Contoh Judul Laporan KKN yang Baik dan Benar untuk Mendapatkan Nilai Maksimal

Contoh Judul Laporan KKN yang Baik dan Benar untuk Mendapatkan Nilai Maksimal

RumahTeknologi.com – Banyak mahasiswa yang menganggap KKN merupakan salah satu kegiatan yang paling menyenangkan dan menarik. Hal ini dikarenakan para siswa akan menjalani kehidupan baru dengan suasana pedesaan. Setiap mahasiswa wajib membuat laporan kegiatan selama KKN. Apa contoh judul laporan KKN yang baik? Simak ulasan berikut ini:

Contoh Judul Laporan KKN Untuk Kelompok

Dalam pembahasan contoh judul KKN pertama adalah laporan kegiatan kelompok. Kegiatan program kerja kelompok memiliki seksi-seksi di setiap divisi. Biasanya ada beberapa divisi: agama, sosial, ekonomi, pendidikan, lingkungan, dan sebagainya. Untuk membuat judul laporan, lihat daftar berikut:

1. Pelatihan Alat Musik Hadroh Guna Membentuk Karakter Anak-Anak Desa

Divisi agama justru lebih condong menjalankan program kerja berbasis Islam. Biasanya siswa dari divisi ini akan memasuki arena anak-anak yang sedang belajar Al-Qur’an di masjid atau mushola. Untuk itu diperlukan pengetahuan atau keterampilan agama yang mumpuni agar pembelajaran yang ditawarkan sesuai dengan syariat Islam.

Pembagian agama dapat mengajarkan sesuatu yang unik, yaitu memberikan pelajaran tentang alat musik adroh. Alat musik ini biasanya digunakan untuk mengiringi musik sholawat. Secara alami, dari pembelajaran ini akan terbentuk karakter islami pada anak. Dengan cara ini siswa akan menciptakan generasi muda yang taat beragama.

BACA JUGA:  mengapa praktik kkn termasuk pelanggaran ham

 

2. Meningkatkan Motivasi Warga Untuk Kesadaran Gotong Royong dalam Membangun Desa Menjadi Lebih Baik

Salah satu upaya mahasiswa KKN di bidang sosial kemasyarakatan adalah meningkatkan motivasi warga desa untuk semangat gotong royong. Semangat gotong royong bisa diawali dengan pembersihan tempat ibadah, pembangunan pagar dan lain sebagainya. Tentunya program seperti ini akan sangat bermanfaat bagi warga dalam rangka mempererat tali persaudaraan.

Memang dalam kenyataannya masyarakat desa sangat erat gotong royong, namun terkadang karena hiruk pikuk kebun, waktu panen hampir habis. Oleh karena itu, kehadiran mahasiswa KKN ini dapat menyatukan warga menjadi satu majelis sehingga lebih terbuka untuk berdiskusi. Ini akan menciptakan keakraban di antara penduduk desa.

 

3. Membuat Makanan dari Dari Bahan Dasar Ketela Menjadi Nugget Yang Bernilai Jual Tinggi

Kekayaan alam dalam kehidupan pedesaan memang sangat melimpah seperti singkong. Pohon singkong banyak ditanam masyarakat karena mudah perawatannya dan tidak membutuhkan banyak air. Namun kenyataannya harga singkong sangat rendah, sehingga perekonomian masyarakat desa pas-pasan.

Oleh karena itu, memiliki siswa yang memiliki banyak ilmu dapat memberikan solusi untuk meningkatkan perekonomian kerakyatan. Salah satu program unggulan divisi ekonomi adalah membuat bahan alam yang sederhana dan bernilai tinggi. Triknya bisa mengajari Anda cara membuat kroket singkong yang enak dan bergizi tentunya. Dengan cara ini harga jual singkong lebih berharga.

 

4. Memberikan Edukasi Tentang Manfaat Literasi Membaca dan Menulis Sebuah Kisah Sehari-Hari

Kemajuan suatu bangsa dapat dilihat dari kegemaran membaca atau literasi masyarakatnya. Hal ini dapat diterapkan pada mahasiswa KKN dengan memberikan edukasi tentang pentingnya literasi. Tentunya yang melakukan ini adalah divisi pendidikan yang notabene berasal dari fakultas tarbiyah.

Menawarkan pendidikan literasi bukan hanya tentang teori, dapat memberikan buku bacaan gratis. Memang hal ini akan sangat menyulitkan mahasiswa KKN karena dana untuk membeli buku juga terbatas. Namun, akan lebih baik untuk mencari donatur buku agar siswa lebih mudah membaca buku.

