berikut ini merupakan fungsi rangka manusia

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan memberi contoh “berikut ini merupakan fungsi rangka manusia”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemukan jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut adalah contoh “berikut ini merupakan fungsi rangka manusia”

Semua manusia memiliki struktur tubuh yang memungkinkan mereka untuk berdiri tegak. Saat kita bergerak, ini dicapai melalui kombinasi kerangka dan otot. Alangkah baiknya untuk mengetahui semua bagian kerangka tubuh dan fungsinya. Simak ulasan di bawah ini untuk lebih jelasnya!

Struktur tubuh dan berbagai fungsinya

Rangka bodi adalah struktur internal yang membantu membangun bodywork. Kerangka ini terdiri dari banyak tulang dan jaringan ikat, termasuk tulang rawan, tendon, dan ligamen, juga disebut sistem muskuloskeletal. Secara keseluruhan, kerangka membentuk sekitar 20% dari berat badan seseorang.

Kerangka dewasa terdiri dari 206 tulang. Namun, kerangka anak-anak memiliki lebih banyak tulang, karena beberapa tulang, termasuk tengkorak, menyatu seiring bertambahnya usia. Pada laki-laki, kerangka umumnya lebih panjang dan massa tulang lebih padat. Dan wanita memiliki panggul yang lebih lebar untuk memudahkan persalinan.

Lalu apa fungsi bingkai?

Faktanya, sistem kerangka memiliki banyak fungsi, melebihi bentuk dan fitur manusia. Berikut beberapa fiturnya:

1. Berikan gerakan

Fungsi kerangka yang pertama adalah untuk menopang berat badan agar kita dapat berdiri dan bergerak. Hal ini disebabkan kerjasama sendi, jaringan ikat, dan otot, dan gerakan dapat terjadi.

2. Membuat sel darah

Tulang mengandung sumsum tulang, yang menghasilkan darah merah dan putih. Sel darah ini sangat penting untuk menjaga fungsi normal tubuh.

BACA JUGA:  contoh karya yang dihasilkan dari teknik mozaik adalah

3. Perlindungan dan dukungan organ

Tengkorak melindungi otak, tulang rusuk melindungi jantung dan paru-paru, dan tulang belakang melindungi tulang belakang. Oleh karena itu, menjaga tulang sebagai struktur tubuh sangat penting untuk menjaga kesehatan.

4. Pengawetan mineral

Tulang menjaga suplai mineral tubuh seperti kalsium dan vitamin D. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengonsumsi lebih banyak kalsium dan vitamin D agar tulang tetap padat dan kerangka tubuh tidak mudah terganggu.

Memang, struktur memiliki fungsi penting untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Oleh karena itu, sangat penting menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan tulang dalam tubuh. Selain itu, pemeriksaan kesehatan tubuh secara umum dan berkala juga harus dilakukan.

Pemeriksaan kesehatan sangat penting. Untuk menjamin kepadatan tulang Anda, Anda bisa memesan pemeriksaan di berbagai rumah sakit yang bermitra dengan Halodoc. Untuk mendapatkan kemudahan tersebut, unduh aplikasi Halodoc ke smartphone Anda hari ini juga.

bagian yang berbeda dari sistem rangka

Sistem kerangka adalah jaringan dari banyak bagian berbeda yang bekerja sama untuk menggerakkan tubuh. Bagian utama dari sistem kerangka dalam tubuh adalah tulang, struktur kaku yang membentuk kerangka. Sekarang, semua tulang memiliki tiga lapisan utama.

Periosteum: Lapisan ini adalah selaput keras yang menutupi dan melindungi bagian luar tulang.
Firm Bone: Tulang padat, keras, halus, putih di bawah periosteum yang memberikan dukungan dan perlindungan struktural.
Tulang trabekuler: tulang tengah dengan lapisan dalam yang lebih lembut daripada tulang keras. Bagian ini memiliki lubang-lubang kecil (pori-pori) untuk tempat sumsum tulang bercabang.

Komponen lain dari sistem kerangka meliputi:

tulang rawan

Tulang ini halus dan lentur, serta berfungsi sebagai penyambung untuk menutupi ujung-ujung tulang agar tidak saling bergesekan saat bergerak. Ketika tulang rawan habis, penyakit seperti radang sendi dapat terjadi, menyebabkan rasa sakit dan masalah dengan gerakan
persendian

BACA JUGA:  kkn di desa penari

Sendi adalah tempat di mana dua atau lebih tulang dalam tubuh bergabung. Ada tiga jenis sendi dalam tubuh: sendi tetap, sendi bergerak sebagian, dan sendi bergerak.

ligamen dan tendon

Ligamen adalah pita jaringan ikat yang kuat yang menyatukan tulang. Tendon, di sisi lain, adalah pita jaringan yang menghubungkan ujung otot ke tulang.

