Simak Contoh Kegiatan yang Cocok Diterapkan di Lokasi KKN

Simak Persiapan dan Tips Sukses Menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN)

RumahTeknologi.com – KKN atau Kuliah Kerja Nyata merupakan program kurikulum yang harus diikuti oleh semua mahasiswa di semua jurusan tanpa terkecuali. KKN ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk terjun langsung ke masyarakat. Persiapan dan Tips Sukses Menjalani Kuliah Kerja Nyata

Tidak dapat dikatakan bahwa kegiatan ini singkat, tetapi akan membangkitkan rasa ingin tahu dan rasa takut pada siswa. Anda bisa melakukan 8 persiapan tepat ini sebelum berangkat KKN agar tidak panik.

Persiapan dan Tips Sukses Menjalani Kuliah Kerja Nyata

Siapkan pikiran, mental, dan tenaga

Berangkat KKN seperti pergi berperang. Dibutuhkan persiapan mental dan fisik serta persiapan mental. Selain itu, sendirian di lingkungan yang sama sekali baru, Anda harus menghadapi berbagai masalah yang ada dengan baik agar bermanfaat bagi masyarakat setempat.

Siapkan keperluan pribadi

Selain mempersiapkan pikiran, mental, dan tenaga, Anda juga harus siap dengan kebutuhan pribadi. Misalnya perlengkapan mandi, pakaian, hingga obat-obatan yang biasanya Anda butuhkan. Hal ini untuk menghindari keadaan darurat meskipun lokasi KKN jauh dari kota.

Siapkan keperluan posko

Anda juga harus mempersiapkan persyaratan untuk posting KKN dengan teman-teman grup Anda. Hal ini untuk memastikan Anda dan teman Anda tidak kehabisan kebutuhan, terutama bahan-bahan yang sulit ditemukan jika Anda tidak berada di kota besar.

BACA JUGA:  kata mutiara perpisahan kkn

Minta restu dan uang saku dari orang tua

Setiap pergi ke mana saja, kita harus mendapat izin orang tua. Begitu juga saat KKN. Kamu juga harus mendapat restu mereka. Selain agar KKN dapat berjalan dengan lancar, doa orang tua juga selalu menyertai setiap langkahmu sehingga menjadi berkah dan dilindungi Tuhan.

Selain minta doa restu, kamu juga memerlukan uang saku untuk dibawa ke lokasi KKN. Jika lokasi KKN jauh dari ATM, maka kamu perlu menyiapkan uang tunai di dompetmu untuk keperluan selama KKN.

Siapkan kendaraan

Mengemudi pribadi saat KKN memang menyenangkan. Namun, selalu ingat untuk memeriksa kondisi kendaraan Anda untuk memastikan tidak ada masalah yang dapat mempengaruhi kinerja.

Harus ramah dan tidak jutek

Saat berkenalan dengan teman kelompok, dengan warga desa hingga membaur dengan kehidupan masyarakat di sana, kamu harus memasang wajah ramah dan bersahabat. Jauhkan wajah jutek karena kamu bisa dianggap sombong dan tidak terima dengan baik di lokasi KKN.

Belajar public speaking dan public relation yang baik

Akan ada banyak kegaitan yang kamu alami selama KKN, mulai dari pengajian rutin, program pelatihan, hingga acara-acara desa. Jika kamu tidak tahu bagaimana cara bebicara di hadapan banyak orang, maka tugasmu adalah belajara menyiapkan diri untuk public speaking yang baik sebelum berangkat KKN.

Public relation juga merupakan hal penting yang harus kamu siapkan untuk membangun hubungan baik antar masyarakat di lokasi KKN.

 Apapun yang terjadi, tahan emosi

Yang terakhir, KKN juga merupakan sarana untuk belajara bersabar dan menahan emosi dengan apapun yang terjadi. Kapanpun kamu harus ingat bahwa KKN merupakan kegiatan yang memabwa nama baik kampus dan bukan hanya diri sendiri atau kelompok.

BACA JUGA:  hambatan dalam perpanjangan masa peminjaman arsip dan solusinya

Demikian delapan persiapan KKN yang harus kamu pahami dan lakukan sebelum berangkat KKN. Jangan lupa berdoa sebelum dan selama berada di lokasi, ya. Agar selalu mendapat lindungan dari Tuhan dan terhindar dari marabahaya.