hal yang paling awal dalam melakukan penyusunan teks deskripsi adalah

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan memberi contoh “hal yang paling awal dalam melakukan penyusunan teks deskripsi adalah”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemukan jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut adalah contoh “hal yang paling awal dalam melakukan penyusunan teks deskripsi adalah”

Teks deskripsi adalah wacana yang ditulis dalam bentuk tulisan yang dipelajari dalam kaidah kebahasaan. Ada berbagai jenis teks, salah satunya adalah teks deskriptif.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) deskripsi adalah gambaran atau keterangan dengan kata-kata yang jelas dan terperinci. Deskripsi juga diartikan sebagai deskripsi.

Deskripsi berasal dari bahasa latin discribere yang berarti menggambarkan atau memberikan sesuatu. Dikutip dari Buku Teks Kajian Struktur dan Linguistik, Taufiqur Rahman menjelaskan bahwa deskripsi adalah gambaran tentang sesuatu yang digambarkan dalam keadaan sebenarnya.

Description text berisi tentang deskripsi suatu objek, tempat, atau peristiwa tertentu sehingga pembaca dapat merasakan, melihat, mencium, dan mendengarnya. Teks deskripsi sering disebut sebagai teks respons deskriptif.

Fitur teks deskripsi

1. Menggambarkan atau mendeskripsikan sesuatu

2. Penggambaran dilakukan secara jelas dan melibatkan impresi indrawi

3. Membuat pembaca merasakan sendiri atau mengalaminya

4. Mendeskripsikan ciri-ciri objek seperti warna, ukuran, bentuk, dan kondisi secara detail

Sementara itu, ciri-ciri linguistik teks deskriptif meliputi:

BACA JUGA:  pasar tradisional merupakan contoh lukisan dengan tema

1. Penggunaan kata baku (formal, kreativitas, aktif, dan sebagainya)

2. Penggunaan konjungsi/konjungsi atau konjungsi (or, and, but, so)

3. Penggunaan imbuhan (ber-, men-, dan seterusnya)

4. Penggunaan kata rujukan (ini, itu, disana, disini, dan sebagainya)

struktur teks deskripsi

Struktur teks deskriptif terdiri dari tiga bagian sebagai berikut:

1. Identifikasi

Identifikasi adalah penentuan identitas seseorang, benda atau objek lainnya.

2. Klasifikasi

Klasifikasi adalah susunan kelompok atau pengelompokan menurut aturan yang telah ditentukan.

3. Bagian deskripsi

Bagian deskripsi merupakan paragraf yang berisi manfaat dari objek yang diamati.

Jenis teks deskripsi

Description text terbagi menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut:

1. Teks Deskriptif Spasial

Teks deskriptif spasial adalah teks yang menggambarkan ruang atau tempat terjadinya suatu peristiwa.

2. Teks Deskriptif Objektif

Teks deskriptif objektif adalah teks yang mendeskripsikan suatu benda atau orang dengan mengungkapkan identitas benda/orang tersebut.

3. Teks Deskriptif Subjektif

Teks deskriptif subyektif adalah teks yang menggambarkan objek seperti interpretasi atau kesan perasaan penulis (author’s interpreter)

Itulah pengertian, ciri, struktur, dan jenis teks deskriptif. Teks ini biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu peristiwa atau peristiwa.

Contoh Teks Deskripsi:

Keindahan alam Indonesia

Indonesia adalah negara dengan kekayaan alam yang melimpah ruah dari Sabang hingga Merauke. Keindahan alam Indonesia memang dinilai tak ada yang mampu menandingi di negara mana pun di dunia.

Hampir semua pesona alam terdapat di Indonesia, mulai daratan hingga laut. Oleh sebab itu, tidak heran banyak wisatawan asing yang rela datang jauh-jauh ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam Bumi Pertiwi.

Selain keindahan alam yang disajikan, ternyata di dalam keindahan tersebut terdapat banyak hal tersembunyi yang jarang diketahui, seperti flora dan fauna yang sangat langka dan eksotis. Alam Indonesia yang paling tersohor di mata dunia adalah keindahan pantainya yang terbentang dari barat hingga ke timur.

BACA JUGA:  sebutkan jenis-jenis irama musik yang dapat mengiringi senam irama

Banyaknya pulau yang ada di Indonesia membuat kekayaan laut dan pantai makin berwarna. Selain pantai, keindahan dunia bawah laut juga menjadi incaran para wisatawan untuk masuk ke dalamnya dan ikut menikmati kehidupan bawah laut di Indonesia.

Daerah yang memiliki keindahan pantai yang menakjubkan di Indonesia yang paling tersohor adalah Manado, Bali, dan Raja Ampat. Tidak hanya keindahan pantai, Indonesia merupakan negara dengan cangkupan hutan terbesar di Dunia. Oleh karena itu Indonesia disebut sebagai paru-paru dunia, sebab 1/3 hutan di dunia terdapat di Indonesia.

Keindahan hutan di Indonesia memang tak perlu diragukan lagi, sebab memang hijau hamparan pohon membuat mata seakan terhipnotis. Selain itu, hewan dan tumbuhan endemik banyak yang menjadi buruan wisatawan yang hanya untuk berfoto untuk mengabadikan momen tersebut.***

`