Quotes Saham

Quotes Saham, Jenis, dan Keuntungannya

Apakah Anda sedang mencari quotes saham? Tentu saja sangat mudah untuk menemukannya mengingat sekarang ini internet bisa jadi sebuah tempat dalam mengakses berbagai informasi sesuai kebutuhan penggunanya. Dengan begitu, jangan sampai ketinggalan mendapatkannya.

Kenali Dahulu Apa itu Saham

Quotes Saham

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), saham berarti hak yang orang miliki atas perusahaan berkat adanya penyerahan bagian modal sehingga dianggap sudah berbagi dalam hal kepemilikan maupun pengawasan. Adapun wujudnya berupa lembaran-lembaran kertas.

Di atas kertas tersebut menyatakan bahwa setiap nama yang tercantum pada lembaran merupakan pemilik yang sah atas sebuah perusahaan dengan presentasi sesuai nilai investasi mereka. Saat seseorang memegang saham maka bisa melakukan klaim kepemilikan pada perusahaan tersebut.

Hal ini artinya, pemilik saham dengan jumlah berapapun lembarnya memiliki hak untuk hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Selain itu, pemegang saham tersebut juga berhak memperoleh dividen sesuai jumlah sahamnya yang dimiliki.

Beberapa Jenis Saham secara Umum

Perlu Anda ketahui, bahwa sebenarnya saham terbagi atas beberapa prioritas keuntungan kepada para pemegangnya. Dalam hal ini setidaknya terdapat dua jenis yang bisa masyarakat ketahui lebih lanjut. Agar lebih jelas, maka simak ulasan selengkapnya berikut ini:

1.      Saham Preferen

Quotes Saham

Preferred stock atau saham preferen adalah salah satu jenis saham dengan karakteristik seperti obligasi maupun saham biasa pada umumnya. Dengan begitu, saham satu ini juga mampu menghasilkan pendapatan secara tetap layaknya bunga obligasi.

Hanya saja, pada jenis saham satu ini para pemegangnya akan memperoleh prioritas terlebih dahulu. Terutama atas pembagian dividen sebuah perusahaan. Selain itu, mereka juga lebih memperoleh prioritas untuk mendapatkan pengembalian modal atas pembagian aset ketika ada likuidasi perusahaan.

BACA JUGA:  Teknik Swing Trade; Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

2.      Saham Biasa

Common Stock atau saham biasa adalah jenis saham yang menempatkan para pemiliknya pada akhir pembagian dividen maupun hak atas kekayaan perusahaan. Dalam hal ini nantinya dividen tersebut akan mereka bayarkan apabila perusahaan sudah mendapatkan keuntungan/laba.

Kemudian, pemilik saham tersebut juga mempunyai hak suara atas perusahaan yang mereka miliki sahamnya. Adapun besaran hak suara ini sendiri nantinya akan tergantung dari berapa persentase saham milik mereka. Apabila memiliki jumlah yang cukup besar maka tentu saja hak suaranya juga semakin besar.

Keuntungan Melakukan Investasi Saham

Quotes Saham

Pada dasarnya, saham merupakan salah satu instrumen investasi paling populer. Tidak heran jika ada banyak masyarakat ingin melakukan aktivitas tersebut. Hal ini tidak lain karena adanya banyak keuntungan. Agar lebih jelas, simak ulasan lengkapnya dari rumah teknologi pada penjelasan di bawah ini:

1.      Dividen

Saat Anda melakukan investasi, maka akan menerima dividen. Yakni pembagian keuntungan bagi para pemilik saham sesuai dengan banyaknya saham yang mereka miliki. Saat memperoleh dividen maka tentu saja terakui sebagai pemilik perusahaan. Dengan begitu bisa ikut pada Rapat Umum Pemegang Saham.

Selain itu, dividen nantinya akan terbagi secara merata berdasarkan lembar saham yang ivestor miliki. Dengan begitu, jika semakin banyak saham Anda punya maka perolehan dividen semakin besar pula. Tentu saja keuntungannya juga semakin banyak sehingga hal ini menjadi daya tarik tersendiri.

2.      Memperoleh Capital Gain

Quotes Saham

Keuntungan saat melakukan investasi saham adalah mendapatkan gain. Terlebih jika sebuah perusahaan semakin berkembang seiring berjalannya waktu maka umumnya harga sahamnya juga semakin meningkat. Adanya kenaikan ini dapat Anda manfaatkan untuk menjualnya.

Dengan begitu, akan memperoleh keuntungan dari selisih harga jual beli. Hal inilah yang dimaksud dengan capital gain. Tidak heran jika hingga saat ini masih ada banyak orang tertarik untuk melakukan investasi. Pasalnya seseorang bisa memperoleh untung semakin tinggi lewat pemilihan saham secara tepat.

