kepala dingin artinya

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “kepala dingin artinya”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “kepala dingin artinya”

Ungkapan kepala dingin dalam bahasa Indonesia sangat sering digunakan dalam konteks ketika seseorang menyuruh orang lain untuk tenang. Contohnya, detikers pasti sering mendengar seruan seperti ‘hadapi dengan kepala dingin’ kan?
Sebenarnya ‘kepala dingin’ termasuk dalam frase lemme. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), secara linguistik idiom dapat berarti kelompok kata/gabungan kata yang mengungkapkan makna khusus dimana makna unsur-unsurnya sering menjadi kabur.

Sementara itu, dalam Pedoman Penyusunan Kamus Ekalingual terbitan Kemendikbud tahun 2019, entry berarti tempat meletakan entri dalam kamus. Ini terdiri dari dua jenis, yaitu struktur makro dan struktur mikro.

Sebagai struktur makro, entri disusun menurut abjad dan menjadi titik masuk untuk pencarian informasi. Sedangkan sebagai struktur mikro, entri berada pada posisi topik dan komentar merupakan bagian dari definisi.

Entri pada umumnya dapat diringkas sebagai posisi. Bisa berupa kata dasar, kata turunan, kata ulang, kata majemuk, frase (gabungan kata), kiasan, singkatan, ungkapan, peribahasa, atau akronim (yang dianggap kata).

Sekarang kita tahu apa yang dimaksud dengan ekspresi dan lemma. Selanjutnya kita akan membahas pengertian cold head dalam bahasa indonesia.

BACA JUGA:  Tips Menulis Email Permohonan Magang yang Efektif dan Profesional

Definisi kepala dingin

Bila kata ‘kepala dingin’ dicari di KBBI, hasilnya adalah majas yang artinya tenang dan sabar. Perumpamaan dapat berarti perumpamaan, makna kata yang tidak benar, simbol, dan sindiran.

Selain itu, berdasarkan thesaurus KBBI, ‘kepala dingin’ ditemukan dalam dua kelas kata, yaitu dari segi kata sifat dan kata benda. Secara adjektif, ‘kepala dingin’ termasuk dalam kelompok kata bisu.

Namun, definisi ini dapat dijelaskan lebih lanjut sebagai berikut.

1. Adjektiva: sunyi

– Adem

– Damai

– Reda

– Teduh

– Kalem

– Lapang pikiran

– Tenang

– Kepala dingin

– Sabar

– Anteng

– Antep

– Diam

– Senyap

– Mantap

– Stabil

Sementara itu, secara nomina, kepala dingin termasuk dalam kelompok kata sabar.

2. Nomina: sabar

– Kepala dingin

– Pemaaf

– Penyabar

Arti Ungkapan Kepala Dingin yang Benar dan Contoh Kalimatnya

Meski begitu, kepala dingin cuma bisa didefinisikan dengan kata lain tergantung dari konteksnya. Beberapa definisi lain dari kepala dingin adalah sebagai berikut.
  • Adjektiva: Sunyi, adem, damai, teduh, sabar, tenang, lapang pikiran, diam, senyap, dan stabil.
  • Nomina: Sabar dan pemaaf.
Sedangkan untuk contoh kalimat dalam berbagai konteks penggunaan kata kepala dingin yang benar adalah sebagai berikut.
  • Saudara-saudara, mari kita selesaikan semua permasalahan ini dengan kepala dingin.
  • Gunakan kepala dingin untuk menyelesaikan semua masalah yang sedang terjadi.
  • Jangan emosi dulu, gunakan kepala dinginmu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selain permasalahan ini.
  • Bapak dan ibu selalu menghadapi permasalahan dengan kepala dingin Terutama ketika melihat menasehati kakak yang dihadapkan pada persoalan perceraian.
  • Zakiah selalu menjadi rujukan teman-temannya ketika menghadapi masalah karena Zakiah selalu memberikan solusi dengan kepala dingin.
  • Bapak kepala desa dijuluki warganya sebagai seseorang yang memiliki kepala dingin tiap kali menyelesaikan permasalahan warga.
  • Meskipun banyak orang yang menghina permasalahan yang dihadapinya, Arif tetap berkepala dingin memandang setiap permasalahan yang ada.
  • Yuni berharap agar bapak dan ibunya bisa menyikapi permasalahan yang sedang mereka hadapi dengan kepala dingin tanpa mengambil keputusan yang bergambar sehingga permasalahan tidak akan melebar kemana-mana.***