Berikut Contoh Program Kerja KKN Ketahanan Pangan

Berikut Contoh Program Kerja KKN Ketahanan Pangan

Rumahteknologi.com – Halo teman-teman Mahasiswa, artikel akan membahas Program kerja KKN Ketahanan Pangan.

Saat ini Indonesia mengalami krisis pangan diakibatkan masyarakat Indonesia sudah mulai jarang untuk bertani, teknologi pertanian pun mulai hilang sehingga perkembangan penduduk Indonesia tidak dibarengi dengan kekuatan pangan Indonesia, sehingga beberapa bahan pokok masih sering impor , oleh karena itu mahasiswa sebagai agent of change harus bisa mempelopori perubahan ketahanan pangan di daerah KKN dengan mengambil program kerja KKN dengan tema Ketahanan Pangan.

Dengan adanya artikel program kerja KKN dengan tema Ketahanan Pangan, bisa untuk sudut pandang baru bagi kalian. Mari kita simak artikel disini.

Apa itu program kerja KKN ketahanan pangan?

Karena pada masa yang pandemi seperti sebelum-sebelumnya, bukannnya hanya sektor kesehatan saja yang terkena dampak. Hampir semua sektor terkena dampak dari wabah tersebut.

Salah satu sektor yang terdampak adalah sektor ekonomi. Tidak hanya memberikan dampak pada perekonomian secara makro, bahkan secara mikro yakni pada tingkat ekonomi rumah tangga.

Melemahnya perekonomian menyebabkan ketidak normalan dalam segala hal termasuk daya beli masyarakat. Mengakibatkan kekuarangan pangan bagi masyarakat.

Ketahanan pangan sendiri merupakan suatu kondisi terpenuhinya kebutuhan pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan secara cukup, baik dari jumlah maupun  mutunya, aman, merata, dan terjangkau.

Program kerja KKN ini berfokus kepada pangan di desa KKN dengan kegiatan mahasiswa untuk memberi wawasan kepada warga tentang pentingnya pangan. Kemudian memberikan edukasi kepada warga desa agar pangan di desa KKN tidak habis atau kekurangan pangan.

BACA JUGA:  bahan alam yang batangnya dimanfaatkan untuk membuat benda kerajinan adalah

Tidak hanya mengatasi ketahanan pangan, tetapi juga memberikan ilmu yang bermanfaat untuk mengembangan pangan di Desa KKN. Program ini bisa memaksimalkan hasil panen, akan tetapi capunyannya memerlukan waktu yang cukup lama sehingga perlu untuk spesifikasikan agar lebih mengena.

Contoh program kerja KKN Ketahanan Pangan

  1. Lumbung pangan desa

Program ini dilaksanakan dengan warga mengumpulkan hasil panen ke pengurus desa. Supaya ketika musim kemarau tiba, masyarakat masih mempunyai simpanan pangan.

  1. Pemberdayaan tani melalui program pupuk organik

Program kerja KKN ini akan meningkatkan produktivitas Tani dengan biaya yang murah memanfaatkan kotoran hewan untuk pembuatan pupuk organik.

  1. Alternatif pangan

Pemberian edukasi dan tata cara penanaman pangan selain padi yang bisa digunakan untuk bahan pangan dimasa yang sulit serta mempertahankan ketahanan pangan komoditas, seperti jagung, kentang, singkong.

  1. Penanaman sayuran segar

Program kerja KKN dengan tema ketahanan pangan ini juga bisa diterapkan dengan cara kelompok kkn menanam sayuran seperti mentimun, buncis, tomat, cabai, bayam dll serta menyemainya sampai siap tanam.

Kemudian dibagikan kepada warga  disertai edukasi dan pemberian pupuk organik cair(POC).

Kata Kuncihttps://www rumahteknologi com/16120/berikut-contoh-program-kerja-kkn-ketahanan-pangan html-