Magang dan PKL, Apa Perbedaannya? Yuk Cari Tahu

Magang dan PKL, Apa Perbedaannya? Yuk Cari Tahu

Magang dan PKL, Apa Perbedaannya? Yuk Cari Tahu

Jika kamu seorang siswa SMK atau mahasiswa, suatu saat nanti kamu akan menghadapi pengalaman magang atau PKL (Praktik Kerja Lapangan).

Magang dan PKL adalah istilah yang sering digunakan dalam dunia pendidikan, baik di tingkat sekolah maupun universitas. Namun, apakah kamu tahu perbedaan antara magang dan PKL?

1. Arti Magang

Magang, atau lebih dikenal dengan istilah internship dalam bahasa Inggris, merupakan program di mana peserta magang dapat belajar sambil berlatih kerja di dunia industri atau usaha. Dalam magang, peserta bekerja langsung di sebuah perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

Perusahaan yang menerima peserta magang memiliki tanggung jawab untuk memberikan tugas dan membimbing mereka selama program magang berlangsung. Sebagai peserta magang, kamu akan mendapatkan bimbingan langsung dari perusahaan tempat kamu magang.

Setelah program magang selesai, perusahaan akan memberikan penilaian terhadap kinerja kamu selama magang. Penilaian ini penting sebagai bukti bahwa kamu telah berhasil menjalani program magang dengan baik.

Magang umumnya dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir atau siswa SMK pada kelas tertentu. Beberapa universitas memasukkan magang sebagai mata kuliah wajib bagi mahasiswa. Dengan demikian, nilai akademik peserta dapat dipengaruhi oleh hasil magang tersebut.

Di SMK, magang merupakan kegiatan yang wajib dan menjadi program unggulan sekolah. Melalui magang, siswa SMK dapat mempraktekkan apa yang telah mereka pelajari di sekolah dan mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja.

BACA JUGA:  Prinsip-Prinsip dalam Melaksanakan Program dan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat

2. Arti Praktik Kerja Lapangan (PKL)

Bagaimana dengan PKL atau Praktik Kerja Lapangan? Pada dasarnya, magang dan PKL adalah hal yang sama. Perbedaan utama terletak pada penggunaan istilah tersebut.

Istilah PKL lebih umum digunakan di tingkat SMK dan diploma. Sementara itu, istilah magang atau internship lebih umum digunakan di tingkat S1 dan S2.

Secara substansi, kedua istilah ini merujuk pada kegiatan yang sama, hanya penggunaan istilahnya yang berbeda. Lalu, apa tujuan magang atau PKL ini?

Tujuan dan Manfaat Magang Online untuk Mahasiswa dan Siswa SMK

Tujuan magang bagi mahasiswa tidak jauh berbeda dengan tujuan atau manfaat PKL bagi siswa SMK. Magang, termasuk magang online, dapat menjadi jembatan antara pendidikan formal dengan dunia kerja atau industri.

Setelah menyelesaikan program magang online, kamu akan lebih siap untuk bekerja. Hal ini karena kamu telah memiliki pengalaman dalam mengikuti program magang tersebut. Selain itu, ada manfaat lain yang dapat kamu dapatkan, antara lain:

1. Mengimplementasikan Ilmu ke Pekerjaan

Terkadang, ilmu teori yang dipelajari di kampus atau sekolah tidaklah cukup. Kamu perlu belajar bagaimana mengimplementasikan ilmu tersebut dalam kegiatan kerja yang nyata.

2. Meningkatkan Hard Skill

Selama mengikuti magang online di Gamelab.ID, kamu akan mempelajari keterampilan baru atau meningkatkan keterampilan yang sudah kamu miliki sebelumnya. Selama program magang, kamu akan belajar banyak hal selama sesi pelatihan.

Kamu juga akan mempraktikkan apa yang telah kamu pelajari selama sesi pelatihan dalam proyek-proyek yang nyata. Hal ini akan membantu meningkatkan hard skill kamu, seperti kemampuan pemrograman, analisis data, desain grafis, dan sebagainya.

3. Meningkatkan Soft Skill

Selain hard skill, magang online juga dapat membantu meningkatkan soft skill kamu. Selama magang, kamu akan berinteraksi dengan tim dan atasan di perusahaan tempat kamu magang. Hal ini akan membantu kamu mengembangkan keterampilan komunikasi, kerjasama tim, pemecahan masalah, dan kepemimpinan.

BACA JUGA:  Inilah 5 Tips Sukses Magang untuk Meraih Kesuksesanmu dalam Dunia Kerja!

4. Membangun Jaringan Profesional

Magang online juga memberikan kesempatan untuk membangun jaringan profesional. Kamu akan bertemu dengan orang-orang yang bekerja di industri yang sama dan dapat memperluas jaringan kamu. Jaringan ini dapat sangat berharga di masa depan ketika kamu mencari pekerjaan atau ingin berkolaborasi dalam proyek-proyek lain.

5. Mendapatkan Pengalaman Kerja

Tentu saja, manfaat utama dari magang online adalah mendapatkan pengalaman kerja yang berharga. Pengalaman ini akan menjadi modal yang sangat berharga ketika kamu melamar pekerjaan di masa depan. Kamu akan memiliki catatan magang yang dapat kamu sertakan dalam CV atau resume kamu.

Meskipun ada perbedaan istilah antara magang dan PKL, secara substansi keduanya merujuk pada kegiatan yang sama. Magang atau PKL memberikan kesempatan bagi mahasiswa dan siswa SMK untuk belajar dan berlatih di dunia kerja sebelum benar-benar memasuki pasar kerja.

`