BACA JUGA:  Penjelasan Koin Kripto: Fantom (FTM)

3.      Investasi yang Fleksibel

Saat Anda melakukan investasi saham, maka tentu saja Anda sudah tidak perlu membuang-buang tenaga maupun waktu. Pasalnya hal ini bisa investor lakukan dari mana dan kapan saja. Tepatnya hanya dengan memanfaatkan aplikasi online trading sehingga keuntungannya adalah investasi yang sangat fleksibel.

Dengan begitu, meski melakukan investasi saham tidak harus mengabaikan pekerjaan utama di kantor nantinya. Selain itu, Anda juga tidak perlu selalu memperhatikan grafik investasi saham tersebut. Pasang harga tertentu kemudian sistem bisa secara otomatis melakukan pembelian/penjualan saham.

Berbagai Quotes Saham dan Investasi

Quotes Saham

Beberapa orang mungkin sudah tertarik untuk menggeluti dunia saham. Hanya saja sebagian dari mereka masih memiliki keraguan. Dalam hal ini tentu tidak ada salahnya apabila Anda mencari dahulu beberapa quotes tentang saham dan dunia investasi lebih lanjut. Di bawah ini selengkapnya:

  1. “Siapa saja yang tidak mampu berinvestasi sekarang tentunya akan kehilangan kesempatan besar.” Carlos Slim
  2. “Aturan tentang investasi adalah pertama, jangan kehilangan uang. Kedua jangan melupakan aturan pertama karena ini adalah semua aturan yang ada.” Warren Buffet
  3. “Diversifikasi luas hanya perlu apabila investor masih belum memahami apa yang mereka lakukan.” Warren Buffet
  4. “Saat ingin berinvestasi, apa yang nyaman jarang memperoleh keuntungan.” Robert Arnott
  5. “Pada dasarnya kekayaan tidak ditentukan oleh kerja investasi, hanya saja dari perilaku para investor itu sendiri.” Nick Murray
  6. “Setiap investasi cerdas adalah investasi nilai. Memperoleh lebih banyak yang Anda bayar maka hargai bisnis agar dapat menilai saham.” Charlie Munger
  7. “Investasikan diri Anda, karir sebenarnya adalah mesin kekayaan.” Paul Cltheroe
  8. “Di belakang semua saham adalah perusahaan. Pastikan mencari tahu apa yang mereka lakukan.” Peter Lynch
  9. “Seorang harus belajar tentang kondisi umum pasar agar menangkap serta mengantisipasi probabilitasnya.” Jesse Livermore
BACA JUGA:  Rumus DSI (Data Saham Indonesia), Apa Itu?

Quotes Saham dan Investasi

  1. “Setiap orang yang tidak dapat menguasai emosinya maka tidak akan cocok memperoleh keuntungan dari sebuah proses investasi.” Benjamin Graham
  2. “Setiap individu perlu percaya pada diri mereka sendiri serta penilaiannya apabila ia mengharapkan mencari nafkah pada bidang investasi saham. Itulah mengapa aku tidak percaya terhadap saran dari orang lain sekalipun.” Jesse Livermore
  3. “Saat Anda berinvestasi, maka akan membeli satu hari dimana nantinya tidak perlu bekerja.” Aya Laraya
  4. “Anda mengalami resesi dan penurunan pasar saham. Jika tidak memahami hal tersebut akan terjadi pastinya belum siap, Anda tentu tidak berhasil di pasar.” Peter Lynch
  5. “Aturan paling bijak dalam investasi saham adalah saat orang lain menjual, beli. Saat orang membeli, jual.” Jonathan Sacks
  6. “Investor perorangan harus bertindak konsisten sebagai seorang investor sehingga bukan sebagai spekulan.” Ben Graham
  7. “Terkadang membeli di awal saat turun terlihat seolah hal yang salah, hanya saja sebenarnya tidak.” Seth Klarman
  8. “Apabila ingin menjadi seorang investor, maka Anda perlu percaya pada hari esok bahwa akan lebih baik lagi.” Bejamin Graham
  9. “Jika ingin melakukan investasi untuk jangka panjang jangan rakus dan jangan terlalu takut.” Shelby Me Davis

Itu dia informasi lengkap mengenai quotes saham. Selain itu, Anda juga bisa menyimak tentang saham, jenis, dan berbagai keuntungannya. Pastikan juga memahami apa saja resiko yang bisa terjadi saat terjun ke dunia tersebut sehingga penting untuk tidak melakukannya secara asal-asalan.