Berikut Pengertian Neraca Analitik, Kelebihan, dan Cara Menggunakannya

Berikut Penjelasan Neraca Analitik: Pengertian, Kelebihan, dan Cara Menggunakannya dengan Baik dan Benar

RumahTeknologi.com – Penjelasan Neraca analitik tentunya merupakan salah satu alat laboratorium yang sangat kita kenal saat bekerja di laboratorium. Neraca atau timbangan memiliki fungsi yang sama, rata-rata orang akan lebih mengenal neraca analitik ini dengan timbangan. Namun, neraca analitik memiliki banyak keuntungan yang biasanya tidak dimiliki oleh timbangan.

Neraca Analitik

Neraca analitik adalah timbangan digital yang digunakan untuk mengukur massa suatu zat atau bahan kimia tertentu. Secara umum, kita akan menemukan alat neraca analitik ini dengan mudah di setiap laboratorium karena fungsi alat ini sangat mendasar, yaitu sebagai pemberat kimia.

Meskipun terlihat seperti timbangan normal, fungsi timbangan analitik sangat berbeda dengan fungsi timbangan normal. Bahkan jika kita melihat harga timbangan analitik ini dengan harga timbangan yang digunakan di dapur, tentunya harganya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan timbangan analitik. Ini karena beberapa fitur yang dimiliki neraca analitik yang tidak dimiliki oleh neraca reguler.

Kelebihan dan Kekurangan Neraca Analitik

Seperti disebutkan di atas, nerca analitik memiliki kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan neraca reguler.

Setiap timbangan analitik memiliki tingkat ketelitian tersendiri sesuai dengan spesifikasinya. Anda dapat menemukan neraca analitik dengan presisi hingga 4 atau 5 digit setelah koma. Tentu saja, Anda tidak dapat menemukan ini dalam skala normal. Ini karena skala normal biasanya hanya memiliki satu angka setelah koma. Fungsi yang sangat akurat ini sangat berguna untuk menghitung massa materi dan menggunakannya dalam reaksi.

Karena sifat reaksi kimia, diperlukan jumlah zat yang sangat tepat, sehingga massa zat harus ditentukan dengan cermat pada neraca analitik ini.

BACA JUGA:  Tegese pager mangan tanduran

Selain itu, menggunakan timbangan analitik juga sangat mudah dan praktis, serta Anda tidak perlu menekan banyak tombol untuk melakukan penimbangan. Ini sangat menyederhanakan penimbangan bahan kimia padat yang sensitif.

Namun, seperti disebutkan di atas, kelemahan timbangan analitik ini adalah harganya berkali-kali lipat lebih mahal daripada timbangan standar. Namun, ini tentu lebih sesuai dengan kemampuan saldo analitik khusus daripada saldo biasa.

Selain itu, timbangan analitik juga memerlukan kalibrasi secara teratur. Tujuan kalibrasi ini adalah untuk memastikan bahwa perhitungan neraca analitik disesuaikan menggunakan perhitungan berdasarkan standar internasional dan kalibrasi meminimalkan penimbangan.

Kelemahan lain dari neraca analitik adalah bahwa mereka hanya dapat digunakan untuk menimbang zat dalam jumlah terbatas. Timbangan analitik tidak dapat digunakan untuk menimbang zat dalam jumlah besar. Menimbang benda berat akan merusak sistem keseimbangan analitik.

Cara Menggunakan Neraca Analitik

Timbangan analitik sangat mudah digunakan, tetapi menimbang bahan pada neraca analitik memerlukan bantuan alat kaca arloji.

Letakkan kaca arloji di atas dasar timbangan timbangan analitik. Selain itu, ini sangat nyaman jika neraca spesimen memiliki slip penutup. Hal ini karena pengukuran neraca analitik dapat mendeteksi perubahan massa yang sangat kecil, dan tanpa penutup, keberadaan udara dapat mempengaruhi nilai perhitungan neraca analitik.

Tutup kaca penutup neraca analitik dan diamkan sampai diperoleh pembacaan yang stabil. Setelah massa stabil diperoleh, tekan tombol “tare” atau “0” pada neraca analitik. Tombol ini membantu meniadakan perhitungan massa neraca analitik dengan adanya kaca arloji. Kondisi ini memudahkan untuk menghitung massa bahan kimia penimbangan.

Kemudian buka tutup kaca dan gunakan spatula untuk memasukkan benda yang akan ditimbang secara perlahan ke dalam kaca arloji.

BACA JUGA:  makanan yang biasa dikonsumsi di suatu daerah disebut

Hal ini dimaksudkan untuk mencegah kelebihan bahan dalam pengukuran, karena lebih baik menambahkan bahan ke kaca arloji daripada menguranginya. Tambahkan lebih banyak bahan sampai Anda mendapatkan massa yang Anda inginkan. Jika sudah, tutup kaca penutup dan diamkan beberapa saat hingga diperoleh massa yang stabil.

Ini adalah artikel lengkap yang dapat memberi Anda apa arti neraca analitik, kelebihan, kekurangannya, dan cara menggunakannya. Saya harap posting ini akan membantu mereka yang mengalami kesulitan.