berikut ini adalah tujuan umum menggiring bola

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan memberi contoh “berikut ini adalah tujuan umum menggiring bola”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemukan jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut adalah contoh “berikut ini adalah tujuan umum menggiring bola”

Dribbling atau menggiring bola adalah salah satu teknik dasar yang digunakan dalam sepak bola. Apa tujuan utama dribbling?
Dribbling adalah teknik pengendalian kaki terhadap bola saat bermain sepak bola di lapangan. Teknik ini perlu dikuasai oleh pemain sepak bola.

Dalam buku Teori dan Praktek Kepelatihan Sepak Bola oleh Ketut Chandra Adinata Kusuma dijelaskan bahwa teknik dribbling yang digunakan untuk pemain pemula umumnya adalah dribbling dengan menggunakan kaki bagian dalam.

Namun bila sudah cukup mahir, maka dribbling dilanjutkan dengan menggunakan kaki bagian luar.

Tujuan dan Teknik Menggiring Bola:

1. Tujuan Menggiring Bola
Penggunaan teknik dribbling dalam sepak bola penting untuk melewati lawan dan mencari peluang untuk mengoper bola kepada teman yang tepat.

Dribbling juga bisa dilakukan untuk menjaga penguasaan bola jika tidak memungkinkan untuk mengoper bola ke teman.

Melansir buku Kajian Sepakbola karya Muhammad Suhdy dan Muhammad Supriyadi, dengan melakukan teknik dribbling, jarak bola yang akan ditendang ke arah gawang lawan menjadi lebih dekat.

BACA JUGA:  contoh laporan keuangan kkn

Tujuan dribbling bola antara lain :

– Untuk lebih dekat dengan target

– Menghambat permainan

– Mengecoh lawan

– Melewati lawan

Sehingga dapat diketahui, yang bukan merupakan tujuan utama dilakukannya teknik dribbling atau menggiring bola, yaitu:

– Menambah jarak bola ke sasaran

– Kontrol bola

– Menghentikan bola

2. Jenis Teknik Dribbling
Dalam permainan sepak bola terdapat beberapa jenis teknik dribbling yaitu :

– Menggunakan Dribbling Kaki Bagian Dalam

Dalam teknik ini, pemain bola akan menggunakan sebagian besar permukaan kakinya. Dengan begitu, penguasaan bola akan semakin besar.

Perlu diperhatikan bahwa kecepatan pemain akan sedikit berkurang saat melakukan teknik ini, namun bola akan tetap terkendali sehingga terlindung dari lawan.

Cara menggiring bola dalam teknik ini adalah menyentuh bola dengan kaki bagian dalam dan posisikan kaki tegak lurus terhadap bola.

Pandangan pemain harus fokus pada bola agar dapat menendang bola secara perlahan. Hal ini dilakukan agar penguasaan bola tetap terjaga dan juga untuk memusatkan kekuatan di bagian tengah bola sehingga penguasaan arah menjadi lebih mudah.

– Menggunakan Dribbling Kaki Luar

Teknik ini dilakukan pada saat pemain menguasai bola dalam keadaan berlari dan mendorong bola. Dengan begitu bola tetap berada di bagian luar kaki.

Umumnya, dribbling menggunakan kaki bagian luar dilakukan saat pemain hendak mengubah arah atau bersiap mengoper bola ke teman.

Cara menggiring bola dengan teknik ini adalah menggunakan kaki bagian luar untuk menggerakkan bola agar mengarah ke depan dan tetap dalam penguasaan.

Pemain harus bergerak cepat ke depan kaki sejalan dengan sikap berlari dan mampu mengoper bola secara tiba-tiba. Ini karena posisi dan sikap seperti itu selalu siap untuk dilewati.

BACA JUGA:  13 Tema KKN yang Menarik dan Bermanfaat untuk Masyarakat Sekitar

Demikian penjelasan mengenai berikut ini adalah tujuan umum menggiring bola, semoga bermanfaat.***

`