Mau tahu apa itu KKN Mbkm? Ini dia nih kesempatan kamu buat belajar beda di desa. Simak yuk penjelasannya dan jangan sampai kelewatan!
Mau tahu apa itu KKN Mbkm? Ini dia nih kesempatan kamu buat belajar beda di desa. Simak yuk penjelasannya dan jangan sampai kelewatan!

KKN MBKM, Belajar Beda di Desa Ala Anak Muda!

rumahteknologi.com – Mau tahu apa itu KKN Mbkm? Ini dia nih kesempatan kamu buat belajar beda di desa. Simak yuk penjelasannya dan jangan sampai kelewatan!

Pasti kamu udah pada tahu kan kalau KKN itu program wajib buat mahasiswa? Nah, selain KKN yang biasa-biasa aja, sekarang ada juga KKN berbasis MBKM yang bikin kamu bisa dapetin pengalaman belajar yang lebih seru dan intensif di desa!

Apa Perbedaan Antara KKN Tematik dan MBKM?

Jadi gini, KKN MBKM itu beda banget sama yang biasa atau KKN Tematik. Masa tinggalnya lebih lama, bisa sampe 45 hari loh! Selain itu, kamu juga bakal dapet kesempatan buat belajar langsung sama masyarakat desa, dan ngebantu mereka sesuai dengan kebutuhan yang ada. Asyik kan?

KKN MBKM ini juga ga cuma buat belajar aja, tapi juga buat pengembangan diri kamu. Kamu bakal dihadapkan sama berbagai tantangan dan permasalahan yang membutuhkan solusi kreatif. Jadi, jangan heran kalo banyak mahasiswa yang jadi lebih percaya diri dan mandiri setelah ikutan program ini.

Pengalaman belajar di desa ini juga bisa bikin kamu jadi lebih peka sama realitas sosial di sekitar kamu. Jadi, kalo kamu mau ngejalanin KKN MBKM, pastiin kamu siap buat menghadapi tantangan, belajar lebih intensif, dan tentunya punya pengalaman yang ga bakal bisa kamu dapetin di kampus!

Tujuan KKN Berbasis MBKM

KKN berbasis MBKM tujuannya biar mahasiswa bisa belajar lebih dalam lagi di desa. Gak cuma belajar teori di kelas, tapi juga belajar dari masyarakat desa langsung. Program ini bikin mahasiswa jadi lebih pandai bergaul sama orang lain dan ngasih kontribusi positif buat masyarakat desa.

BACA JUGA:  contoh biosfer

Gak cuma itu, program ini juga buat mempererat hubungan antara perguruan tinggi sama masyarakat desa. Jadi, semua pihak bisa saling menguntungkan dan berkembang bareng.

Manfaat KKN Berbasis MBKM

Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dari program KKN berbasis MBKM, di antaranya:

1. Mengembangkan Kemampuan Sosial
Kalo kamu mau ikutan program KKN MBKM, jangan cuma mikirin dapetin nilai atau pengalaman belajar aja ya. Karena, sebenernya program ini bisa bikin kamu berkembang jadi pribadi yang lebih sosial dan mandiri!

Kalo di KKN MBKM, kamu bakal tinggal di desa selama kurang lebih 45 hari. Selama tinggal di desa, kamu bakal banyak berinteraksi sama masyarakat sekitar. Dari interaksi itu, kamu bakal belajar banyak hal loh! Misalnya, cara beradaptasi sama lingkungan yang baru, cara menghargai perbedaan, dan cara berkomunikasi yang baik dan efektif.

Kalo di kampus, kita kan biasanya lebih banyak berinteraksi sama temen-temen satu jurusan atau lingkungan yang sama. Tapi di desa, kita bakal ketemu sama orang-orang dari berbagai macam latar belakang dan profesi.

Mulai dari petani, ibu rumah tangga, anak-anak, bahkan sampai sama tokoh masyarakat setempat. Kita bisa belajar banyak hal dari mereka, dan sekaligus membagikan ilmu dan pengalaman yang kita punya.

