Berikut Fungsi Kawat Nikrom dalam Kehidupan Sehari-Hari

Berikut Fungsi Kawat Nikrom dalam Kehidupan Sehari-Hari

Rumahteknologi.com – Kawat nikrom, juga dikenal sebagai nikel-kromium, pada dasarnya adalah paduan yang diproduksi dengan mencampur arti nikel, kromium, dan kadang-kadang besi. Di sisi lain, kawat nichrome terkenal dengan ketahanan panasnya yang tinggi, ketahanan korosi, dan ketahanan oksidasi.

Oleh karena itu, sangat tepat untuk membuat fungsi kawat nichrome untuk beberapa aplikasi. Segala sesuatu mulai dari manufaktur hingga pekerjaan hobi membutuhkan nichrome dalam bentuk kawat.

Kawat nikrom umumnya ditemukan dalam berbagai produk komersial, kerajinan, dan peralatan. Hal ini tidak terlepas dari beberapa sifat kawat ini, antara lain ketahanan terhadap panas tinggi, korosi dan oksidasi.

Bahkan berdasarkan karakteristik yang ada tersebut, kawat nikrom yang digunakan pada peralatan laboratorium kimia memiliki ketahanan yang tinggi karena selalu menjadi panas ketika tegangan mengalir konstan karena banyaknya campuran nikel dan paduan kromium.

Fungsi Kawat Nikrom

Kawat nikrom memiliki berbagai fungsi, antara lain:

Elemen pemanas

Karena kawat nikrome sangat tahan terhadap energi listrik, sangat berguna sebagai elemen pemanas untuk produk komersial dan peralatan rumah tangga. Di sisi lain, keunggulan kawat nikrom adalah paduan nikel-kromium yang memiliki sifat non-magnetik. Paduan ini terkadang mengandung beberapa yang menggunakan besi sebagai komponennya.

Membantu dalam menyalurkan hobi

Karena kawat nichrome adalah elemen pemanas yang efektif, kawat ini banyak digunakan untuk hobi dan karya seni. Misalnya, ketika digunakan dalam pembuatan pemahat keramik dan pembuat kaca, keduanya menggunakan nichrome.

BACA JUGA:  pesan dan kesan selama kkn

Bahkan, sering digunakan sebagai pendukung untuk pekerjaan yang lebih kompleks dan sebagai bagian dari tungku. Alasannya adalah karena nichrome dapat menahan suhu tinggi, jadi menggunakan kawat nichrome sebagai kerangka memungkinkan seniman untuk menjaga proyek mereka tetap aman tanpa takut rusak selama proses pembakaran.

Struktur internal dalam membuat keramik

Kawat nikrom biasanya digunakan dalam keramik sebagai struktur pendukung internal yang membantu beberapa elemen pahatan tanah liat mempertahankan bentuknya, meskipun masih lunak. Kawat nikrom digunakan karena kemampuannya untuk menahan suhu tinggi yang dihadapi saat membakar tanah liat di tempat pembakaran.

Alternatif kawat platina

Kawat nikrom dapat digunakan sebagai alternatif kawat platinum untuk pengujian nyala api dengan mewarnai bagian nyala api yang tidak berpendar untuk mendeteksi ion positif seperti natrium, kalium, tembaga, kalsium, dll.

Contoh Penggunaan Kawat Nikrom

Berikut adalah contoh dalam proses penggunaan kawat nichrome dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya;

Penggunaan pemanggang roti

Proses penggunaan kawat nichrome dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari, misalnya menggunakan pemanggang roti.

Pengering rambut

Orang dengan rambut panjang sering membutuhkan pengering rambut, seperti gulungan kawat nikrom yang digunakan untuk menghasilkan banyak panas. Ini juga berlaku untuk oven pemanggang roti dan pemanas penyimpanan.

Tumgku Industri

Tungku, juga dikenal sebagai tengu dalam peralatan laboratorium, sebenarnya menggunakan kabel nichrome untuk mentransfer panas selama proses pembakaran.

Ini adalah satu-satunya artikel yang dapat menjelaskan kepada semua orang tentang penggunaan kawat nichrome di laboratorium dan contoh penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.