Cerita fabel selalu menjadi bahan bacaan menarik yang mengandung pesan moral yang berharga. Namun kadang terlalu panjang
Cerita fabel selalu menjadi bahan bacaan menarik yang mengandung pesan moral yang berharga. Namun kadang terlalu panjang

Ringkasan 3 Cerita Fabel Pendek yang Penuh Makna untuk Diteladani

rumahteknologi.com – Cerita fabel selalu menjadi bahan bacaan menarik yang mengandung pesan moral yang berharga. Namun, terkadang cerita tersebut terasa terlalu panjang dan membosankan. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa membaca ringkasan cerita fabel pendek yang singkat dan padat, tapi tetap sarat dengan pesan moral yang dapat dijadikan sebagai pedoman hidup.

Yuk, kita lihat beberapa contoh cerita fabel pendek yang pasti bikin kamu terhibur dan terinspirasi!

Anjing yang Serakah

Cerita fabel pendek yang satu ini mengisahkan seekor anjing yang sangat serakah. Suatu hari, sang anjing berhasil mencuri sepotong daging yang lezat dan berlari melewati jembatan yang terbuat dari kayu. Namun, di tengah-tengah jembatan, ia melihat bayangannya di air sungai yang membawa daging juga.

Sejenak, anjing tersebut merasa kebingungan dan tidak tahu harus berbuat apa, karena ia tak ingin melepaskan dagingnya untuk mengambil daging bayangannya. Tetapi, karena rasa keinginannya yang sangat besar, ia tanpa berpikir panjang menyerang bayangannya agar bisa meraih daging tersebut. Namun, sayangnya ia justru kehilangan dagingnya sendiri karena terjatuh ke sungai.

Dari cerita ini, kita bisa mengambil pelajaran berharga bahwa terlalu serakah hanya akan membawa kita pada kekecewaan dan kerugian yang lebih besar. Kita harus selalu bersyukur dan merasa cukup dengan apa yang sudah kita miliki, sehingga kita bisa hidup dengan bahagia dan penuh keberkahan.

Asal Muasal Belang di Tubuh Zebra

Cerita fabel pendek yang satu ini bercerita tentang zebra yang awalnya memiliki bulu putih polos yang indah. Pada suatu musim kemarau yang sangat panjang, zebra tersebut merasa haus dan ingin minum di sebuah kolam yang dijaga oleh babun yang sangat pelit dan tidak mau membagi airnya.

BACA JUGA:  gambar yang digunakan untuk acuan bentuk dalam pembuatan kolase disebut

Zebra tersebut merasa sangat putus asa karena kehausannya tidak terobati. Namun, tiba-tiba babun tersebut mendorong zebra ke dekat api unggun yang sedang menyala. Akibatnya, bulu zebra terbakar dan menjadi belang-belang hitam yang kontras dengan bulunya yang putih sebelumnya.

Meskipun hal tersebut sebenarnya sangat menyakitkan dan membuat zebra merasa tidak nyaman, ternyata zebra justru merasa senang dengan bulu barunya yang kini lebih unik dan menarik perhatian. Dari cerita ini, kita bisa mengambil pesan moral bahwa setiap peristiwa atau kejadian yang terjadi dalam hidup kita pasti memiliki hikmah yang tersembunyi di dalamnya.

Kita harus belajar untuk menerima segala kejadian dengan lapang dada dan melakukan introspeksi terhadap diri sendiri, agar kita bisa memetik hikmah positif dari setiap peristiwa tersebut. Karena siapa tahu, mungkin hal tersebut akan membawa kebaikan dan perubahan yang lebih baik bagi hidup kita di masa depan.

Rubah dan Anggur

Cerita fabel pendek yang satu ini mengisahkan tentang seekor rubah yang sangat lapar dan melihat seikat anggur yang tergantung di pohon tinggi. Meskipun merasa lapar dan ingin sekali mencicipi buah anggur tersebut, rubah tersebut tidak bisa meraihnya karena pohon tersebut terlalu tinggi dan jauh dari jangkauannya.

Rubah tersebut mencoba untuk melompat-lompat, tetapi tetap tidak berhasil. Setelah beberapa kali mencoba, ia akhirnya menyerah dan berkata bahwa anggur tersebut pasti asam dan tidak enak untuk dimakan.

Dari cerita ini, kita bisa mengambil pesan moral yang sangat berharga yaitu janganlah menganggap remeh sesuatu yang belum kita coba atau kita alami sendiri. Kita harus memiliki semangat yang kuat dan pantang menyerah dalam menghadapi semua rintangan dan tantangan dalam hidup.

BACA JUGA:  contoh teks ugrawakia

Kita harus selalu mencoba dan berusaha dengan sungguh-sungguh meskipun kemungkinan untuk berhasil terlihat kecil. Karena siapa tahu, dengan tekad dan usaha yang keras, kita bisa meraih sesuatu yang sebelumnya dianggap tidak mungkin. Oleh karena itu, janganlah mudah menyerah dan selalu berani mencoba hal-hal baru yang dapat membawa perubahan positif dalam hidup kita.

Nah, itulah tiga cerita fabel pendek yang penuh makna dan pesan moral yang dapat dijadikan sebagai pedoman hidup. Yuk, mulai sekarang kita jangan hanya membaca cerita fabel saja, tapi juga kita harus mempraktikkan pesan moral yang terkandung di dalamnya. Bisa dibilang, cerita fabel adalah bentuk pembelajaran yang menyenangkan sekaligus bermanfaat untuk kita semua.

Selain cerita fabel yang selalu menarik untuk dibaca, kamu juga bisa mencoba membaca cerita dongeng yang tak kalah seru dan penuh pesan moral yang berharga, lho!

Dalam cerita dongeng, kamu akan dibuat terkesima dengan alur cerita yang penuh fantasi dan misteri, serta nilai-nilai positif yang dapat dijadikan sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, cobalah untuk membuka pikiranmu dan jelajahi dunia dongeng yang tak terbatas!

`