Sony SBH20, Headset Bluetooth Stereo yang Ringkas dan Multifungsi Dilengkapi dengan Teknologi NFC

Rumahteknologi.com – Sony SBH20 adalah headset Bluetooth stereo yang dilengkapi dengan receiver dan earphone. Dengan menggunakan receiver dari Sony ini, headset biasa bisa menjadi sebuah headset Bluetooth yang tidak harus terhubung langsung ke smartphone Anda. Dengan koneksi Bluetooth 3.0 dan NFC, headset ini dapat dengan mudah terhubung dengan smartphone Anda. Selain itu, Sony SBH20 juga dapat dikoneksikan dengan 2 smartphone berbeda secara bersamaan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas fitur-fitur Sony SBH20 secara lengkap, termasuk spesifikasi teknis, kapasitas baterai, dan kontrol yang tersedia di headset ini. Selain itu, kita juga akan membahas bagaimana cara menggunakan Sony SBH20 dan memberikan beberapa tips untuk meningkatkan kualitas suara headset ini.

Fitur-Fitur Sony SBH20

Koneksi Bluetooth dan NFC

Salah satu fitur utama dari Sony SBH20 adalah koneksi Bluetooth 3.0, yang memungkinkan headset ini terhubung dengan smartphone Anda tanpa menggunakan kabel. Selain itu, headset ini juga dilengkapi dengan teknologi NFC (Near Field Communication), yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan headset dengan smartphone hanya dengan menyentuhkan keduanya bersamaan.

Konektor Pengisi Daya USB Mikro dan Konektor Headphone 3,5mm

Sony SBH20 dilengkapi dengan konektor pengisi daya USB mikro, yang memungkinkan Anda untuk mengisi daya baterai headset ini dengan mudah. Selain itu, headset ini juga dilengkapi dengan konektor headphone 3,5mm, yang memungkinkan Anda untuk menggunakan earphone yang lebih berkualitas jika Anda tidak puas dengan kualitas earphone bawaan Sony SBH20.

Profil Bluetooth yang Didukung

Sony SBH20 mendukung beberapa profil Bluetooth, termasuk Profil Bebas Genggam (HFP) v1.6 (HD siap), Profil Distribusi Audio Lanjutan (A2DP) 1.2, Profil Kontrol Jarak Jauh Audio Video (AVRCP) v1.4 Peran Kontrol dan Target, dan Profil Headset (HSP) V1.2. Dengan dukungan profil Bluetooth yang luas, headset ini dapat digunakan dengan berbagai jenis smartphone dan perangkat Bluetooth lainnya.

BACA JUGA:  dbE GM500 Headset yang Cocok Digunakan untuk Musik, Nonton, dan Gaming dengan Kualitas Suara Jernih Detail

Kapasitas Baterai

Sony SBH20 dilengkapi dengan baterai 110 mAh, yang memberikan waktu siaga hingga 200 jam dan waktu bicara hingga 6 jam. Selain itu, headset ini juga dapat digunakan untuk streaming musik selama 6 jam.

Akustik

Tipe speaker yang digunakan oleh Sony SBH20 adalah 9.2mm dinamis dengan impedansi nominal 16ohm. Jenis driver yang digunakan adalah dinamis dengan ukuran driver 9,2 mm. Rentang frekuensi speaker adalah 20Hz hingga 20000Hz dengan sensitivitas 100,5dB SPL/mW pada 1kHz dan distorsi harmonik total sebesar 0,5% (100Hz hingga 10000Hz @ 1mW). Mikrofon yang digunakan adalah 4mm ECM.

Kontrol

Sony SBH20 dilengkapi dengan beberapa tombol kontrol, termasuk tombol jawab/akhiri panggilan/putar/jeda, kunci trek berikutnya/sebelumnya, tombol volume naik/turun, dan kunci kekuatan.

Cara Menggunakan Sony SBH20

Untuk menggunakan Sony SBH20, Anda perlu melakukan beberapa langkah berikut:

  1. Aktifkan Bluetooth pada smartphone Anda.
  2. Nyalakan Sony SBH20 dengan menekan tombol power pada headset.
  3. Tekan dan tahan tombol NFC pada headset hingga lampu LED pada headset berkedip-kedip biru.
  4. Dekatkan headset dengan smartphone Anda hingga keduanya terhubung melalui Bluetooth.
  5. Setelah terhubung, Anda dapat mulai menggunakan headset untuk menerima panggilan atau mendengarkan musik dari smartphone Anda.

Tips untuk Meningkatkan Kualitas Suara Sony SBH20

Agar suara yang dihasilkan oleh Sony SBH20 lebih jernih dan berkualitas, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:

1. Gunakan earphone yang lebih berkualitas

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Andadapat mengganti earphone bawaan Sony SBH20 dengan earphone yang lebih bagus untuk meningkatkan kualitas suara. Anda dapat memilih earphone dengan kualitas yang lebih baik dan sesuai dengan preferensi Anda.

2. Periksa posisi headset

Pastikan headset ditempatkan dengan benar pada telinga Anda dan earphone telah masuk dengan baik ke dalam lubang telinga. Jika headset tidak ditempatkan dengan benar, suara yang dihasilkan mungkin tidak optimal.

BACA JUGA:  TCL Moveaudio Neo, Menghadirkan Harmoni Suara Tanpa Kabel dengan Fitur Terkini

3. Hindari gangguan sinyal

Pastikan bahwa headset tidak terlalu jauh dari smartphone Anda atau terlalu dekat dengan benda-benda logam yang dapat menghalangi sinyal Bluetooth. Hindari juga penggunaan headset di area yang memiliki banyak gangguan sinyal seperti di dekat pemancar radio atau area dengan banyak peralatan elektronik.

4. Periksa kualitas file audio

Pastikan file audio yang Anda dengarkan memiliki kualitas yang baik dan tidak terlalu dikompresi. File audio yang dikompresi terlalu banyak dapat menurunkan kualitas suara yang dihasilkan oleh headset.

5. Pastikan baterai headset terisi penuh

Pastikan bahwa baterai headset telah diisi penuh sebelum digunakan. Jika baterai headset tidak terisi penuh, suara yang dihasilkan mungkin tidak optimal.

Secara keseluruhan Sony SBH20 adalah headset Bluetooth stereo yang ringkas dan multifungsi. Dengan dilengkapi koneksi Bluetooth 3.0 dan NFC, headset ini dapat dengan mudah terhubung dengan smartphone Anda. Selain itu, Sony SBH20 juga dapat dikoneksikan dengan 2 smartphone berbeda secara bersamaan.

Dalam artikel ini, kita telah membahas fitur-fitur Sony SBH20 secara lengkap, termasuk spesifikasi teknis, kapasitas baterai, dan kontrol yang tersedia di headset ini. Kita juga telah memberikan beberapa tips untuk meningkatkan kualitas suara headset ini.

Dengan mengikuti tips yang telah disebutkan, Anda dapat meningkatkan kualitas suara yang dihasilkan oleh Sony SBH20 dan menikmati pengalaman mendengarkan musik atau menerima panggilan yang lebih baik.***

`