negara tanpa laut di amerika selatan

Negara Tanpa Laut di Amerika Selatan yang Jarang Orang Ketahui

Beberapa negara di belahan dunia ini memiliki letak geografis yang berbeda beda. Salah satu yang membuat orang kagum adalah terdapatnya negara tanpa laut di amerika selatan. Negara itu adalah Bolivia dan Paraguay.

Kenapa 2 Negara Tanpa Laut di Amerika Selatan Bisa Terjadi ?

Terdapat beberapa alasan kenapa 2 negara ini bisa tercipta tanpa laut. Padahal laut merupakan sumber air yang sangat penting untuk kehidupan manusia. Lalu bagaimana 2 negara tanpa laut di amerika selatan bisa terjadi ?

1.      Alasan Kenapa Bolivia tidak Memiliki laut

Salah satu faktor kenapa bolivia ini tidak memiliki laut karena penataan geografisnya yang memiliki perbatasan di sebelah utara dengan brazil, sebelah timur paraguay dan tenggerannya adalah Argentini, Peru dan Chile.

Karena terkepung dengan negara negara yang berada di pinggir laut membuatnya jadi tidak memiliki laut. Akan tetapi yang menarik dari negara ini walaupun tidak memiliki laut, Bolivia tetap membentuk pasukan angkatan lautnya.

2.      Alasan Kenapa Paraguay tidak Memiliki laut

Negara tanpa laut di amerika selatan yang kedua adalah paraguay. Faktor utama kenapa negara ini tidak memiliki laut sama dengan Bolivia. Diapit oleh negara negara berpinggiran laut seperti Brazil dan Argentina membuatnya tidak mendapatkan bagian sisi laut.

BACA JUGA:  Cara Cleaning Printer Bisa untuk Berbagai Merk

Akan tetapi karena letaknya yang berada di tengah Amerika Selatan ini membuatnya mendapatkan julukan sebagai Jantungnya Amerika Selatan. Hal ini membuat paraguay tetap menjadi destinasi menarik untuk banyak orang meski tak memiliki laut.

Beberapa Fakta Menarik dari Negara Amerika Selatan Tak Berlaut Bolivia

Bolivia menjadi salah satu negara yang cukup banyak menarik perhatian orang, selain kaya akan sejarah serta budaya fakta bila tidak adanya laut di negara ini membuat beberapa orang semakin penasaran. Lalu apa saja fakta menarik dari negara ini :

1.      Memiliki Lebih dari 30 bahasa Sehari Hari

Selain tidak memiliki laut, Bolivia memiliki daya tarik dari sisi bahasa. Negara ini tercatat sejak 2009 memiliki kurang lebih 37 bahasa sehari hari. Walaupun dalam kehidupannya bahasa spanyol menjadi bahasa resmi negara ini.

Bahasa yang cukup terkenal dan sangat sering warga Bolivia tuturkan adalah bahasa seperti Quechua yang ada di wilayah Andes. Ada juga bahasa lain yang cukup populer yakni Chiquitano yang sangat lekat dengan penduduk kota Santa Cruz.

2.      Punya 2 Ibu Kota

Umumnya setiap negara hanya memiliki ibu kota satu saja. Akan tetapi di Bolivia sebagai negara tanpa laut di amerika selatan tampaknya tidak berlaku. Mungkin ini fakta yang cukup mengejutkan. Maksudnya memiliki 2 ibu kota di sini buka berarti secara harfiah, akan tetapi secara stigma saja.

Banyak yang beranggapan bila ibu kota Bolivia adalah La Paz ini secara administratif benar dan hampir urusan formal terjadi di dalam kota ini. Akan tetapi ibu kota secara stigma masyarakat adalah Scure karena hal ini telah tertulis dalam Konstitusi Bolivia di masa lampau.

3.      Memiliki Danau Garam Terbesar di Dunia

Meskipun Bolivia terlahir sebagai negara tanpa laut di amerika selatan, akan tetapi terdapat sebuah danau bergaram terbesar di negara ini. Danau tersebut bernama Salar de Uyuni dengan luas 10.582 kilometer persegi. Ukuran ini sangat besar sehingga mendapatkan sebutan sebagai “cermin alami terbesar di dunia”.