BACA JUGA:  Peran Vital Pemuda dalam Pengabdian Masyarakat Melestarikan Lingkungan dan Mengatasi Perubahan Iklim

 

5. Membantu Masyarakat dalam Membersihkan Area Sumber Mata Air Warga dan Selokan

Masyarakat pedesaan yang lebih terpencil lebih memilih mata air sebagai sarana mandi dan minum. Kebersihan daerah sumber air harus selalu dijaga agar kualitas air tetap bersih. Untuk itu, mahasiswa di bidang lingkungan harus menyusun jadwal kerja untuk membantu masyarakat membersihkan lingkungan.

Selain itu, mahasiswa KKN bidang lingkungan juga harus turun tangan membersihkan selokan tempat pembuangan air. Karena bila parit tersumbat maka akan menyebabkan banjir. Oleh karena itu, laporan pengabdian masyarakat dengan judul ini dapat memberikan manfaat baik bagi mahasiswa KKN maupun warga. Dengan cara ini, selain mendapat nilai bagus, warga desa juga dikenang.

 

Contoh Judul Laporan KKN Bagi Anggota Individu

Setelah membahas mengenai laporan KKN untuk kelompok, maka selanjutnya pembahasan mengenai laporan individu. Laporan individu ini biasanya menyesuaikan dengan program jurusan yang diambil di kampus. Lantas bagaimana contoh judul laporannya? Mari simak ulasan berikut:

1. Memberikan Pelatihan Membuat Pupuk Organik

Memberikan pelatihan membuat pupuk organik kepada masyarakat desa saat menjalani program KKN merupakan hal yang sangat bagus sekali. Sebab sebagian besar masyarakat masih saja menggunakan pupuk kimia. Dengan memberikan pelatihan pembuatan pupuk organik ini diharapkan masyarakat lebih bisa mengurangi ketergantungan menggunakan pupuk kimia.

2. Pelatihan Tentang Syair Berbahasa Arab Bagi Anak-Anak

Berbahasa asing seperti bahasa Arab memang sangat dibutuhkan di kehidupan sehari-hari. Untuk meningkatkan kualitas berbahasa anak-anak desa, maka program pelatihan syair bahasa Arab sangatlah bagus sekali. Untuk memulainya bisa dengan memberikan lagu berbahasa arab dan lain sebagainya. Kemudian metode yang digunakan bisa menggunakan proyektor, speaker aktif dan semacamnya itu.

3. Mengadakan Pelatihan Komputer Tentang Microsoft Office dan Cara Membuat Email

Program kerja selanjutnya yang bisa diterapkan di masyarakat desa adalah memberikan pelatihan mengenai teknologi komputer. Pelatihan ini tidaklah rumit yakni hanya mengajari bagaimana menulis di word dan cara membuat E-Mail. Biasanya mahasiswa yang mengadakan pelatihan ini berasal dari jurusan teknik elektro.

BACA JUGA:  pengetahuan apresiasi memiliki dua bentuk yaitu

4. Memberikan Siaran Tentang Dakwah Kontemporer

Masyarakat desa memang sangat erat agamanya sehingga jamaah majlisnya sangat banyak. Bagi para mahasiswa kkn dengan jurusan Komunikasi Penyiaran Islam bisa memberikan tontonan filem tentang dakwah kontemporer. Program seperti ini juga harus didampingi dengan kyai atau tokok desa guna menyesuaikan pemahamanan masyarakat.

5. Penyuluhan Terkait Komunikasi Yang Benar Bagi Para Remaja

Masa remaja merupakan masa dimana banyak perilaku dan perkataan terkadang menimbulkan kekasaran terhadap orang yang lebih tua. Untuk itu, bagi mahasiswa yang sedang melaksanakan pengabdian masyarakat di desa bisa lebih dekat dengan anak muda. Pendekatan di sini adalah sebagai sarana untuk memberikan nasihat tentang bagaimana menjaga perilaku yang baik dan berbicara.

6. Memberikan Motivasi Pentingnya Belajar Bagi Anak-Anak

Program kerja yang paling baik bagi mahasiswa spesialis psikologi adalah meningkatkan motivasi belajar bagi anak. Hal ini sangat penting dilakukan mengingat anak-anak zaman sekarang lebih suka bermain di ponsel daripada belajar. Oleh karena itu, program kerja siswa yang baik ini bisa menjadi cara agar anak-anak semangat belajar.

KKN merupakan kegiatan unik untuk mendapatkan banyak pengalaman langsung dari masyarakat. Dalam kondisi seperti ini, carilah ide untuk menulis bahan tesis Anda. Kelemahan dan kelebihan yang terjadi di masyarakat berguna untuk penelitian ilmiah selanjutnya dengan metodologi yang valid. Pengolahan data dan analisis data penelitian dapat dilakukan dengan aplikasi Eviews Amos Stata Lisrel SPSS Python R-Sstudio SmartPLS Minitab MatLab Mplus.

 

Demikian ulasan contoh judul laporan KKN yang harus diketahui oleh setiap mahasiswa KKN. Kemudian membuat laporan menurut departemen masing-masing dan sesuai dengan kegiatan yang dilakukan.

`