Laporan KKN (Kuliah Kerja Nyata) adalah laporan yang sangat penting bagi mahasiswa setelah menyelesaikan program KKN
Laporan KKN (Kuliah Kerja Nyata) adalah laporan yang sangat penting bagi mahasiswa setelah menyelesaikan program KKN

Gampang Banget Bikin Laporan KKN Keren, Tinggal Ikutin Tips Sakti Ini!

rumahteknologi.com – Laporan KKN (Kuliah Kerja Nyata) adalah laporan yang sangat penting bagi mahasiswa setelah menyelesaikan program KKN. Pada umumnya, laporan KKN dibedakan menjadi dua jenis, yaitu laporan individu dan laporan kelompok.

Namun, pada dasarnya format penulisan laporan KKN sama, hanya saja ada beberapa perbedaan tergantung dari perguruan tinggi masing-masing.

Bagian-bagian yang harus ada dalam laporan KKN adalah halaman judul, kata pengantar, daftar isi, daftar lampiran, bab pendahuluan, bab pelaksanaan program, pembahasan, kesimpulan, saran, daftar pustaka atau referensi, dan lampiran.

Halaman Judul

Halaman judul pada laporan KKN merupakan bagian yang penting karena berfungsi sebagai identitas laporan yang dibuat. Oleh karena itu, halaman judul harus mencantumkan informasi yang jelas dan lengkap, seperti judul laporan yang deskriptif dan mencerminkan tujuan program KKN yang dilaksanakan.

Selain itu, halaman judul juga harus mencantumkan nama institusi yang terlibat dalam program KKN, serta nama penulis dan tahun penulisan laporan.

Judul laporan yang dipilih harus memuat informasi yang cukup untuk memberikan gambaran tentang kegiatan KKN yang dilaksanakan. Judul yang baik sebaiknya dapat menggambarkan tujuan program, tempat pelaksanaan, dan sasaran kegiatan.

Dalam memilih judul, penulis juga perlu memperhatikan gaya penulisan yang baik dan benar, sehingga judul dapat disampaikan dengan jelas dan mudah dipahami oleh pembaca.

Kata Pengantar

Kata pengantar pada laporan KKN merupakan bagian yang penting dalam menyampaikan pesan kepada pembaca tentang program KKN yang telah dilaksanakan. Pada bagian ini, penulis dapat memberikan gambaran umum tentang tujuan dari program KKN, lokasi program, dan mitra yang terlibat dalam pelaksanaannya.

BACA JUGA:  Contoh Program Kerja Mahasiswa KKN Pengembangan UMKM

Selain itu, penulis juga dapat menjelaskan pentingnya program KKN dalam konteks pengembangan masyarakat dan keberlanjutan lingkungan.

Selain memberikan gambaran umum, pada bagian kata pengantar juga dapat disampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan program KKN.

Ucapan terima kasih dapat diberikan kepada institusi yang telah memberikan kesempatan untuk melaksanakan program, masyarakat setempat yang telah berpartisipasi aktif, serta pihak-pihak lain yang telah memberikan dukungan dan bantuan selama pelaksanaan program.

Pada intinya, kata pengantar pada laporan KKN memiliki peran penting dalam menggambarkan esensi dari program KKN serta menghargai dan mengakui kontribusi dari berbagai pihak yang telah terlibat dalam pelaksanaannya.

Oleh karena itu, penulis harus menjaga bahasa yang sopan dan terstruktur dengan baik agar pesan yang ingin disampaikan dapat tersampaikan dengan jelas dan efektif.

Daftar Isi

Daftar isi pada laporan KKN memuat uraian singkat dari setiap bab yang ada dalam laporan. Daftar isi juga mencantumkan nomor halaman dari setiap bab.

Daftar Lampiran

Daftar lampiran pada laporan KKN memuat daftar dari semua lampiran yang disertakan dalam laporan. Daftar lampiran juga mencantumkan nomor halaman dari setiap lampiran.

Bab Pendahuluan

Bab pendahuluan pada laporan KKN harus memuat latar belakang dan tujuan dilaksanakannya program KKN serta deskripsi singkat mengenai lokasi dan mitra yang bekerja sama dalam program tersebut. Di samping itu, pada bagian ini juga dapat dijelaskan mengenai metodologi yang digunakan dalam pelaksanaan program.

Bab Pelaksanaan Program

Bab pelaksanaan program merupakan bagian yang sangat penting dalam laporan KKN. Pada bagian ini dijelaskan secara rinci tentang kegiatan yang telah dilakukan selama program KKN.

Dalam pelaporan kegiatan, dapat dijelaskan dengan tabel atau per subbab yang menjelaskan masing-masing proker yang telah berjalan. Selain itu, pada bagian ini juga dapat dijelaskan mengenai dampak positif yang dihasilkan dari program KKN.

BACA JUGA:  Simak Contoh Benda yang Terbuat dari Batu dan Kegunaannya

Pembahasan

Pembahasan pada laporan KKN berisi tentang capaian kinerja setiap program kegiatan serta capaian dana dan waktu. Pada bagian ini juga dapat dijelaskan mengenai kendala yang dihadapi selama pelaksanaan program dan solusi yang diambil untuk mengatasi kendala tersebut.

Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan pada laporan KKN harus memuat ringkasan dari hasil evaluasi pelaksanaan selama program KKN serta saran perbaikan ke depan. Kesimpulan dan saran harus disusun dengan singkat dan jelas, serta memperhatikan hasil pembahasan yang telah dijelaskan sebelumnya.

Daftar Pustaka atau Referensi

Daftar pustaka atau referensi pada laporan KKN memuat sumber-sumber yang digunakan dalam penulisan laporan. Sumber-sumber tersebut dapat berupa buku, jurnal, artikel, atau sumber online lainnya. Daftar pustaka harus disusun dengan format yang sesuai dengan standar penulisan ilmiah yang berlaku.

Lampiran

Lampiran pada laporan KKN berisi dokumen-dokumen pendukung yang terkait dengan pelaksanaan program KKN, seperti foto-foto kegiatan, laporan keuangan, atau dokumen lain yang relevan. Lampiran harus disusun dengan rapi dan jelas, serta diurutkan sesuai dengan nomor halaman yang tercantum dalam daftar lampiran.

Sebagai tambahan, penting bagi penulis laporan KKN untuk memperhatikan tata bahasa dan tata tulis yang baik dan benar dalam penulisan laporan. Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan hindari penggunaan singkatan atau akronim yang tidak umum.

Selain itu, pastikan setiap informasi yang disajikan dalam laporan KKN benar dan akurat, serta didukung oleh bukti-bukti yang kuat.

Bahkan laporan KKN dapat menjadi bukti nyata dari pelaksanaan program KKN Kebangsaan yang bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan dan membangun kesadaran nasionalisme di kalangan mahasiswa.

`