melompat. Salah satu yang sering diajarkan oleh guru olahraga adalah gerakan melompat sambil berputar.

Gerakan ritmis tidak hanya melibatkan tiga gerakan dasar, tetapi biasanya diiringi musik. Secara umum pengertian gerak adalah perubahan tempat yang dilakukan satu kali, tetapi dapat juga dengan intensitas yang sering. Kemudian kata ritme diambil dari kata rhythm yang berarti ritme atau ritmis. Dari kedua pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengertian gerak ritmis adalah gerak yang dilakukan dengan mengikuti gerak ritmis atau kegiatan bermusik.
Tutorial Melakukan Gerakan Melompat Sambil Berputar Agar Tetap Seimbang
Dalam melakukan gerakan melompat sambil berputar tentunya diperlukan teknik khusus agar gerakannya tetap seimbang. Sebenarnya gerakan melompat ini terdiri dari empat gerakan dasar yaitu melompat ke samping kiri, ke samping kanan, melompat ke depan, dan juga melompat ke belakang. Namun gerakan ini mengalami perkembangan sehingga muncul gerakan melompat sambil berputar.

BACA JUGA:  mengapa abu bakar diberi gelar as siddiq

Nah, bagi anda yang masih bingung bagaimana cara melakukan gerakan tersebut, berikut tutorial cara melakukan gerakan melompat sambil berputar agar tetap seimbang, dikutip dari buku Modul Gerak Dasar dan Gerakan Irama karya Dra. Sudarsini, M.Pd (2016).

Langkah-langkah Melakukan Gerakan Lompat Samping Kiri
Badan dalam posisi siap melompat
Lakukan lompatan ke sisi kiri
Angkat lutut kanan hingga lurus dan letakkan tangan lurus di samping tubuh
Langkah-langkah Melakukan Lompat ke Sisi Kanan
Posisikan tubuh Anda siap untuk melompat
Lakukan lompatan ke sisi kanan
Lutut kaki kiri diangkat lurus dengan posisi tangan di samping badan
Sebelum melakukan gerakan melompat, Anda perlu memastikan posisi awal tubuh sudah benar dan siap melakukan gerakan.

Beberapa contoh latihan yang dapat dilakukan secara sistematis dalam membangun gerakan kombinasi antara power dan speed adalah:

1. Betis Melompat

Ini adalah bentuk latihan dasar yang melibatkan otot betis kaki sebelum melakukan kombinasi gerakan lainnya. Latihan khusus otot betis ini juga melatih untuk mengurangi refleks yang ada di lutut atau pergelangan kaki.

2. Lompat tali

Latihan ini merupakan bentuk lompatan betis tetapi jauh lebih keras dan lebih cepat. Dibandingkan dengan calf jump, latihan ini lebih efektif untuk pengkondisian daripada penguatan otot. Latihan ini bagus untuk melatih kombinasi kecepatan dan kekuatan.

3. Lompat jongkok

Latihan ini mirip dengan calf jump namun sedikit berbeda, yaitu badan dibawa lebih rendah ke posisi squat sehingga menyerupai posisi jongkok. Latihan khusus ini untuk mencapai lompatan tinggi

4. Selipkan squat jump

Latihan ini jauh lebih berat daripada squat jump karena lompatan yang dihasilkan harus jauh lebih tinggi dan saat mendarat harus memiliki keseimbangan yang baik dan sempurna.

BACA JUGA:  buatlah contoh kalimat dalam cerita fabel yang mengandung kata berantonim

5. Lompat jongkok bagal

Ini adalah bentuk squat jump yang berbeda. Saat melompat setinggi mungkin, saat mencapai titik tertinggi lompatan, tekuk lutut ke belakang hingga menyentuh bokong. Pada saat mendarat tangan diangkat tinggi-tinggi untuk menjaga keseimbangan.

Kesimpulan dari bagal squat jump adalah melakukan dua kali lompatan secara berurutan yang merupakan kombinasi dari lompat betis tanpa menekuk lutut dan lompat betis sambil menekuk lutut.

Jadi ini merupakan bentuk latihan dasar untuk melatih power dan kecepatan pada tubuh bagian bawah. Jika sudah menguasainya dengan baik, akan sangat mudah untuk mempersulit jenis latihan ini dengan meningkatkan intensitasnya.***

`