Allah memerintahkan kepada kita untuk melakukan Shalat Jumat

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “Allah memerintahkan kepada kita untuk melakukan Shalat Jumat”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “Allah memerintahkan kepada kita untuk melakukan Shalat Jumat”

Sholat Jumat ialah sholat dua rakaat yang dilakukan secara berjemaah pada waktu dzuhur setiap hari Jumat. Melalui surat Al Jumuah ayat 9. Allah dengan tegas memerintahkan kepada orang-orang yang beriman untuk melaksanakan sholat Jumat.

Dalam surat tersebut Allah SWT berfirman,
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا نُوْدِيَ لِلصَّلٰوةِ مِنْ يَّوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا اِلٰى ذِكْرِ اللّٰهِ وَذَرُوا الْبَيْعَۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ
Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jum‘at, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.
Dikutip dari situs resmi kemenag.go.id, ayat ini menegaskan kepada umat Muslim apabila muazin sudah mengumandangkan adzan pada hari Jumat, hendaknya untuk segera bergegas melaksanakan sholat Jumat.
Perintah sholat Jumat pada surat Al Jumuah ayat 9, diperkuat dengan sabda Rasulullah yaitu, “Hendaklah orang-orang itu berhenti sholat jumat, atau Allah Akan mengunci rapat-rapat hati mereka.” (HR Muslim)
Selain itu, ayat ini juga memerintahkan manusia untuk menyeimbangkan urusan dunia dan akhirat. Lalu, bagaimana hukum sholat Jumat dalam Islam? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan berikut.

Hukum Sholat Jumat

Dikutip dari buku Bidayatul Mujtahid Wa Nihayatul Muqtashid : Jilid 1 oleh Ibnu Rusyd, ada perbedaan pendapat mengenai hukum sholat Jumat. Beberapa ulama mengatakan sholat Jumat termasuk dalam fardhu kifayah.
Tetapi, beberapa ulama lain mengatakan hukum sholat Jumat adalah sunnah. Alasan tersebut didasarkan pada hadis yang diriwayatkan Malik, Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya ini adalah hari yang dijadikan oleh Allah sebagai hari raya,” (HR Malik, Shahih nomor 113).
Dalam pelaksanaan sholat Jumat, ada beberapa syarat wajib yang perlu diketahui. Apa saja?

Syarat Wajib Sholat Jum’at

BACA JUGA:  melakukan gerakan meloncat dan berputar merupakan gerak dasar

1. Bermukim

Sholat Jum’at adalah wajib bagi mereka yang tinggal di sana. Shalat ini tidak wajib bagi para musafir. Sedangkan batasan traveler adalah yang menempuh jarak kurang lebih 89 km.

2. laki-laki

Hanya pria yang diwajibkan untuk melakukan sholat Jumat, sedangkan wanita tidak. Namun, jika seorang wanita menunaikan shalat Jumat, maka kewajiban shalat Dzuhur gugur.

3. Sehat

Sehat adalah syarat wajib bagi seseorang untuk menunaikan sholat Jum’at. Sedangkan orang yang sakit dan berhalangan untuk datang ke masjid tidak diwajibkan shalat Jumat. Namun, mereka tetap wajib melaksanakan shalat Dzuhur.

4. Baligh

Pria Muslim yang telah mencapai pubertas diwajibkan untuk melakukan sholat Jumat. Sedangkan anak-anak yang belum baligh tidak diwajibkan datang ke masjid dan menunaikan salat Jumat.

Akan tetapi, jika anak-anak tersebut mengikuti shalat Jumat dan memenuhi rukun dan syaratnya, maka ibadahnya menjadi sunnah dan sah di sisi Allah SWT.

Demikian penjelasan mengenai Allah memerintahkan kepada kita untuk melakukan Shalat Jumat, Semoga bermanfaat.***

`