Cara Membaca Bid Offer

Cara Membaca Bid Offer dalam Dunia Saham

Tertarik untuk mempelajari dunia saham atau trading? Jika benar, harus mengetahui apa saja istilah-istilah yang ada seperti bid dan offer. Keduanya mempunyai peranan penting, sehingga harus mengetahui bagaimana cara membaca bid offer dengan benar agar trading lebih menguntungkan.

Pengertian Bid dan Offer Saham Secara Umum

Bid merupakan sebuah istilah yang bermakna harga permintaan. Biasanya istilah tersebut sering digunakan Para investor maupun trader yang ingin membeli saham pada harga yang rendah daripada last price.

Sedangkan Para investor maupun trader dalam melakukan transaksi untuk membeli saham dengan cara memasukkan harga yang ingin dikeluarkan. Proses tersebut biasanya dikenal dengan istilah bid price.

Sedangkan offer bermakna sebuah harga penawaran. Istilah tersebut biasanya sering digunakan saat investor maupun trader menjual sahamnya. Adapun caranya yaitu dengan memasukkan harga penawarannya di sebuah aplikasi saham.

Perbedaan Istilah Bid dan Offer

Meskipun sudah mengetahui pengertian secara umum mengenai bid offer. Namun, tetap saja perlu mengetahui lebih detailnya lagi mengenai keduanya. Lebih jelasnya lagi berikut ini 3 perbedaan istilah dari bid dan offer.

1.      Istilah Bid

Pada umumnya mekanisme pasar terjadinya transaksi saham karena adanya kesepakatan antara bid dan offer. Sebenarnya apa itu bid dalam jual beli saham? Sederhananya bid merupakan istilah saat membeli saham dari harga terakhir dengan harga lebih rendah.

BACA JUGA:  Cara Trading Menggunakan HP Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Biasanya di dalam kolom bid yang menunjukkan jumlah lot saham tersedia bid volume yang akan dibeli investor. Tentunya jika ingin melakukan transaksi untuk membeli saham harus memasukkan harga yang anda inginkan.

2.      Istilah Offer

Sedangkan offer merupakan salah satu istilah dalam jual beli saham yang bermakna penawaran. Dengan kata lain istilah ini kebalikan dari bid. Adapun Penggunaan istilah tersebut pada saat investor melakukan penjualan saham dengan harga tertentu.

Sedangkan untuk pelaksanaan offer yaitu memasukkan harga saham untuk menjual saham yang anda miliki. Nantinya harga saham yang akan Anda terima Dari hasil penjualan tersebut, istilahnya offer price.

3.      Mekanisme Jual Beli

Sistem bid dan offer dalam prakteknya hanya terjadi saat harga keduanya berada di paling atas. Begitu juga untuk posisi keduanya sama atau sejajar. Biasanya periode seperti ini akan tetap berlangsung sampai waktu perdagangan bursa selesai.

Begitu juga sebaliknya jika masih belum ada kesesuaian sampai batas akhir waktu tersebut, maka tidak akan terjadi transaksi jual beli saham. Begitu juga untuk dana yang anda miliki di dalam rekening saham tidak akan berkurang sama sekali.

Cara Membaca Bid Offer Saham

Bagi trader maupun investor pemula pasti belum terlalu memahami bagaimana cara cara membaca bid offer saham yang benar. Namun, saat ini tidak perlu khawatir lagi karena ada penjelasan yang memudahkan anda untuk membaca bid offer.

Cara Membaca Bid Offer

Dari gambar tersebut, menunjukkan tabel bid dan offer. Sedangkan untuk cara membacanya sesuai dengan kesimpulan berikut ini:

Semua bid atau harga penawaran saham GIAA dapat di kolom sebelah kiri. Lebih tepatnya mulai melakukan penawaran pembelian tertinggi dengan harga Rp 520. Sedangkan untuk penawaran beli terendah di harga Rp 460.

BACA JUGA:  Rekomendasi Saham Gocap dan Berbagai Keuntungan Membelinya

Semua offer atau harga penawaran jual terdapat di kolom sebelah kanan. Lebih tepatnya mulai penjualan harga terendah Rp 530. Sedangkan untuk penawaran harga jual tertinggi Rp 620.

