tuliskan dua contoh suku beserta ciri khas yang dimiliki

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “tuliskan dua contoh suku beserta ciri khas yang dimiliki”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “tuliskan dua contoh suku beserta ciri khas yang dimiliki”

Indonesia dipenuhi dengan banyak suku bangsa dengan tradisi yang sangat unik. Pengertian ras sendiri adalah kelompok manusia dengan anggota yang mengidentifikasi diri dengan orang lain dan berdasarkan keturunan.

Menurut laporan dari situs resmi Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2010 saja terdapat sekitar 1.340 suku bangsa yang tersebar di seluruh Indonesia. Di antara ribuan suku tersebut, suku Jawa memiliki populasi terbanyak di Indonesia, yaitu sebesar 41% dari total penduduk Indonesia.

Apalagi, Kusnanto menyebutkan dalam buku Ethnic Diversity and Indonesian Culture bahwa suku bangsa di Indonesia tentunya memiliki sejumlah perbedaan yang mencolok. Namun sesuai dengan semboyan bangsa Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika yang artinya kita berbeda-beda tetapi tetap satu, kita harus tetap menjunjung tinggi persatuan Indonesia dan saling menghormati.

Definisi Suku
Suku adalah sekelompok orang yang mengidentifikasi diri mereka dengan orang lain berdasarkan ras yang mereka anggap sebagai diri mereka sendiri dengan mengacu pada karakteristik seperti budaya, bangsa, bahasa, agama, dan perilaku. Etnisitas merupakan kelompok sosial yang dibedakan dari kelompok sosial lainnya, karena memiliki ciri-ciri dasar dan umum yang berkaitan dengan asal-usul, tempat dan budayanya.

BACA JUGA:  apakah pelaksanaan cpns di indonesia masih terdapat unsur kkn

Suku adalah suku sosial yang spesifik dan relatif (sudah ada sejak lahir), memiliki pola yang sama dengan kelompok umur dan jenis kelamin. Indonesia dikenal sebagai negara dengan banyak suku bangsa, dan menurut statistik, terdapat hampir 300 suku bangsa. Setiap suku memiliki adat istiadat, aturan perilaku dan standar yang berbeda. Namun, kelompok etnis yang berbeda ini mampu berintegrasi dalam negara Indonesia untuk mencapai tujuan masyarakat yang adil dan makmur.

Ciri-Ciri Suku Bangsa

  • Secara tertutup berkembang biak dalam kelompoknya.
  • Memiliki nilai-nilai dasar yang terwujud dan tercermin dalam kebudayaan.
  • Mewujudkan arena komunikasi dan interaksi.
  • Mempunyai anggota yang mengenali dirinya serta dikenal oleh orang lain sebagai bagian dari satu kategori yang dibedakan dengan yang lain.

Etika seseorang yang tergabung dalam suatu suku bangsa tertentu berinteraksi, ditunjukkan adanya simbol atau karakter khusus yang digunakan untuk mengekspresikan perilakunya sesuai dengan ciri khas sukunya. Misalnya, ciri fisik atau ras, gerakan tubuh atau wajah, ekspresi budaya, nilai budaya, dan keyakinan agama.

Seseorang yang dilahirkan dalam keluarga suatu suku bangsa, sejak kelahirannya mau tidak mau harus hidup berlandaskan budaya sukunya sebagaimana yang digunakan oleh orang tua dan keluarganya dalam mengasuh dan mendidiknya, sampai ia menjadi seorang manusia menurut persepsinya yang beradab.

Menurut R. Narol, kriteria untuk menetukan suatu bangsa adalah adanya kesatuan masyarakat meliputi:

  • Daerahnya dibatasi oleh satu desa atau lebih.
  • Daerahnya dibatasi oleh batas-batas tertentu secara politis dan administratif.
  • Batas daerahnya ditentukan oleh rasa identitas penduduknya sendiri.
  • Warganya memiliki satu bahasa atau satu logat bahasa.
  • Keadaan daerahnya ditentukan oleh kesatuan ekologi.
  • Anggota-anggotanya mempunyai pengalaman sejarah yang sama.
  • Frekuensi interaksi sesama anggota masyarakatnya tinggi.
  • Susunan sosialnya seragam.
Berikut ini dua contoh suku beserta ciri khas yang dimiliki:
  • SUKU MINANGKABAU, ciri khasnya adalah rumah Gadang, rendang, tari piring.
  • SUKU BALI, ciri khasnya adalah tari kecak, upacara ngaben, ayam betutu.***
BACA JUGA:  cerpen keutamaan sedekah beserta unsur intrinsiknya