mengapa benda yang dimasukkan ke dalam freezer dapat membeku jelaskan
mengapa benda yang dimasukkan ke dalam freezer dapat membeku jelaskan

mengapa benda yang dimasukkan ke dalam freezer dapat membeku jelaskan

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “mengapa benda yang dimasukkan ke dalam freezer dapat membeku jelaskan”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “mengapa benda yang dimasukkan ke dalam freezer dapat membeku jelaskan”

Pengertian Suhu

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), suhu didefinisikan sebagai ukuran kuantitatif suhu, panas atau dingin, dan diukur dengan menggunakan termometer. Suhu adalah besaran yang akan menyatakan derajat dingin dan panas suatu benda. Selain dapat dinyatakan secara kualitatif, temperatur juga dapat dinyatakan secara kuantitatif dalam derajat tertentu.

Tri Cahyono (2007) dalam buku Kesehatan Udara menyatakan bahwa suhu adalah keadaan udara yang hangat dan dingin. Daerah tropis memiliki suhu udara terpanas di bumi, dan semakin jauh Anda dari kutub, semakin rendah suhu udaranya.

Jadi, jika berdasarkan medannya, dataran rendah cenderung memiliki suhu yang lebih tinggi dibandingkan dataran tinggi. Semakin tinggi permukaan tanah, semakin rendah suhunya. Ibarat hawa dingin akan terasa menusuk tulang jika berada di gunung.

Kemudian dalam Encyclopædia Britannica juga disebutkan bahwa suhu adalah ukuran panas atau dingin yang dinyatakan dalam skala sembarang. Dimana skala tersebut menunjukkan bahwa suhu hangat yang memiliki energi tinggi akan mengalir ke suhu yang lebih rendah atau lebih dingin. Oleh karena itu, suhu juga dapat dinyatakan sebagai ukuran kualitatif suatu benda. Temperatur ini dapat diukur karena adanya energi kinetik pada suatu benda. Jadi, semakin tinggi energi kinetik suatu benda, maka suhunya akan semakin tinggi.

BACA JUGA:  untuk mengetahui tingkat kelincahan seseorang biasanya diberikan tes dengan

Jadi jika dilihat dari konteks penguapan, suhu juga berperan sangat penting dalam proses kimiawi di udara. Semakin tinggi suhu suatu udara, semakin banyak air yang menguap, serta uap air yang tertahan, dan ini juga mempercepat reaksi kimia di udara.

Sebaliknya semakin rendah suhu udara maka daya ikat uap air juga rendah sehingga menyebabkan udara menjadi jenuh dengan uap air. Akibatnya, ketika udara telah mencapai batas atasnya, akan terjadi kondensasi dan hujan akan turun.

Faktor yang mempengaruhi suhu
Berdasarkan pengertian suhu yang telah dijelaskan di atas, dapat diketahui bahwa suhu suatu benda dapat berubah menjadi panas atau dingin. Tentu ada banyak hal yang menyebabkan suatu benda memiliki suhu rendah atau tinggi.

Handoko dalam buku Pengenalan Unsur Cuaca di Stasiun Klimatologi Pertanian menyebutkan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi suhu. Berikut ini adalah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi suhu di permukaan bumi, antara lain:

  • Jumlah radiasi yang diterima suatu benda perhari, perbulan, pertahun, serta permusim.
  • Adanya pengaruh tempat, yaitu daratan atau lautan
  • Adanya pengaruh dari ketinggian tempat dari permukaan bumi
  • Dipengaruhi secara tidak langsung oleh pembawaan angin, apakah angin yang membawa panas atau dingin.
  • Adanya pengaruh panas laten , yakni panas yang disimpan di dalam atmosfer bumi
  • Adanya pengaruh dari penutup tanah, di mana tanah yang ditutupi vegetasi temperaturnya akan lebih rendah dibandingkan dengan tanah yang tanpa vegetasi.
  • Tipe tanah juga mempengaruhi suhu, semakin gelap tanah maka semakin tinggi pula indeks suhunya, begitu juga sebaliknya.
  • Sudut datangnya sinar matahari juga mempengaruhi suhu. Sudut datangnya sinar matahari yang lurus, akan jauh lebih panas jika dibandingkan dengan yang sudut datangnya matahari dari arah miring.
BACA JUGA:  apa fungsi bagian ekor dari sperma manusia

Kesimpulan

mengapa benda yang dimasukkan ke dalam freezer dapat membeku jelaskan?

Jawaban: karena terjadinya penurunan suhu pada freezer dan menjadikan benda didalamnya mengalami pendinginan hingga 0° dan membeku seperti es.***

`