cara mematikan laptop Acer

Cara Mematikan Laptop Acer dan Cara Merawatnya dengan Baik

Apakah anda termasuk salah satu orang yang mempunyai laptop Acer? Jika benar, tentu harus mengetahui bagaimana cara mematikan laptop Acer dengan benar. Tujuannya agar laptop tetap awet sekalipun digunakan dalam waktu lama.

5 Cara Mematikan Laptop Acer dengan Mudah

Bagi pengguna pemula mungkin belum memahami bagaimana cara mematikan laptop Acer dengan benar. Namun, saat ini tidak perlu khawatir berlebihan karena ada 5 cara di https://www.rumahteknologi.com yang bisa diterapkan salah satunya. Selengkapnya berikut ini penjelasan lengkap dari 5 cara tersebut.

1. Menggunakan CTRL + ALT + DELETE

Cara pertama untuk mematikan laptop yang satu ini cukup sederhana. Namun, yang namanya pemula mungkin masih merasa kesulitan bagaimana cara menerapkannya. Selengkapnya berikut ini langkah-langkah menggunakan cara ini.

  • Langkah pertama keluar dari semua aplikasi.
  • Selanjutnya klik secara bersamaan tombol Ctrl + Alt + Delete.

Cara Mematikan Laptop Acer

  • Setelah itu arahkan kursor ke ikon power di kanan bawah.
  • Selanjutnya klik shutdown.
  • Tunggu proses shutdown berlangsung.
  • Secara otomatis laptop akan mati.

2. Menggunakan ALT + F4

Mematikan laptop Acer juga bisa menerapkan cara ini. Jadi, sederhananya cara ini jauh lebih mudah dibandingkan dengan cara sebelumnya. Namun, untuk lebih jelasnya mengenai bagaimana menerapkan cara ini, berikut penjelasannya.

  • Langkah pertama pastikan sudah keluar dari semua program.
  • Setelah itu klik secara bersamaan tombol alt dan F4.
BACA JUGA:  Berikut Rekomendasi Drama Korea tentang Kehidupan Konglomerat

Cara Mematikan Laptop Acer

  • Jika sudah, terakhir pilih tulisan shutdown.
  • Tunggu saja hingga proses shutdown selesai.

3. Menggunakan WIN + X

Cara selanjutnya untuk mematikan laptop Acer bisa menggunakan tombol WIN. Jadi, cara ini terlihat sangat sederhana, tapi jika belum mencobanya maka akan terasa sulit. Selengkapnya berikut ini langkah-langkah dari cara ini.

  • Tutup semua aplikasi atau program laptop.
  • Selanjutnya tekan tombol Windows atau WIN bersamaan dengan X.

Cara Mematikan Laptop Acer

  • Setelah itu klik menu shutdown or sign out.
  • Jika sudah, klik menu shutdown.
  • Secara otomatis laptop akan mati.

4. Menggunakan Kode CMD

Ternyata mematikan laptop juga bisa menggunakan kode CMD. Salah satu alasan kenapa banyak orang menerapkan cara ini karena bisa mematikan laptop secara otomatis. Nah, untuk lebih lengkapnya mengenai caranya, simak langkah-langkah berikut ini.

  • Langkah pertama tekan tombol dengan logo Windows dan E secara bersamaan.
  • Selanjutnya masuk ke RUN atau CMD.
  • Jika sudah, masukan kode untuk shutdown seperti -f -s -t 100.

Cara Mematikan Laptop Acer

  • Jadi angka 100 tersebut merupakan hitungan detik laptop akan mati.
  • Pengguna bisa mengatur waktu sesuai keinginan.
  • Jika ingin membatalkan, cukup tekan windows + R.
  • Selanjutnya ketik shutdown -a.

5. Menutup Layar Laptop

Adapun cara mematikan laptop Acer yang terakhir yaitu dengan menutup layar laptop. Meskipun sederhana, tapi tidak boleh sembarangan karena harus mengaktifkan mode Sleep. Nah, agar laptop biasa secara otomatis mati, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Langkah pertama lihat bagian taskbar.
  • Selanjutnya pilih gambar baterai.
  • Jika sudah, pilih bagian bawah icon baterai.
  • Setelah itu pilih more power options.
  • Selanjutnya pilih Choose What Closing the Lid Does.
  • Ganti menu When I Close The Lid menjadi shutdown.
  • Secara otomatis nanti laptop akan mati.
BACA JUGA:  Berikut 10 Pemain Touch Your Heart yang Memukau para Penggemar, Drama Romantis

Cara Merawat Laptop dengan Benar

Setelah mengetahui berbagai cara untuk mematikan laptop Acer, penting juga untuk mengetahui bagaimana cara merawatnya. Tujuannya agar nantinya laptop bisa tetap awet untuk penggunaan jangka waktu lama. Selengkapnya berikut ini beberapa cara merawat tersebut.

