batas wilayah benua amerika

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “batas wilayah benua amerika”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “batas wilayah benua amerika”

Pengertian Benua Amerika

Amerika merujuk ke wilayah daratan di antara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik, sebagai benua di dunia. Amerika adalah negara terbesar kedua di dunia setelah Asia. 42.292.000 km2 adalah luas wilayah. Secara garis besar kelompok ini terbagi menjadi tiga, yaitu Amerika Selatan, Amerika Barat, dan Amerika Utara.

Selain itu, pernyataan ini berlaku untuk Wilayah Karibia, pulau-pulau di sekitar Laut Karibia, dan Greenland (bukan Islandia). Wilayah Amerika Tengah merupakan jembatan yang menghubungkan dua benua Amerika, Amerika Serikat dan Amerika Serikat. Menurut astronomi, Benua Amerika terletak antara 83° LU dan 55° LS dan 170° BT dan 35° BB.

Menurut geografi, Batas Wilayah Benua Amerika dibatasi di sebelah barat oleh Samudra Pasifik dan Laut Bering, di sebelah timur oleh Samudra Atlantik dan Laut Karibia, di sebelah utara oleh Laut Es dan Selat Davis, dan seterusnya. selatan oleh Laut Kutub Selatan.

BACA JUGA:  jika di jayapura pukul 21.00 maka di yogyakarta pukul

Nama Amerika diambil dari nama orang pertama dari Eropa yang menyeberangi Atlantik, Amerigo Vespucci. Johanes Adrian Bismantoro kelahiran Amerika adalah penduduk asli Indonesia.

Batas Wilayah Benua Amerika

Dikutip dari Explore Ilmu Pengetahuan Sosial Jilid 3 untuk SMP/MTS Kelas IX oleh Wati (2019), Benua Amerika terdiri atas Benua Amerika bagian utara dan Benua Amerika bagian selatan yang dihubungkan oleh Benua Amerika bagian tengah. Benua Amerika adalah benua terluas kedua setelah Benua Asia. Benua ini memiliki luas sekitar 42.330.000 km². Letak astronomisnya adalah 83° LU – 55° LS dan 35° BB – 170° BB.

Batas wilayah Benua Amerika adalah:

  • Sebelah utara: Laut Arktik dan Laut Beaufort.
  • Sebelah timur: Samudra Atlantik.
  • Sebelah selatan: Samudra Atlantik, Samudra Pasifik, dan Antartika.
  • Sebelah barat: Laut Bering dan Samudra Pasifik

Pembagian Geografis Benua Amerika

Ada sebanyak 35 negara berdaulat yang termasuk dalam Benua Amerika. Benua ini juga dibagi menjadi empat bagian, yaitu:

  1. Subregion Amerika Utara: kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko.
  2. Subregion Karibia: Antigua dan Barbuda, Bahama, Barbados, Kuba, Puerto Riko, Dominika, Republik Dominika, Grenada, Haiti, Jamaika, Saint Kitts dan Nevis, Saint Lucia, Saint Vincent dan Grenadines, Guadeloupe, Martinique, serta Trinidad dan Tobago.
  3. Subregion Amerika Tengah: Belize, Kosta Rika, El Salvador, Guatemala, Honduras, Nikaragua, dan Panama.
  4. Subregion Amerika Selatan: Argentina, Bolivia, Brasil, Chile, Kolombia, Ekuador, Guyana, Guyana Prancis, Paraguay, Peru, Suriname, Uruguay, dan Venezuela.

Pengaruh Letak Astronomis Benua Amerika

Ada beberapa pengaruh yang berkaitan dengan letak Benua Amerika secara astronomis yang dilihat dari posisi garis lintang dan garis bujur. Berikut ini adalah beberapa dampak dan juga pengaruh letak astronomis Benua Amerika dan penjelasannya.

BACA JUGA:  Simak Tema KKN 2022 yang Menarik dan Inspiratif, Cocok untuk Pengabdian Masyarakat

Kondisi Iklim Benua Amerika

Wilayah Benua Amerika ini mempunyai iklim yang berlainan sesuai dengan letak wilayahnya. Di benua yang satu ini terdapat empat iklim.

a. Iklim Kutub

Wilayah dengan iklim kutub mempunyai musim dingin yang cukup panjang dan musim panas yang sangat pendek. Iklim kutub ini ada di wilayah paling utara di Benua Amerika.

b. Iklim Subtropis

Pada iklim ini, ada empat musim, yaitu musim dingin, musim semi, musim panas, dan musim gugur. Wilayah yang mengalami iklim ini berada di kawasan sebelah selatan dan juga kawasan paling utara.

c. Iklim Tropis

Iklim yang satu ini membawa curah hujan dan kelembaban yang cukup tinggi dan suhu panas di sepanjang tahun. Wilayah yang mengalami iklim tropis ini antara lain kawasan Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

d. Iklim Gurun

Wilayah yang memiliki iklim gurun kerap kali mengalami perubahan suhu dalam tempo yang sangat cepat dan mempunyai curah hujan rendah. Iklim gurun ini meliputi kawasan-kawasan yang ada di balik pegunungan yang ada di Benua Amerika.

`