kelebihan dan kelemahan penerapan pancasila masa orde baru

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “kelebihan dan kelemahan penerapan pancasila masa orde baru”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “kelebihan dan kelemahan penerapan pancasila masa orde baru”

Memahami Demokrasi Pancasila
Pentingnya demokrasi Pancasila dapat dilihat secara kongkrit dan umum. Secara khusus pengertian demokrasi ini dapat ditemukan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang menyatakan bahwa demokrasi pancasila adalah demokrasi berdasarkan sila-sila pancasila dipandang secara keseluruhan.

Secara umum konsep demokrasi pancasila merupakan pengertian demokrasi berdasarkan prinsip-prinsip yang terkandung dalam pancasila. Demokrasi ini merupakan paham yang sudah lama diyakini oleh bangsa Indonesia. Di sisi lain, pengertian pengertian demokrasi jelas bersumber dari prinsip-prinsip yang terkandung dalam Pancasila.

Pancasila memang merupakan gambaran yang jelas tentang karakteristik bangsa Indonesia dari zaman dulu hingga sekarang. Secara umum, pancasila merupakan hasil pemikiran dan kaidah yang berlaku sejak dahulu kala dan diterapkan dalam segala aspek kehidupan masyarakat. Sebagai salah satu tokoh Indonesia, Bunhatta berperan penting dalam kemunculan Pancasila. Pancasila telah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagaimana dibahas dalam buku Mo Hatta Demokrasi Pancasila.

Berikut ini adalah 7 kelemahan penerapan Pancasila masa orde baru.

  • Munculnya kesenjangan sosial dalam masyarakat Indonesia.
  • Maraknya KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme).
  • Banyaknya pelanggaran HAM yang terjadi.
  • Pemerintah orde baru cenderung bersifat otoriter, yaitu presiden memiliki kekuasaan yang sangat besar dalam mengatur jalannya pemerintahan.
  • Demokrasi enggak terlaksana dan Golongan Karya (Golkar) dianggap menjadi alat politik untuk mencapai stabilitas yang diinginkan.
  • Kesenjangan pembangunan pada suatu daerah
  • Terjadi sifat diskriminatif terhadap masyarakat TiongHoa
BACA JUGA:  yakin bahwa surat al-ma'un bagian dari alquran

berikut ini adalah 7 kelebihan penerapan Pancasila masa orde baru.

  • Dibentuknya sejumlah lembaga negara sesuai dengan UUD 1945.
  • Angka kemiskinan menurun dan kebutuhan pangan masyarakat tercukupi.
  • Pembangunan ekonomi berjalan dengan baik serta pertumbuhan ekonomi yang tinggi.
  • Kedaulatan rakyat sepenuhnya ditegakkan melalui pelaksanaan pemilihan umum yang enggak terlaksana pada masa orde lama.
  • Suksesnya program-program pembangunan masyarakat di berbagai bidang, seperti program belajar, transmigrasi, dan sebagainya.
  • Tercapainya tujuan repelita (Rencana Pembangunan Lima tahun)
  • Terwujudnya dalam menumbuhkan gerakan wajib belajar

Pengertian Demokrasi Pancasila Menurut Para Ahli

Prof. Dardji Darmo Diharjo
Menurut Prof. Dardji Darmo Diharjo, demokrasi Pancasila adalah suatu paham demokrasi yang sumbernya berasal dari kepribadian dan falsafah hidup dari bangsa Indonesia, kemudian perwujudannya sudah tercantum di dalam Pembukaan UUD 1945.

Prof. Notonegoro
Prof Notonegoro mengtakan bahwa demokrasi Pancasila adalah kerakyatan yang dipimpin oleh kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan yang ber-Ketuhanan Yang Maha Esa, berperikemanusiaan yang adil dan beradab, mempersatukan Indonesia, dan berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Drs.C.S.T.Kansil, SH.
Drs.C.S.T. Kansil, SH mengatakan bahwa demokrasi Pancasila adalah suatu kerakyatan yang dipimpin leh kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan, kemudian sila keempat dari dasar negara Pancasila sudah tercantum di dalam Pembukaan UUD 1945 aline ke-4.

Asas-asas Demokrasi Pancasila

Gagasan dan keputusan penting harus didasarkan pada prinsip. Prinsip-prinsip yang berlaku dalam demokrasi pancasila adalah:

1. Asas Kerakyatan
Prinsip kerakyatan adalah prinsip yang melatarbelakangi persepsi kecintaan terhadap sesama, yang juga memiliki semangat kerakyatan berupa takdir atau cita-cita. Dalam prinsip kerakyatan, artinya demokrasi Pancasila akan memiliki rasa cinta, bersatu dengan rakyat, dan menciptakan persatuan untuk mencapai tujuan.

2. Asas Musyawarah
Asas musyawarah adalah asas yang menghimpun suara dan niat rakyat dalam musyawarah. Hal ini dilakukan untuk mengkonsolidasikan pendapat yang berbeda untuk mencapai kesepakatan bersama berdasarkan kasih sayang, pengorbanan dan kesejahteraan semua anggota.

BACA JUGA:  berikut ini termasuk persiapan pementasan drama

3. Asas Penjaminan HAM
Negara yang berlandaskan demokrasi pancasila menjunjung tinggi hak asasi manusia. Semua anggota masyarakat dianggap memiliki status sosial yang sama, artinya mereka tidak didiskriminasi.***