Fungsi rangka manusia

Bagian-bagian yang ada pada tubuh manusia saling berhubungan antara satu bagian dengan bagian lainnya. Kerangka manusia terdiri dari tulang individu dan tulang rawan dari berbagai jenis dan bentuk. Di bawah ini adalah ciri-ciri kerangka manusia yang berhubungan dengan anggota badan dan bagian tubuh lainnya.

1. Persiapkan dan dukung tubuh

Adanya fungsi rangka ini membentuk tubuh dan dapat menopang tubuh manusia. Berbagai struktur tulang pada tubuh manusia seperti tulang kaki dan tulang belakang memiliki fungsi sebagai penopang tubuh.

Ketinggian postur seseorang tergantung pada bingkai ini. Susunan tulang tengkorak dan tulang anterior memberikan fungsi yang membentuk tubuh manusia. Fitur foto ini sangat bergantung pada bentuk wajah seseorang. Tangan, kaki, dada, dll memiliki fungsi kerangka yang berbeda.

2. Sebagai tempat perlekatan otot

Fungsi kerangka manusia selanjutnya adalah tempat perlekatan otot. Kerangka dan otot sebenarnya dikenal sebagai dua bagian tubuh yang tidak dapat dipisahkan.

Tanpa otot, rangka tidak dapat bergerak dan tubuh manusia menjadi kaku. Kerangka dan otot bekerja sama untuk memfasilitasi pergerakan lengan, kaki, leher, dan lainnya.

3. Sebagai pelindung organ

Struktur tubuh manusia, susunan tulang, adalah bagian tubuh yang paling keras. Oleh karena itu, fungsi rangka juga dapat melindungi organ dalam tubuh manusia. Struktur ini melindungi organ lunak dan vital.

Sama seperti kerangka toraks yang melindungi paru-paru dan jantung, struktur kepala melindungi otak, mata, hidung, dan saluran pernapasan bagian atas. Tulang pinggul melindungi organ internal pencernaan dan reproduksi.

BACA JUGA:  puisi perpisahan kkn untuk desa

4. Dimana sel darah merah diproduksi

Komponen sel darah merah berasal dari kerangka tubuh. Fungsi struktur ini adalah untuk menyediakan tempat terbentuknya sel darah merah dan darah putih. Struktur tempat sel darah ini biasanya terbentuk ada di tulang tubular dan tulang paha.

5. Tempat pembentukan sumsum tulang kuning

Sumsum tulang kuning adalah tempat penyimpanan lemak. Lemak sebagai sumber cadangan energi manusia terdapat pada kerangka manusia. Jadi, secara tidak langsung fungsi rangka manusia adalah menyimpan energi di dalam tubuh.

6. Pengawetan mineral

Sekitar 62% matriks tulang terdiri dari garam anorganik, terutama kalsium fosfat dan kalsium karbonat. Dan sekitar 99% kalsium ada di kerangka. Rangka tubuh yang tersusun dari tulang-tulang ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan kalsium dan fosfor. Kalsium berperan dalam kontraksi otot dan pembekuan darah. Fosfor bertindak seperti pembentukan ATP.

7. Sebagai fungsi imun

Fungsi dari struktur ini adalah tempat untuk menghasilkan sel-sel kekebalan atau imun di dalam sumsum tulang.

tiga kelompok bingkai

Secara keseluruhan, kerangka manusia dapat dibagi menjadi tiga kelompok:

– kerangka

・Skeleton yang melindungi organ tubuh yang penting

– Rangka anggota badan untuk berjalan, berlari, memegang benda, dll.

Kerangka kepala terdiri dari tulang seperti dahi, daerah parietal, pelipis, tengkorak, irisan, tulang lakrimal, tulang pipi, hidung, rahang atas, rahang bawah dan lidah. Struktur tubuh terdiri dari 33 tulang belakang, tulang rusuk dan tulang dada.

bingkai gerak

Kerangka ekstremitas terdiri dari ekstremitas atas termasuk radius, humerus, ulna, pergelangan tangan, telapak tangan, dan buku-buku jari. Penempatan ekstremitas bawah termasuk tulang paha, patela, tulang kering, betis, pergelangan kaki, telapak kaki, dan sendi kaki.***

`