Inilah 5 Manfaat Besar yag Diperoleh Mahasiswa Jika Ikut Terlibat Program Pengabdian Masyarakat

Inilah 5 Manfaat Besar yag Diperoleh Mahasiswa Jika Ikut Terlibat Program Pengabdian Masyarakat

Inilah 5 Manfaat Besar yag Diperoleh Mahasiswa Jika Ikut Terlibat Program Pengabdian Masyarakat

Dalam dunia pendidikan tinggi, salah satu tugas yang diemban oleh dosen adalah melakukan pengabdian masyarakat. Pengabdian masyarakat merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang melibatkan dosen dalam kegiatan yang memberikan manfaat langsung kepada masyarakat di sejumlah daerah.

Dalam pelaksanaannya, dosen seringkali mengajak sejumlah mahasiswa untuk turut serta dalam program pengabdian ini. Mengikutinya dapat memberikan manfaat yang beragam, sebesar manfaat dari kegiatan pengabdian masyarakat itu sendiri.

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh oleh mahasiswa yang ikut serta dalam program pengabdian masyarakat dosen:

1. Mengasah Kemampuan Komunikasi

Program pengabdian kepada masyarakat dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, seperti pelatihan langsung, pemberian motivasi, atau solusi bagi permasalahan masyarakat yang nantinya akan dipraktekkan. Dalam melaksanakan program ini, mahasiswa akan berhadapan langsung dengan masyarakat di daerah yang menjadi target.

Hal ini akan mengasah kemampuan komunikasi dan public speaking mahasiswa. Semakin sering terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat, mahasiswa akan semakin terampil dalam berkomunikasi, dan manfaatnya sangat besar untuk masa depan mereka.

2. Memberi Manfaat Langsung kepada Masyarakat

Dengan ikut terlibat dalam program pengabdian masyarakat, mahasiswa dapat secara langsung memberikan manfaat kepada masyarakat. Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menyampaikan solusi terhadap masalah yang umum dihadapi oleh masyarakat.

Sebagai contoh, dalam situasi pandemi yang dapat menurunkan kondisi perekonomian, mahasiswa dapat memberikan penyuluhan terkait pendirian usaha berbasis digital.

Solusi ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang menerimanya. Melalui program ini, mahasiswa dapat menyebar kebaikan dan pengaruh positif secara langsung kepada masyarakat.

BACA JUGA:  Mengenal Perbedaan dan Manfaat Magang vs. Kuliah Kerja Nyata (KKN)

3. Memperluas Jaringan Relasi

Program pengabdian masyarakat dosen melibatkan berbagai pihak, baik internal kampus maupun eksternal, seperti perusahaan atau lembaga yang memiliki visi dan misi serupa.

Dengan mengikuti program ini, mahasiswa memiliki kesempatan untuk berinteraksi dan mengenal banyak pihak yang terlibat di dalamnya.

Selama program berjalan, mereka dapat membentuk hubungan dan jaringan relasi yang bermanfaat di masa depan, baik dalam kegiatan perkuliahan maupun setelah lulus.

4. Media untuk Belajar Hal Baru

Melalui kegiatan pengabdian masyarakat dosen, mahasiswa memiliki kesempatan untuk mempelajari banyak hal baru. Mereka dapat memperoleh pengetahuan mengenai berbagai tema yang menjadi solusi atas permasalahan masyarakat di lokasi program berlangsung.

Terkadang, mahasiswa mungkin baru mengetahui dan mengenal solusi tersebut melalui program ini, yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan mereka.

Selain itu, mereka juga akan lebih memahami banyak permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat secara langsung, dan merasa terdorong untuk memberikan solusi terbaik.

Dengan demikian, melalui program ini, mahasiswa dapat belajar banyak hal baru dan mengasah berbagai keterampilan yang sangat bermanfaat.

5. Menjadi Pribadi yang Sabar dan Simpati

Sebelum terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat, mahasiswa mungkin kurang aware terhadap berbagai hal yang terjadi di lingkungan masyarakat. Mereka mungkin belum sepenuhnya memahami kesulitan ekonomi yang dihadapi oleh masyarakat, karena sebelumnya mereka selalu dapat mengandalkan dukungan orang tua.

Melalui program pengabdian masyarakat, mahasiswa memiliki kesempatan untuk lebih dekat dengan permasalahan tersebut. Hal ini dapat membentuk mereka menjadi pribadi yang lebih sabar dan simpati, serta lebih menghargai hidup dan bersyukur atas apa yang telah mereka miliki dengan mudah atau yang telah mereka capaidengan perjuangan ekstra.

BACA JUGA:  Ternyata Ini Perbedaan Magang dengan Management Trainee, Yuk Simak Biar Gak Salah!

Meskipun ikut serta dalam program pengabdian masyarakat dosen akan membutuhkan waktu dan fokus ekstra yang harus diatur antara perkuliahan dan program tersebut, manfaat besar yang diperoleh membuat program ini layak untuk diikuti.

`