5 Program KKN Manajemen yang Bermanfaat untuk Masyarakat

rumahteknologi.com –  Bingung mau melakukan KKN Manajemen ngapain? Yuk, coba 5 program KKN Manajemen yang bisa memberikan banyak manfaat bagi masyarakat setempat, seperti pelatihan kewirausahaan, pemasaran, manajemen modal, dan lain sebagainya. Simak ide-ide programnya di sini!

Meskipun biasanya dalam anggota KKN berbeda jurusan, namun kalian sebagai jurusan manajemen biasanya juga harus menyumbangkan ide untuk program kerja, bahkan biasanya setiap anggota harus menyetor ide dan baru kemudian di filter untuk dipilih.

Nah, berikut ini merupakan ide program KKN untuk jurusan manajemen:

Penyuluhan Manajemen Hasil Industri

Program penyuluhan atau sosialisasi manajemen hasil industri merupakan program KKN yang sederhana dan mudah dilakukan oleh mahasiswa manajemen. Program ini juga sangat memungkinkan untuk dilakukan secara individu atau dalam kelompok kecil.

Melalui program ini, mahasiswa dapat memberikan informasi dan pengetahuan mengenai manajemen hasil industri kepada masyarakat yang sudah menjalankan bidang industri tertentu di lokasi KKN.

Sebagai contoh, di lokasi KKN terdapat warga yang mengelola bisnis kerajinan karya rajut. Beragam produk seperti tas, sepatu, syal, dan lain sebagainya sudah dihasilkan oleh para warga ini.

Para mahasiswa bisa mencari warga yang memiliki usaha kerajinan tangan, seperti membuat tas, sepatu, syal, dan lainnya, dan mengajak mereka untuk mengikuti sesi penyuluhan manajemen hasil industri yang bisa membantu meningkatkan keuntungan mereka.

Dalam penyuluhan tersebut, mahasiswa akan memberikan informasi mengenai cara yang efektif dalam mengelola produk dan penghasilan yang diperoleh. Selain itu, mahasiswa juga dapat memberikan masukan dan saran mengenai pengembangan bisnis agar usaha yang dijalankan semakin berkembang.

BACA JUGA:  identifikasi keterampilan personal dalam pembelajaran ips sd kelas 6

Dengan demikian, program penyuluhan manajemen hasil industri akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat setempat dan menjadi kontribusi yang berharga dari mahasiswa manajemen selama menjalani program KKN.

Pelatihan Kewirausahaan

Mahasiswa manajemen juga dapat mengadakan program pelatihan kewirausahaan di lokasi KKN. Masyarakat tentu akan sangat membutuhkan program pelatihan yang bisa memberikan arahan untuk membangun usaha tertentu. Berbekal ilmu yang dimiliki, mahasiswa dapat memberikan ilmu-ilmu kewirausahaan yang bisa diaplikasikan oleh para warga.

Pelatihan ini dapat bersifat spesifik terutama jika KKN dilakukan di wilayah desa yang memiliki sumber daya alam tertentu. Jika KKN dilakukan di desa yang kaya akan sumber daya alam, maka pelatihan yang diselenggarakan bisa lebih spesifik dan fokus pada potensi alam yang ada di sekitar.

Misalnya, jika desa tersebut kaya akan kelapa, maka program KKN dapat difokuskan pada pelatihan pengolahan produk-produk turunan dari kelapa. Seru ya! Mahasiswa dapat menyelenggarakan program pelatihan kewirausahaan yang memanfaatkan kelapa sebagai bahan utama untuk dijadikan berbagai produk.

Pelatihan Pemasaran

Untuk menjalankan sebuah usaha, tak hanya perlu semangat dan kerja keras, namun juga dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Tanpa strategi pemasaran yang efektif, bisnis yang dijalankan bisa saja tidak lancar atau tidak tumbuh berkembang dengan optimal.

Pasti seru nih, mahasiswa manajemen bisa banget berbagi ilmu strategi pemasaran yang oke punya buat usaha kecil-kecilan di sekitar lokasi KKN. Dengan ilmu ini, para warga pemilik usaha bisa jadi makin paham gimana caranya memasarkan produknya dengan lebih efektif dan menghasilkan lebih banyak keuntungan.

Yuk, buat mahasiswa manajemen yang lagi KKN, manfaatkan kesempatan ini untuk memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat sekitar!

BACA JUGA:  pola bunyi yang berulang dapat membentuk

Pelatihan Manajemen Modal

Mahasiswa jurusan manajemen juga tentu memiliki bekal ilmu yang memadai mengenai pengelolaan modal dalam memulai usaha. Program ini juga dapat diikuti oleh warga yang sudah menjalankan usaha namun sulit untuk berkembang.

Terkadang ketika mahasiswa manajemen sudah memberikan pelatihan Kewirausahan, ternyata ada yang banyak melakukan kesalahan saat KKN, seperti halnya masyarakat tidak di edukasi lagi mengenai pelatihan manamen modal yang seharusnya menjadi basic utama dalam kewirausahaan.

Pemberdayaan Potensi Wilayah

Program pemberdayaan potensi wilayah merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting bagi masyarakat di suatu daerah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan potensi yang ada di daerah tersebut dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Selama KKN, mahasiswa dari jurusan manajemen dapat melaksanakan program pemberdayaan potensi wilayah ini dengan berbagai cara yang kreatif dan inovatif. Misalnya dengan mengadakan pelatihan atau workshop untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat dalam bidang tertentu yang relevan dengan potensi wilayah di sana.

Selain itu, mahasiswa juga dapat membantu dalam pengembangan produk-produk lokal yang memanfaatkan potensi wilayah, seperti membuat olahan makanan atau kerajinan tangan yang dihasilkan dari bahan-bahan lokal.

Dengan melaksanakan program pemberdayaan potensi wilayah, diharapkan masyarakat di daerah tersebut dapat meningkatkan kualitas hidup mereka dan mengembangkan potensi yang ada di lingkungannya.

`