BACA JUGA:  Perusahaan Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2022

Adapun julukan garam terbesar di dunia danau ini dapatkan lantaran kondisi iklim di Bolivia pada daerah ini sangat berpengaruh pada kenaikan suhu yang cukup extrim, akibatnya danau mengering dan membentuk secara cepat kerak garam yang sangat tebal.

negara tanpa laut di amerika selatan

4.      Memiliki Makna Mendalam Pada Simbol Bendera

Rancangan bendera Bolivia yang cukup mempesona dengan triband horizontal ternyata memiliki kesan dan makna yang cukup mendalam. Untuk gambarannya bendera Bolivia memang memiliki rancangan yang cukup membuat orang takjub.

Warna utama pada bendera Bolivia adalah merah yang memberikan makna pengorbanan para tentara pemberani saat memperjuangkan kemerdekan dari negeri matador. Sedangkan warna dominan kedua kuning memiliki arti deposit mineral, sementara hijau menggambarkan kesuburan dan pertanian.

Beberapa Fakta Menarik dari Negara Amerika Selatan Tak Berlaut Paraguay

Salah satu hal yang paling menarik dari negara Paraguay yang kerap kali orang ulas adalah fakta bahwa tidak adanya laut di sana. Akan tetapi ternyata masih banyak lagi beberapa informasi menarik dari negeri yang berada di benua Amerika Latin ini. Penasaran? Berikut rumahteknologi.com akan mengulasnya  :

1.      Memiliki tingkat Kebahagian yang Tinggi

Terdapat cara untuk mengukur tentang kebahagian sebuah negara, yaitu dengan memperhatikan Positive Experience Index. Dari sini orang bisa melihat apakah sebuah negara tersebut memiliki tingkat kebahagian yang tinggi atau rendah

Paraguay sendiri mendapatkan nilai 85 untuk Positive Experience Index, sehingga secara tidak langsung menyatakan bahwa negara tanpa laut di amerika selatan ini menjadi yang cukup bahagia dalam menghadapi kehidupan sehari hari. Pengalaman emosi penduduk paraguay memiliki pengontrolan yang baik.

2.      Kaya Akan Tradisi dan Cukup Unik Seperti Tradisi Menepuk Tangan

Salah satu yang membedakan antara negara satu dan lainnya adalah tradisi yang ada. Maka dari itu Anda pasti sering mendengar istilah “culture shock”. Di Paraguay sendiri terdapat banyak sekali tradisi dan unik. Salah satu yang membuat orang tertarik adalah tradisi menepuk tangan.

BACA JUGA:  Hp Termahal di Dunia, Harganya Fantastis Lho!

Biasanya tradisi berlaku saat memasuki rumah atau gua dari sebuah perjalanan. Hal ini memberikan makna bahwa seseorang dari perjalanan jauh baru saja tiba. Faktor munculnya tradisi ini juga lantaran rumah di paraguay jarang yang memiliki pintu atau jendela pada zaman dahulu.

negara tanpa laut di amerika selatan

3.      Memiliki Sejarah Pertempuran Besar

Pada Abad ke 19, terdapat sebuah peperangan besar terjadi di Amerika Selatan, tepatnya pada tahun 1864 hingga 1870. Peperangan besar ini memiliki sebutan sebagai p Paraguayan. Faktor terbesar kenapa perang ini meletus adalah terjadinya perebutan wilayah antara negara Latin.

Akan tetapi dalam pertarungan ini Paraguay mengalami kerugian yang cukup besar. Hal ini memiliki dampak negatif kepada jumlah angka lahir anak laki laki kala itu. Untuk memperbaiki berbagai masalah ini. Paraguay memerlukan lebih dari beberapa dekade.

4.      Memiliki Angkatan Laut Meski Negarannya tak Berlaut

Mungkin hal ini terlihat aneh, namun salah satu yang menarik dari negara tanpa laut di amerika selatan Paraguay dimata dunia adalah kehadiran angkatan lautnya. Walaupun memiliki gelar sebagai negara tak berlaut, kehadiran angkatan laut di negara ini justru jadi hal menarik.

Pasukan ini terbentuk bukan tanpa alasan, faktor utama adalah karena terdapatnya sungai besar yang langsung berbatasan dengan Brasil dan Argentina. Tugas utama dari Angkatan Laut Paraguay ini adalah melindungi perbatasan negara di sungai tersebut.

negara tanpa laut di amerika selatan

Demikian informasi mengenai negara tanpa laut di amerika selatan. Ternyata terdapat beberapa negara yang tidak memiliki laut di Amerika Selatan. Walaupun demikian kedua negara ini tetap memiliki daya tariknya untuk para wisatawan yang ingin berkunjung.