Penyebab Program KKN Gagal Total, Simak Penyebabnya

Penyebab Program KKN Gagal Total, Simak Penyebabnya

RumahTeknologi.com – Siapa disini yang masuk tahap Mahasiswa kelas akhir? Biasanya yang saya maksud adalah KKN jika Anda tidak sibuk dengan skripsi Anda. Nah, program KKN mahasiswa ini sebenarnya sudah menjadi program wajib bagi mahasiswa untuk mengikuti salah satu syarat kelulusan. Tapi ada beberapa penyebab mengapa program KKN gagal total!

Merancang Program Organisasi sampai Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah kegiatan mahasiswa yang penting. Tahun ke 3 dan 4 biasanya disibukkan dengan program yang berhubungan dengan komunitas atau masyarakat.

Program ini berfokus pada perubahan dan inovasi yang berkelanjutan. Namun, inovasi yang dimulai tak lama setelah program itu dilaksanakan, dilupakan begitu saja.

Dari buku “Memasyarakatkan Ide-Ide Baru” karya Drs. Abdillah Hanafi (1986), terjemahan buku “Communication of Innovation” karya Everett Roggers dan F. Flyod Shoemaker,berikut poin yang kerap dilupakan dan jadi karena gagalnya inovasi tidak berkembang dalam masyarakat.

Agar kamu tidak gagal menjalankan program KKN nanti, itu dia! Yuk simak kenapa program KKN berikut gagal total!

Melawan Budaya Setempat

Nah, ini dia salah satu penyebab program KKN gagal total! Terkadang ada siswa yang kurang memahami budaya lokal. Akhirnya, mereka memaksa budaya asing masuk ke daerah tempat KKN berada.

Kebudayaan adalah kepribadian suatu masyarakat. Jadi kalau tidak paham dan malah memaksakan masuknya budaya asing ke daerah dengan KKN, kacau balau!

Jangan Fokus Sama Inovasi Aja!

Program KKN mahasiswa merupakan bagian dari program yang wajib diikuti di kampus, namun bukan berarti Anda harus membawa teori saja dalam KKN. Ketika Anda membawa program inovasi Anda ke dalam komunitas Anda, Anda perlu memposisikan diri Anda dengan baik.

BACA JUGA:  Jurusan Smk yang Gajinya Besar Setelah Lulus, Apa Saja?

Daripada menjalankan teori yang menjadi dasar program, lebih baik memahami dan beradaptasi dengan kebutuhan masyarakat. Jika kita memahami kebutuhan masyarakat, KKN akan berjalan dengan lancar!

Ansos Dengan Tokoh Masyarakat Setempat

Wah, ini wajib hukumnya ya! Tentu saja, jika Anda mengunjungi daerah baru, Anda harus terlebih dahulu sungkem dengan tokoh masyarakat. Tapi jangan hanya diam! Bangun hubungan yang baik dan cobalah untuk tetap berhubungan dengan mereka.

Percaya atau tidak, kelangsungan program akan terancam jika tokoh masyarakat tidak dirangkul. Karena orang cenderung mendengarkan orang yang dihormati.

Beda Orang, Beda Cara Berkomunikasinya Ya

Hmm… itu juga yang menyebabkan program KKN gagal total. Terkadang kita lupa bahwa orang yang berbeda berkomunikasi secara berbeda. Seperti halnya kondisi lain lagi pengobatan lain.

Sekarang, perbedaan status sosial dan tingkat pendidikan yang kita miliki di sini tentu mempengaruhi cara pandang kita. Anda harus memahami apa yang benar-benar dibutuhkan orang dan bagaimana mereka berpikir.

Untuk kelas bawah dan menengah, orientasi mereka adalah untuk memenuhi kebutuhan mereka. Berhati-hatilah agar tidak menimbulkan salah paham atau salah paham yang akan mengaburkan suasana.

Dengan kata lain, empat penyebab program KKN gagal total. Intinya, bagi yang sedang menempuh program KKN mahasiswa, ingatlah bahwa di mana bumi diinjak, di situ ada langit. Artinya kita harus tetap menghormati atau mengikuti adat atau budaya lokal yang kita kunjungi.