Mengabdi dengan Berkarya: 15 Ide PKM Pengabdian Masyarakat Mudah Disetujui di Tahun 2023

Mengabdi dengan Berkarya: 15 Ide PKM Pengabdian Masyarakat Mudah Disetujui di Tahun 2023

Rumahteknologi.comDi tengah semangat pengabdian kepada masyarakat yang terus berkobar, tahun 2023 membawa peluang baru untuk menghadirkan proyek-proyek yang berdampak positif dalam kehidupan sehari-hari. Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pengabdian Masyarakat menjadi wahana yang tepat untuk mewujudkan ide-ide brilian yang dapat mengubah komunitas sekitar.

Namun, seringkali satu hal yang membingungkan adalah menemukan judul proyek yang tepat dan mudah disetujui. Artikel ini menghadirkan solusi untuk dilema tersebut. PKM 5 bidang adalah program yang memiliki lima bidang fokus yang berbeda yang akan dijelakan berikut ini.

PKM-P (Penelitian)

Program ini fokus pada penelitian ilmiah untuk menghasilkan pengetahuan baru dalam berbagai disiplin ilmu. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah yang relevan dengan penelitian di berbagai bidang.

PKM-K (Kewirausahaan)

PKM-K berfokus pada pengembangan ide bisnis dan kewirausahaan. Tujuannya adalah untuk mengajarkan keterampilan wirausaha kepada mahasiswa dan membantu mereka merancang dan mengembangkan bisnis yang inovatif.

PKM-M (Pengabdian Masyarakat)

PKM-M adalah program yang berfokus pada pengabdian kepada masyarakat. Ini melibatkan kegiatan yang bertujuan memberikan manfaat langsung kepada masyarakat, seperti pelatihan, penyuluhan, atau proyek pengembangan masyarakat.

PKM-T (Teknologi)

PKM-T berfokus pada pengembangan teknologi baru atau penerapan teknologi yang ada untuk memecahkan masalah tertentu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi atau memberikan solusi teknologi yang bermanfaat.

PKM-KC (Karsa Cipta)

PKM-KC adalah program yang fokus pada pengembangan kreativitas dan inovasi. Ini melibatkan kegiatan seperti seni, desain, atau pengembangan produk baru yang memiliki nilai estetika atau fungsi yang tinggi.

Kelima bidang PKM ini memberikan mahasiswa dan dosen kesempatan untuk berkontribusi pada pengembangan pengetahuan, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat dengan pendekatan yang berbeda sesuai dengan bidang fokus masing-masing.

BACA JUGA:  Simak Pengertian Kimia Analisis, Jenis, Metode, Fungsi, dan Contohnya

Dari mengatasi masalah pendidikan hingga memajukan keberlanjutan lingkungan, mari simak 15 judul PKM Pengabdian Masyarakat yang tidak hanya mudah disetujui tetapi juga mampu menciptakan perubahan positif yang nyata di tahun 2023.

  1. Teknologi Alternatif Mengolah Air Limbah Dengan Media Tanaman (Karya Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sumatra Utara).
  2. Teknologi Pengolahan Umbi Gadung (Dioscorea Hispida Menjadi Makanan (Karya Mahasiswa Universitas Muhamadyah Bengkulu).
  3. Cobek (Comunitas Belajar Aktif)Beringin Kencana, Lampung Selatan (Karya Mahasiswa Muhamadiyah Metro).
  4. Penerapan Lubang Resapan Biopori Sebagai Alternatif Untuk Meminimalisir Banjir Di Kawasan Perumahan Ciledug Indah I (Karya Mahasiswa Universitas Esa Unggul).
  5. ”Edu Fun Farming” : Model Pendidikan Pertanian Menyenangkan Menggunakan Buku Bergambar Dan Praktik (Karya Mahasiswa IPB.
  6. Pemanfaatan Lahan Kosong Di Yayasan “Ibu Penyayang Anak Yatim” Desa Cibanteng Bogor ”Green Wall Eco-Park” Solusi Tepat Guna Dalam Gerakan Hijaukan Lingkungan Melalui Penerapan Vertikal-Horizontal Kultur Pada Lahan Padat Pemukiman (Karya Mahasiswa IPB).
  7. ”Laboratorium Paparazi”: Wahana Edukasi Masyarakat Tentang Diversifikasi Pangan Berbasis Bahan Lokal Dengan Inovasi Baru IRumpi (Karya Mahasiswa IPB.
  8. Reinkarnasi Tungku Serbuk Tradisional Dengan Modifikasi Limbah Baglog Jamur Tiram Dan Sekam Padi Sebagai Bahan Bakar Alternatif Penghemat Migas Di Kalangan Masyarakat Desa Darmaga (Karya Mahasiswa IPB.
  9. Rebot (Recycle Botol Tidak Repot)Penyuluhan Mengenai Daur Ulang Sampah Plastik (Botol)Untuk Pemulung Di Tpa Putri Cempo Yang Bernilai Ekonomis (Karya Mahasiswa ISI Surakarta).
  10. Kunci Mantra (Komunitas Pecinta Permainan Tradisional) Sebagai Upaya Melestarikan Permainan Tradisional Di Tengah Modernisasi Zaman Untuk Slb Panca Bakti Mulia Surakarta (Karya Mahasiswa ISI Surakarta).
  11. Domisol (Doa Muslim Sholih) : Games Edukasi Dengan Memanfaatkan Penggunaan Teknologi Informasi Untuk Mempermudah Anak-Anak Tk Darussalam Wedoro Sidoarjo Dalam Menghafal Dan Menerapkan Doa Sehari-Hari (Karya Mahasiswa ITS).
  12. Santri Transformers : Program Pelatihan Dan Pembinaan Kompetensi Robotika Di Kalangan Santri Madrasah Aliyah (Ma)Pondok Pesantren Al-Badar Darud Da’Wah Wal Irsyad (Ddi) Parepare (Karya Mahasiswa ITS).
  13. Narsiss (Nugget Kulit Manggis) : Pengolahan Kulit Manggis (Garcinia Mangostana L.) Untuk Peningkatan Nilai Ekonomis Manggis Di Desa Slawe, Kecamatan Watulimo, Trenggalek (Karya Mahasiswa ITS).
  14. Aplikasi Mondusia( Monitoring Posyandu Lansia) Sebagai Peningkatan Monitoring Mental Dan Kesehatan Bagi Lansia Usia Lebih Dari  55 Tahun Di Desa Lohgung (Karya Mahasiswa Politeknik Surabaya).
  15. Aksesoris Resin Sebagai Titik Awal Pemberdayaan Karang Taruna Yang Produktif (Karya Mahasiswa Politeknik Bandung).
BACA JUGA:  kata pengantar laporan kkn

Nah itu dia beberapa contoh judul PKM Pengabdian Masyarakat yang bisa kamu jadikan referensi. Semoga berhasil ya.!***

`