ciri ciri surat lamaran pekerjaan

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “ciri ciri surat lamaran pekerjaan”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “ciri ciri surat lamaran pekerjaan”

Pengertian surat resmi

Tuturan formal adalah tuturan yang digunakan untuk keperluan resmi atau formal oleh entitas tertentu, baik itu perorangan, organisasi, lembaga atau instansi untuk saling berkomunikasi secara formal.

Surat resmi ini sendiri ditulis berdasarkan aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan, seperti penggunaan bahasa yang baku, isi surat harus jelas dan efektif, serta ditulis dengan cermat sesuai kebutuhan.

Meskipun surat formal sering digunakan untuk keperluan pribadi, namun selalu ditulis sesuai dengan format dan aturan tertentu. Salah satu contoh surat resmi yang digunakan secara pribadi adalah surat undangan pernikahan.

b. Tujuan surat resmi
Tujuan dari surat resmi yang dikeluarkan adalah untuk menyampaikan kebutuhan berupa pemberitahuan, izin, penugasan, pengumuman, dan lain-lain kepada personalia perusahaan dan instansi terkait. Penulisan dalam surat resmi ini harus menggunakan format formal tertentu dengan menggunakan bahasa baku.

c. fungsi surat resmi
Surat formal mengandung fungsi tertentu yang tidak dapat Anda temukan pada jenis surat lainnya. Mengacu pada pengertian tuturan formal yang telah diuraikan di atas, berikut adalah beberapa fungsi tuturan formal, antara lain:

BACA JUGA:  Berikut Manfaat Merkuri dalam Kehidupan Sehari Hari

1. Sebagai sarana informasi dan pelaporan tentang suatu hal yang dialihkan dari satu pihak ke pihak lain, misalnya penyampaian suatu ide atau gagasan.

2. Surat resmi dapat berfungsi sebagai alat bukti tertulis yang benar-benar dapat dipercaya berupa dokumen yang isinya dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan.

3. Sebagai pedoman kerja dalam melaksanakan suatu kegiatan atau kegiatan dimana surat dinas ini memuat langkah-langkah kerja untuk suatu pekerjaan tertentu.

4. Sebagai sarana untuk mengingatkan penerima pesan baik individu, lembaga maupun organisasi. Oleh karena itu surat dinas ini harus didokumentasikan agar dapat dijadikan data di kemudian hari.

5. Menjadi bukti sejarah disamping bukti kronologis.

Walaupun sekarang sudah banyak fasilitas teknologi seperti email atau email, dan lain-lain, peranan surat dinas dalam bentuk publikasi tetap selalu dibutuhkan oleh masyarakat yang berkebutuhan khusus, baik itu kebutuhan bisnis, notifikasi, komersial. kebutuhan, atau sejumlah kebutuhan lainnya.

Ciri-ciri surat resmi :

Menggunakan kop surat yang mencakup nama organisasi, alamat, no telepon dan surel
Memiliki nomor, lampiran (optional) dan perihal
Memiliki salam pembuka dan penutup yang sopan
Memakai bahasa baku dalam pembuatan
Memiliki cap berupa lembaga serta tandatangan

Ciri-ciri surat lamaran :

Memiliki tempat dan tanggal pembuatan surat lamaran
Memiliki lampiran dan perihal. Keduanya tidak ditulis singkat
Memiliki alamat yang akan dituju
Memiliki salam pembuka dan penutup
Memiliki identitas pelamar, tujuan, dan memberitahu terdapat lampiran
Memiliki tanda tangan serta nama terang pelamar itu sendiri.

Surat merupakan salah satu media yang sudah ada sejak zaman dahulu. Media ini digunakan untuk berkomunikasi antara orang dengan orang lain. Selain itu, dapat juga digunakan sebagai bentuk pembuktian bahwa seseorang pernah melakukan sesuatu dengan ciri-ciri tertentu.

BACA JUGA:  contoh program kerja kkn bidang pendidikan bahasa inggris

Surat mengandalkan tulisan tangan manusia. Baik itu beraksara daerah, atau huruf alphabet. Tergantung bagaimana komunikasi kedua belah pihak tersebut.

Berikut adalah contoh dari surat :

  • Surat pribadi
  • Surat dinas
  • Surat lamaran pekerjaan
  • Surat izin tidak masuk ke sekolah
  • Surat kagum
  • Surat benci
  • Surat cinta
  • Surat kerja
  • Surat kesehatan
  • Surat pernyataan kesehatan

Sebelumnya, surat resmi merupakan surat yang bersifat resmi karena ditulis atas nama seseorang atau instansi ke instansi atau seseorang pula dengan kop, dan tandatangan serta lampiran yang membuktikan bahwa tersebut valid.

Sedangkan, surat lamaran pekerjaan merupakan surat resmi yang ditulis atas nama seseorang kepada instansi dengan tujuan untuk melamar suatu pekerjaan yang sedang diiklankan oleh perusahaan.***