apakah dampak negatif dari pergaulan bebas

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “apakah dampak negatif dari pergaulan bebas”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “apakah dampak negatif dari pergaulan bebas”

Pengertian Pergaulan bebas
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata pergaulan berarti persahabatan dalam kehidupan bermasyarakat. Sedangkan kata bebas berarti lepas atau tidak dibatasi. Dapat disimpulkan bahwa bergaul adalah persahabatan dalam kehidupan sosial yang bebas atau tidak berhubungan.

Menurut Catunou, pergaulan bebas merupakan gejala sosiopatologis pada remaja yang disebabkan oleh suatu bentuk pengabaian sosial, yang selanjutnya mengarah pada perkembangan perilaku menyimpang.

Menurut Santruc, pergaulan bebas merupakan gabungan dari berbagai perilaku remaja yang tidak dapat diterima secara sosial hingga menimbulkan tindakan kriminal.

Menurut B. Simanjuntak, percampuran adalah suatu proses interaksi antara satu orang dengan orang lain tanpa terikat oleh aturan baik hukum, hukum agama maupun adat istiadat.

Menurut Gunarsa, pergaulan bebas adalah pergaulan yang luas antara pemuda dan pemudi. Tidak terlalu masalah kebersamaan yang kompak antara dua orang saja melainkan banyak anak muda.

Pergaulan secara umum adalah perilaku individu atau kolektif yang menyimpang. Sikap sesat ini melampaui aturan, kewajiban, tuntutan, keadaan, dan perasaan malu. Pergaulan bebas juga dapat diartikan sebagai perilaku menyimpang yang melanggar norma sosial dan agama.

BACA JUGA:  hikmah dilaksanakannya puasa arafah adalah

Ciri-Ciri Pergaulan Bebas

Setelah mengetahui pengertian pergaulan bebas. Kamu perlu tahu apa saja ciri-ciri pergaulan bebas. Pergaulan bebas dapat diketahui dengan beberapa ciri sebagai berikut.

  • Melakukan seks bebas
  • Berpakaian yang tidak pantas dan terlalu terbuka
  • Memakai obat terlarang seperti narkoba
  • Selalu memiliki rasa ingin tahu yang berlebih terhadap hal-hal yang negatif
  • Kurang bertanggung jawab terhadap tugas yang sudah diberikan
  • Tidak bijak dalam memanfaatkan waktu seperti main game hingga pagi hari
  • Menghamburkan uang untuk kesenangan semata menurut kepuasan nafsu.
  • Mengalami tekanan emosi dan gangguan kesehatan mental
  • Tidak menghargai orangtua
  • Berperilaku yang merugikan masyarakat
  • Remaja yang merokok dan minum-minuman beralkohol
  • Mendapatkan uang atau barang yang diinginkan dengan cara mencuri

Dampak Pergaulan Bebas

Dengan adanya faktor penyebab yang dapat menyebabkan seorang anak melakukan pergaulan bebas, ada juga akibat yang dapat dirasakan jika sudah terlanjur terjerumus pada hal-hal yang negatif, berikut ini beberapa di antaranya.

  • Dari segi agama tentunya para remaja yang melakukan pergaulan bebas dan perilaku menyimpang akan menghadapi dosa besar.
  • Seseorang yang melakukan hubungan seks bebas dapat mengakibatkan kehamilan di luar nikah bahkan pelakunya dapat menggugurkan anaknya alias aborsi yang merupakan perbuatan yang sangat memalukan dan meningkatkan resiko tertular penyakit kelamin seperti HIV, AIDS, epilepsi hingga herpes.
  • Meningkatnya resiko kriminalitas pada remaja untuk memuaskan hasratnya. Seperti mencuri, merampok hingga membunuh. Seseorang yang sudah kecanduan narkoba akan menghalalkan segala cara untuk dapat menggunakan narkoba walaupun tidak memiliki uang, sehingga akan mencuri atau mencuri.
  • Remaja yang sudah terlanjur terlibat pergaulan bebas dan berperilaku menyimpang biasanya tidak memiliki rasa percaya diri yang cukup untuk menjalin hubungan baik dengan keluarga dan teman bahkan bersosialisasi di masyarakat. Jika hal ini terjadi maka sikap anak akan kasar, mudah tersinggung dan tidak sopan. Meski bukan keluarga broken home, namun jika seorang anak terjerumus dalam pergaulan bebas, ia akan menjadi anak yang durhaka kepada orang tuanya.
  • Akibat pergaulan bebas dapat mengganggu waktu belajar yang pada akhirnya berujung pada menurunnya prestasi di sekolah atau kampus. Seseorang yang terjerumus dalam pergaulan bebas biasanya lebih memilih putus sekolah di warnet atau berkumpul dengan teman melakukan hal-hal mesum.
  • Remaja yang mencoba obat-obatan terlarang dapat membahayakan kesehatan fisik dan mental mereka dalam jangka panjang, jika penggunaan obat-obatan terlarang secara bersama-sama dapat meningkatkan kemungkinan menyebabkan HIV/AIDS bahkan menyebabkan kematian.***
BACA JUGA:  apa itu kkn dalam kuliah