Cara Menyambungkan Microphone Bluetooth dengan Speaker

Rumahteknologi.com – Halo sobat-sobat kece, udah pada tau gak sih kalo sekarang ada cara baru nih buat sambungin mic Bluetooth sama speaker. Biasanya kan kalo mau sambungin harus lewat Bluetooth, tapi sekarang ada aplikasi SoundSeeder yang bisa bikin mic Bluetooth jadi kayak wireless gitu loh!

Jadi, kita bisa nyambungin mic Bluetooth kita ke speaker Bluetooth yang ditaruh di tempat lain di ruangan. Tapi tenang aja, buat yang belum punya speaker Bluetooth juga bisa kok nyambungin mic Bluetooth nya ke speaker biasa pake kabel aux.

Kabel aux ini punya tiga jack, dua buat speaker stereo audio dan satu buat microphone. Jadi, kita bisa langsung sambungin kabel audio output ke bagian out pada microphone, terus colok ke input speaker.

Untuk menyambungkan microphone Bluetooth dengan speaker, kita dapat menggunakan kabel audio biasa yang hanya memiliki 2 atau 3 jack. Namun, beberapa orang mungkin ingin menjadikan microphone Bluetooth sebagai mic wireless dengan speaker Bluetooth yang ditaruh di tempat lain di ruangan. Saat ini, metode ini belum bisa dilakukan langsung, namun ada solusi yang bisa digunakan dengan aplikasi SoundSeeder.

Fungsi Kabel Aux

Kabel aux berfungsi untuk menyambungkan microphone Bluetooth dengan HP tanpa harus melakukan pairing dengan Bluetooth. Metode ini akan menyambungkan mic Bluetooth dengan HP layaknya sebuah headset, dimana suara dari HP akan dimainkan di speaker Bluetooth dan suara yang masuk ke mic akan disalurkan ke HP.

Kabel aux memiliki tiga jack, dua untuk speaker stereo audio dan satu untuk microphone. Dengan menggunakan kabel aux, kita tidak perlu melakukan pairing antara microphone Bluetooth dengan HP menggunakan Bluetooth.

BACA JUGA:  Perbedaan Speaker Aktif dan Pasif, Temukan Pilihan Terbaik untuk Kebutuhan Audio Anda!

Cara Menyambungkan Microphone Bluetooth dengan Speaker

Untuk menyambungkan microphone Bluetooth dengan speaker, kita dapat menggunakan kabel audio biasa yang hanya memiliki 2 atau 3 jack. Kita dapat menyambungkan kabel audio output ke bagian out pada microphone dan kemudian ke input speaker.

Namun, jika kita ingin menjadikan microphone Bluetooth sebagai mic wireless dengan speaker Bluetooth yang ditaruh di tempat lain di ruangan, saat ini belum bisa dilakukan langsung. Namun, ada solusi yang bisa digunakan dengan aplikasi SoundSeeder.

Membuat Microphone Bluetooth Sebagai Mic Wireless

Untuk membuat microphone Bluetooth sebagai mic wireless dengan speaker Bluetooth, saat ini belum bisa dilakukan langsung. Namun, ada solusi yang bisadigunakan dengan aplikasi SoundSeeder. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Playstore dan dapat digunakan pada Android versi 5 ke atas.

Metode ini memerlukan dua HP, dimana satu HP digunakan sebagai speaker dan yang lainnya digunakan sebagai pengirim suara. Pertama, kita perlu mengizinkan aplikasi untuk menggunakan microphone.

Selanjutnya, kita dapat menggunakan microphone sebagai sumber audio dan mengirimkannya melalui aplikasi ke HP lain yang juga menggunakan aplikasi SoundSeeder sebagai receiver.

Suara yang ditangkap oleh microphone akan disalurkan ke speaker melalui HP yang menjadi receiver. Namun, metode ini memiliki kekurangan yaitu adanya jeda antara suara yang kita bicarakan dan suara yang masuk ke speaker.

Cara Menggunakan Aplikasi SoundSeeder

Untuk menggunakan aplikasi SoundSeeder, kita perlu mengizinkan aplikasi untuk menggunakan microphone. Selanjutnya, kita dapat menggunakan microphone sebagai sumber audio dan mengirimkannya melalui aplikasi ke HP lain yang juga menggunakan aplikasi SoundSeeder sebagai receiver.

Suara yang ditangkap oleh microphone akan disalurkan ke speaker melalui HP yang menjadi receiver. Namun, metode ini memiliki kekurangan yaitu adanya jeda antara suara yang kita bicarakan dan suara yang masuk ke speaker.

BACA JUGA:  JETE Speaker Bluetooth S7, Hadirkan Suara yang Mengguncang dan Performa yang Tahan Lama

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi SoundSeeder:

  1. Pertama, unduh dan instal aplikasi SoundSeeder dari Google Play Store.
  2. Buka aplikasi SoundSeeder pada HP yang akan digunakan sebagai pengirim suara.
  3. Pada halaman utama aplikasi, pilih opsi “Add speaker” untuk menambahkan speaker Bluetooth yang akan digunakan sebagai output suara.
  4. Pilih speaker Bluetooth yang ingin digunakan dari daftar speaker yang tersedia.
  5. Setelah speaker berhasil ditambahkan, pilih opsi “Add audio source” untuk menambahkan sumber audio yang akan digunakan.
  6. Pilih opsi “Microphone” sebagai sumber audio.
  7. Pada halaman pengaturan microphone, pastikan microphone yang ingin digunakan sudah terhubung dengan HP dan SoundSeeder telah diberikan izin untuk mengakses microphone.
  8. Setelah itu, kembali ke halaman utama aplikasi dan pilih opsi “Play” untuk memulai pengiriman suara.
  9. Buka aplikasi SoundSeeder pada HP lain yang akan digunakan sebagai receiver.
  10. Pada halaman utama aplikasi, pilih opsi “Add speaker” untuk menambahkan speaker Bluetooth yang akan digunakan sebagai output suara.
  11. Pilih speaker Bluetooth yang sama yang telah ditambahkan pada aplikasi SoundSeeder pada HP pengirim suara.
  12. Setelah itu, pilih opsi “Join” untuk bergabung dengan pengiriman suara yang telah dimulai oleh HP pengirim suara.
  13. Sekarang, suara yang ditangkap oleh microphone pada HP pengirim suara akan disalurkan ke speaker Bluetooth dan dapat didengar melalui HP yang menjadi receiver.
  14. Jika ingin menghentikan pengiriman suara, cukup pilih opsi “Stop” pada aplikasi SoundSeeder pada HP pengirim suara.

Oke jadi itu dulu ya pembahasan kita kali ini terkait artikel plastida dari berbagai aspek pembahasannya semoga bisa menjadi artikel referensi dan menjadi ilmu tambahan dan bisa bermanfaat, oke terimakasih.***

`