arus listrik hanya akan mengalir pada rangkaian

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “arus listrik hanya akan mengalir pada rangkaian”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “arus listrik hanya akan mengalir pada rangkaian”

Pengertian Arus Listrik 

Dalam bahasa Inggris, arus listrik disebut arus listrik. Arus listrik adalah aliran yang timbul karena adanya muatan elektron yang mengalir dari satu titik ke titik lain dalam suatu rangkaian.

Sebuah atom yang membawa arus listrik terdiri dari elektron dan proton. Elektron adalah muatan listrik yang menjadi bermuatan negatif dan memiliki fungsi membawa muatan untuk berpindah ke tempat lain. Sedangkan proton adalah muatan listrik bermuatan positif yang umumnya bergerak di dalam inti atom. Nilai arus listrik akan semakin besar dengan semakin besar nilai tegangan antara muatan elektron dan muatan proton.

Sistem Satuan Internasional memberikan satuan arus listrik sebagai ampere, yang merupakan aliran muatan listrik melintasi permukaan dengan laju satu coulomb per detik. Ampere (simbol: A) adalah satuan dasar SI Arus listrik diukur dengan menggunakan alat yang disebut ammeter.

Arus listrik menyebabkan pemanasan Joule, yang menciptakan cahaya dalam bola lampu pijar. Mereka juga menciptakan medan magnet, yang digunakan pada motor, generator, induktor, dan transformator.

Jenis Arus Listrik
Arus searah
Arus searah adalah arus listrik yang nilainya tidak berubah, yaitu positif atau negatif saja. Arus searah didefinisikan sebagai arus yang memiliki nilai tetap atau konstan terhadap satuan waktu. Meninjau arus listrik pada waktu yang berbeda, Anda akan tetap mendapatkan nilai yang sama. Sumber arus searah diperoleh dari elemen-elemen penyuplai listrik yang mengalir seragam setiap saat, seperti elemen volta, baterai, akumulator.

BACA JUGA:  Panduan Mempersiapkan Diri untuk Wawancara Magang yang Sukses

Arus bolak-balik
Arus bolak-balik adalah arus listrik yang arah arusnya berubah-ubah secara bolak-balik. Sifat arus bolak-balik berbeda dari arus searah karena arah arus tidak berubah seiring waktu. Bentuk gelombang arus AC biasanya berupa gelombang sinus, yang memungkinkan energi mengalir secara efisien. Arus AC juga dapat mengalir dalam bentuk gelombang segitiga atau persegi panjang. Pada umumnya penyaluran listrik AC dari sumber energi ke kantor atau rumah penduduk. Arus bolak-balik juga dibawa sebagai sinyal radio atau audio yang dibawa melalui kabel. Dalam aplikasi ini, tujuan utama yang paling penting adalah pemulihan informasi yang dimodulasi atau disandikan dalam sinyal AC.

Arah Arus

Panah arus searah digambarkan dalam diagram ke arah pergerakan partikel bermuatan positif (muatan positif) atau yang dikenal sebagai arus konvensional. Pembawa muatan positif akan berpindah dari kutub positif baterai ke kutub negatif. Pada kenyataannya, pembawa muatan dalam konduktor listrik adalah partikel elektron bermuatan negatif yang digerakkan oleh medan listrik yang mengalir berlawanan arah dengan arus konvensional. Sayangnya, karena alasan historis, konvensi berikut

Panah arus digambarkan searah dengan arah pergerakan seharusnya dari pembawa muatan positif, walaupun pada kenyataannya pembawa muatan adalah muatan negatif dan bergerak pada arah berlawanan.

Konvensi ini dapat digunakan dalam banyak keadaan karena gerak pembawa muatan positif dapat diasumsikan memiliki efek yang sama dengan gerak pembawa muatan negatif.

Kesimpulan

Arus listrik inilah yang membuat alat-alat yang menggunakan listrik bisa menyala atau dapat digunakan. Namun, arus listrik hanya dapat mengalir pada rangkaian listrik tertutup.