Dari kedua penjelasan tersebut biasanya para trader menggunakan bid dalam melakukan penawaran beli tertinggi. Sedangkan offer sebaliknya yaitu harga penawaran jual terendah.

Alasan Analisis Bid dan Offer Penting dalam Trading

Tahukah Anda kenapa dalam trading saham analisis bid dan offer mempunyai peranan yang sangat penting? Sederhananya keduanya merupakan komponen yang berguna untuk mengambil keputusan trading. Lebih tepatnya berikut ini dua alasan utamanya.

1.      Fluktuasi Harga Saham

Perlu Anda ketahui jika fluktuasi merupakan istilah yang bermakna perubahan harga. Lebih tepatnya pada kondisi tersebut biasanya trader maupun investor bisa mendapatkan peluang yang lebih besar untuk memperoleh keuntungan.

Tentunya jika semakin fluktuatif sebuah harga aset, maka para trader akan mendapatkan banyak keuntungan. Meskipun demikian, sebenarnya Resikonya juga cukup besar. Namun, sebagian besar trader tidak mempermasalahkan hal tersebut.

2.      Likuiditas Sebuah Saham

Likuiditas merupakan seiring dengan fluktuasi dan volatilitas harga. Dengan kata lain, likuiditas merupakan sebuah kondisi di mana semakin cepat sebuah saham maupun aset terjual. Begitu juga bisa bermakna sebagai semakin cepatnya aset menjadi uang tunai.

Sederhananya, sebuah saham Berada di posisi yang baik jika semakin liquid sebuah saham. Jadi, bid dan offer hadir dengan menunjukkan tingginya minat trader dan investor pada pasar perdagangan aset. Hal yang seperti inilah memungkinkan trader mudah membeli saham.

Cara Menganalisis Bid dan Offer dalam Saham

Membahas mengenai cara membaca bid dan offer, tentunya tidak lengkap jika tidak mengetahui bagaimana cara menganalisis keduanya dalam saham. Sederhananya berikut ini beberapa cara dari rumahteknologi yang bisa anda lakukan dengan mudah.

BACA JUGA:  Rumus DSI (Data Saham Indonesia), Apa Itu?

1.      Buka Platform Online Trading

Cara pertama yang bisa anda lakukan yaitu membuka platform online trading. Pastinya setiap trader atau investor sudah memahami jika data yang berhubungan dengan bid dan offer pasti sudah tersedia di platform online trading.

Sedangkan untuk membukanya Anda bisa memanfaatkan sebuah aplikasi di HP atau komputer. Selain itu, bisa juga memanfaatkan website resmi dari platform online trading tersebut. Jadi, pastikan koneksi internet dalam keadaan bagus.

2.      Pilih Saham yang Diinginkan

Cara kedua melakukan analisis bid dan offer yaitu dengan memilih saham. Ada beberapa saham yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan. Apalagi jika mempunyai beberapa saham sekaligus, Anda harus mempertimbangkan mana yang paling penting untuk di dahulukan.

Contoh sederhananya jika ingin melakukan analisis bid dan saham Bank Mandiri. Caranya cukup sederhana hanya perlu mencari Kolom pencarian dan ketik saja kode BMRI. Jika ingin melihat saham yang lain hanya perlu mengetikkan kata kuncinya saja.

3.      Pilih Menu Market Price In Depth

Pada halaman pertama di saham yang anda inginkan, langsung saja Pilih pada menu market price on depth. Pada menu tersebut akan muncul banyak sekali kolom yang tentunya akan berguna. Selengkapnya berikut ini beberapa kolom tersedia.

  • Split bids: Jumlah investor yang ingin membeli saham.
  • Bids lots: Jumlah saham yang ingin dibeli investor di harga tertentu.
  • Bids: Jumlah harga yang diajukan oleh investor.
  • Split offer: Jumlah investor yang ingin menjual saham.
  • Offer lots: Jumlah saham yang ingin dijual investor.
  • Offer: Jumlah harga yang diajukan oleh investor untuk menjual.

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai cara membaca bid offer beserta penjelasan-penjelasan lainnya. Kesimpulannya, bid merupakan istilah dalam melakukan penawaran beli tertinggi. Sedangkan offer sebaliknya yaitu harga penawaran jual terendah.