1.      Mematikan Laptop Dengan Benar

Banyak orang yang menyepelekan hal ini, karena menganggap asalkan Laptop mati. Padahal mematikan laptop dengan cara yang tidak tepat bisa menyebabkan kerusakan. Sekalipun tidak rusak secara langsung, tapi jika hal tersebut dilakukan secara terus-menerus kemungkinan rusak akan semakin besar.

Salah satu kebiasaan yang harus dihindari saat mematikan laptop yaitu cabut charger dan menekan tombol power. Jadi, sebaiknya klik menu power di laptop dan pilih menu shutdown. Selain itu, bisa juga menerapkan beberapa cara sesuai penjelasan sebelumnya.

2.      Gunakan Tas yang Tepat

Jika ingin membawa laptop keluar untuk aktivitas tertentu, sebaiknya memasukkannya ke dalam tas yang tepat. Bahkan, lebih baik jika memang menggunakan tas bawaan dari laptop tersebut. Jadi, biasanya saat membeli bisa mendapatkan tas khusus.

Meskipun cara ini terlihat sangat sederhana tapi memberikan dampak positif untuk keawetan laptop. Perlu tau jika tas tersebut bentuknya sesuai dengan laptop dan bahannya sangat halus. Bahkan, bahannya juga sedikit tebal, sehingga laptop terlindungi saat terkena benturan.

3.      Perhatikan Tempat Penyimpanan

Cara selanjutnya agar laptop tetap awet yaitu memperhatikan tempat penyimpanannya. Maksudnya jangan sampai membiarkan laptop terkena cahaya matahari secara langsung, karena bisa menyebabkan laptop panas. Parahnya lagi, laptop bisa tidak berfungsi atau terbakar.

Selain itu, jauhkan laptop dari berbagai minuman, karena memungkinkan minuman tumpah. Air yang tumbuh ke keyboard bisa menyebabkan keyboard tidak berfungsi. Bahkan, parahnya lagi laptop bisa mati secara total. Maka dari itu, sebaiknya menjauhkan minuman dari laptop.

BACA JUGA:  Negara yang Terkenal Akan Produksi Kejunya Super Lezat

4.      Jangan Sering Menggunakan Mode Sleep

Sesuai dengan namanya mode sleep ini memungkinkan laptop tertidur atau mati secara sementara. Sebenarnya menggunakan mode ini boleh-boleh saja. Namun, jika menerapkannya secara berlebihan bisa menyebabkan laptop rusak.

Maka dari itu jika ingin laptop tetap awet, sebaiknya hindari menggunakan mode tersebut terlalu sering. Perlu tahu jika menerapkan cara tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada bagian baterai laptop secara permanen. Jadi, kemungkinan Anda harus melakukan service laptop.

5.      Memasang Charger Laptop dengan Benar

Cara selanjutnya agar laptop tetap awet yaitu menggunakan charger dengan benar. Begitu juga sebaliknya jika mempunyai kebiasaan memasang charger kurang tepat, maka bisa berpengaruh terhadap kualitas dari laptop itu sendiri.

Dengan kata lain, kebiasaan buruk tersebut bisa menyebabkan motherboard laptop rusak dalam waktu singkat. Hal tersebut terjadi karena listrik pada charger belum stabil untuk masuk ke laptop. Maka dari itu jika ingin tetap awet hindari kebiasaan buruk tersebut.

6.      Jangan Mengisi Baterai Secara Terus Menerus

Sebagian orang menganggap jika mengisi baterai terus-menerus bisa membuat laptop bertahan dalam waktu lama. Padahal sebenarnya hal tersebut memberikan dampak buruk pada laptop, karena memudahkan laptop cepat rusak.

Tidak hanya itu saja, laptop yang terlalu lama tercolok charger bisa meningkatkan suhu panas. Jas, hal tersebut bisa menyebabkan performa laptop berkurang. Tidak hanya itu saja, kebiasaan tersebut juga bisa menyebabkan baterai cepat berkurang.

Demikian penjelasan mengenai beberapa cara mematikan laptop Acer dengan tepat. Selain itu, penting juga untuk melakukan perawatan laptop dengan baik agar tetap awet. Intinya dengan menerapkan cara mematikan laptop dengan benar dan merawatnya dengan baik bisa meminimalisasi terjadinya berbagai permasalahan pada laptop.