Kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh mahasiswa untuk memperoleh pengalaman nyata dalam menerapkan ilmu yang telah dipelajari di perkuliahan. Salah satu contoh kegiatan KKN yang dilakukan di desa adalah pengolahan limbah minyak jelantah menjadi lilin dan sabun.
Kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh mahasiswa untuk memperoleh pengalaman nyata dalam menerapkan ilmu yang telah dipelajari di perkuliahan. Salah satu contoh kegiatan KKN yang dilakukan di desa adalah pengolahan limbah minyak jelantah menjadi lilin dan sabun.

Contoh Kegiatan KKN di Desa dengan Melaksanakan Pengolahan Limbah Minyak Jelantah Menjadi Lilin dan Sabun

rumahteknologi.com – Kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh mahasiswa untuk memperoleh pengalaman nyata dalam menerapkan ilmu yang telah dipelajari di perkuliahan. Salah satu contoh kegiatan KKN yang dilakukan di desa adalah pengolahan limbah minyak jelantah menjadi lilin dan sabun.

Pengolahan limbah minyak jelantah menjadi lilin dan sabun merupakan alternatif yang ramah lingkungan untuk mengatasi masalah limbah minyak jelantah yang selama ini seringkali tidak termanfaatkan dengan baik. Limbah minyak jelantah merupakan salah satu limbah rumah tangga yang cukup berbahaya bagi lingkungan karena dapat menimbulkan polusi udara dan tanah.

Dalam contoh kegiatan KKN di desa, mahasiswa dapat mengajarkan cara pengolahan limbah minyak jelantah menjadi lilin dan sabun kepada masyarakat setempat. Proses pengolahan tersebut meliputi beberapa tahap, di antaranya adalah:

Proses pengolahan limbah minyak jelantah menjadi lilin dan sabun dimulai dengan pengumpulan limbah minyak jelantah yang telah digunakan. Limbah minyak jelantah dikumpulkan dan disimpan dalam wadah tertutup untuk menjaga kebersihan dan menghindari bau yang tidak sedap. Kemudian limbah minyak jelantah dipisahkan dari kotoran dan benda asing yang menempel sebelum dilakukan proses pengolahan.

Proses pengolahan dimulai dengan pemanasan limbah minyak jelantah yang telah dibersihkan dan dipisahkan. Limbah minyak jelantah kemudian dicampur dengan bahan-bahan tertentu seperti natrium hidroksida dan air untuk menghasilkan sabun. Sedangkan untuk membuat lilin, limbah minyak jelantah dicampur dengan bahan-bahan seperti parafin dan pewarna.

Setelah proses pengolahan selesai, limbah minyak jelantah yang telah diolah menjadi sabun dan lilin diproses lebih lanjut untuk membentuk produk akhir yang siap digunakan. Pembentukan lilin dan sabun dilakukan dengan cara membentuk campuran limbah minyak jelantah dan bahan-bahan lainnya ke dalam cetakan dan dibiarkan mengeras.

BACA JUGA:  Ringkasan 3 Cerita Fabel Pendek yang Penuh Makna untuk Diteladani

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa dengan melaksanakan pengolahan limbah minyak jelantah menjadi lilin dan sabun memiliki manfaat yang sangat besar. Berikut adalah beberapa manfaat dari kegiatan tersebut:

1.  Menyelesaikan masalah lingkungan

Dengan mengolah limbah minyak jelantah menjadi lilin dan sabun, limbah yang sebelumnya menjadi masalah lingkungan dapat diolah menjadi bahan yang berguna. Hal ini membantu mengurangi pencemaran lingkungan dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

2. Meningkatkan keterampilan

Melalui kegiatan pengolahan limbah minyak jelantah menjadi lilin dan sabun, para peserta KKN dapat meningkatkan keterampilan dalam pengolahan limbah dan pembuatan produk lilin dan sabun. Keterampilan ini dapat berguna bagi peserta KKN dalam kehidupan sehari-hari atau bahkan sebagai peluang bisnis di masa depan.

3. Membantu meningkatkan ekonomi masyarakat

Dalam kegiatan KKN di desa, produk lilin dan sabun yang dihasilkan dapat dijual ke masyarakat sekitar. Hal ini dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat setempat dengan memberikan peluang usaha baru dan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

4. Memberikan edukasi lingkungan

Program KKN di desa dengan pengolahan limbah minyak jelantah menjadi lilin dan sabun juga dapat memberikan edukasi lingkungan bagi masyarakat setempat. Para peserta KKN dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang cara pengolahan limbah yang benar dan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

5. Memberikan kontribusi sosial

Melalui kegiatan pengolahan limbah minyak jelantah menjadi lilin dan sabun, para peserta KKN memberikan kontribusi positif untuk masyarakat dan lingkungan sekitar. Hal ini dapat membantu memperkuat rasa kebersamaan dan solidaritas antara para peserta KKN dan masyarakat setempat.

Dengan melihat beberapa manfaat tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegiatan KKN di desa dengan pengolahan limbah minyak jelantah menjadi lilin dan sabun sangat bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat setempat. Hal ini juga menunjukkan bahwa kegiatan KKN dapat menjadi sarana yang efektif dalam memberikan kontribusi positif bagi warga desa setempat.

BACA JUGA:  Mahasiswa Wajib Tahu, Contoh Laporan Keuangan KKN yang Benar dan Tips Membuatnya

Dengan demikian, contoh kegiatan KKN di desa dengan melaksanakan pengolahan limbah minyak jelantah menjadi lilin dan sabun tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan, tetapi juga dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat. Melalui edukasi dan pengembangan usaha pengolahan limbah minyak jelantah, diharapkan masyarakat dapat menghasilkan produk yang berkualitas dan ramah lingkungan serta mengurangi masalah limbah di lingkungan sekitar.

`