2. Menumbuhkan Rasa Empati

Di desa, kita bisa ketemu sama orang-orang yang bener-bener beda kondisi sosial dan ekonominya sama kita. Mereka bisa aja punya pengalaman hidup atau masalah yang nggak pernah kita alami sebelumnya. Nah, dari situ lah kita bisa belajar buat jadi lebih peka sama kondisi dan kebutuhan orang lain. Kita bisa belajar buat jadi lebih empati sama perjuangan mereka.

BACA JUGA:  tema kkn yang menarik

Kalo kita belajar jadi lebih peka dan empati, tentunya hal itu akan bawa dampak positif buat diri kita sendiri dan orang lain juga. Kita bisa jadi pribadi yang lebih baik dan lebih peduli sama sesama. Selain itu, program KKN MBKM juga bisa membuka wawasan kita tentang realitas sosial di Indonesia. Kita bisa belajar banyak hal tentang kehidupan di desa dan kondisi sosial di Indonesia secara umum.

Intinya, program KKN MBKM ini nggak cuma bikin kita dapetin nilai atau pengalaman belajar aja. Tapi, lebih dari itu, program ini bisa bikin kita jadi pribadi yang lebih peka, empati, dan peduli sama orang lain. Yuk, siapin diri kamu buat ikutan program KKN MBKM dan rasakan manfaatnya!

3. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis

Wah, bagi mahasiswa yang pengen pengalaman belajar yang berbeda dari biasanya, KKN berbasis MBKM bisa jadi pilihan yang keren nih! Selain belajar mengenai keadaan sosial dan ekonomi di desa, mahasiswa juga bakal diajarin untuk berpikir kritis dalam menghadapi permasalahan yang ada di sana. Pasti bakal jadi pengalaman yang bikin mahasiswa makin jago deh dalam mengembangkan solusi yang tepat.

Gak cuma itu aja, dalam program ini mahasiswa juga bakal banyak berinteraksi dengan masyarakat desa, loh! Bakal banyak belajar mengenai perbedaan dan juga menghargai kondisi sosial masyarakat di sana.  Jadi, bukan cuma belajar teori aja, tapi juga belajar untuk jadi sosok yang lebih peka dan peduli dengan sesama.

4. Memberikan Kontribusi Positif bagi Masyarakat Desa

Program KKN berbasis MBKM ini emang ga hanya menguntungkan mahasiswa, tapi juga masyarakat desa lho! Dalam program ini, mahasiswa bakal melakukan banyak kegiatan yang bakal bermanfaat banget buat masyarakat desa, seperti bikin jalan, bor sumur, dan kegiatan sosial lainnya yang bisa ngebantu meningkatkan kualitas hidup mereka.

BACA JUGA:  negara apa yang terletak paling selatan di asean

Selain itu, mahasiswa juga bisa belajar banyak dari masyarakat desa, seperti budaya dan kebiasaan mereka. Pastinya, ini bakal bikin mahasiswa jadi lebih peka dan menghargai keragaman budaya di Indonesia.

Ga cuma itu, mahasiswa juga bakal diajarkan buat melihat dan mengatasi masalah yang ada di masyarakat desa dengan cara yang tepat dan kreatif. Jadi, selain bisa bantu masyarakat desa, mahasiswa juga bakal nambah keterampilan mereka!

Kesimpulan

Jadi, kesimpulannya, KKN berbasis MBKM adalah program yang sangat penting bagi mahasiswa untuk memperoleh pengalaman belajar yang lebih intensif di desa serta sedikit berbeda dengan KKN Reguler ataupun lainnya. Program ini memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa dan masyarakat desa, seperti pengembangan keterampilan sosial, keterampilan berpikir kritis, dan membuka kesempatan untuk mengembangkan diri dan menumbuhkan rasa empati dan kepedulian. Yuk, ikutan program KKN berbasis MBKM dan jangan sampai ketinggalan keseruan belajar di desa.

`