Sifat kemagnetan adalah

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “Sifat kemagnetan adalah”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “Sifat kemagnetan adalah”

Definisi Magnet

Magnet adalah bahan yang memiliki sifat khusus untuk menghasilkan gaya tarik dan tolak menolak jika ditemukan dengan bahan atau bahan khusus lainnya. Awalnya magnet ditemukan dari pertambangan logam dimana ditemukan logam dengan kemampuan menarik logam lain, meskipun tidak semua bahan logam dapat ditarik. Dari penemuan ini, ada logam yang menarik kuat, lemah, dan tidak tertarik sama sekali.

Sifat magnetik

Dalam prakteknya, magnet memiliki karakteristik atau sifat kemagnetan yang tidak dimiliki oleh benda atau bahan lain. Sifat kemagnetan menunjukkan bahwa suatu bahan dapat menjalankan fungsi dan tujuannya dalam konsep kerja magnet sesuai dengan pengertian magnet di atas. Berikut sifat-sifat magnet yang perlu diketahui Grameds agar dapat membedakan mana bahan yang bersifat magnet dan mana yang tidak:

1. Dapat Menarik Obyek Tertentu

Magnet tertarik pada benda-benda tertentu yang memiliki sifat khusus di sekitarnya. Itu berarti bahwa magnet tidak dapat menarik semua benda material di sekitarnya, tetapi hanya yang memiliki sifat khusus yang berkaitan dengan magnet. Bahan atau material yang dapat ditarik magnet misalnya jenis logam, meskipun tidak semua jenis logam dapat ditarik magnet dengan sempurna.

BACA JUGA:  contoh program kerja kkn fakultas ekonomi akuntansi

Hal ini tergantung dari jenisnya karena ada perbedaan bahan khusus tersebut dari tingkat kekuatan yang ditarik oleh magnet. Ada bahan yang dapat ditarik dengan kuat, tetapi ada juga bahan yang dapat ditarik dengan sangat lemah oleh magnet. Hal ini juga dapat dikaitkan dengan medan magnet yang juga merupakan salah satu sifat magnet.

2. Memiliki Dua kutub

Magnet harus memiliki dua kutub yaitu kutub positif dan kutub negatif yang terletak di ujung magnet. Di bagian itulah gaya magnet dapat menjalankan fungsinya menarik bahan-bahan khusus. Kutub positif dan negatif juga dapat kita sebut sebagai kutub magnet utara dan selatan, meskipun belum pernah ada penanda penamaan pada magnet. Lalu bagaimana cara mengetahui letak kutub utara dan selatan?

Grameds perlu mengetahui bahwa magnet akan selalu menghadap ke sisi utara bumi, dan kutub selatan magnet akan menghadap ke sisi selatan bumi. Mengapa kutub magnet dapat mengikuti arah bumi seperti itu? Hal ini terjadi karena pengaruh medan mumi yang sangat kuat. Medan magnet pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuwan Inggris terkemuka bernama William Gilbert pada tahun 1600.

William Gilbert mengungkapkan teori bahwa bumi berfungsi sebagai magnet terbesar atau batang magnet raksasa yang dapat mempengaruhi semua benda magnet di Bumi. Bumi memiliki medan elektromagnetik yang dikelilingi oleh inti cair atau besi cair dan nikel di mana listrik juga mengalir. Aliran ini menyebabkan medan magnet bumi sangat kuat sehingga menutupi seluruh bagian bumi dan ruang angkasa di sekitarnya. Kutub magnet utara bumi mengelilingi kutub selatan bumi, sedangkan kutub magnet selatan bumi mengelilingi kutub bumi.

Kutub utara dalam medan magnet dapat bebas bergerak ke utara akibat tarikan kutub selatan magnet bumi yang terletak di sekitar kutub utara bumi. Selanjutnya kutub selatan medan magnet dapat leluasa bergerak ke selatan karena tarikan kutub utara bumi yang berada di sekitar kutub selatan bumi. Jadi konsep medan adalah arah garis magenta dalam medan magnet bumi dari kutub selatan bumi ke kutub utara bumi.***

BACA JUGA:  Ringkasan Cerita Sejarah Candi Borobudur!! Keindahan Arsitektur Buddha yang Membuat Kamu Terkagum
`