mengapa allah swt itu indah nama namanya

 RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan memberi contoh “mengapa allah swt itu indah nama namanya”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemukan jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut adalah contoh “mengapa allah swt itu indah nama namanya”

Sebagai umat Islam, umat Islam pasti mengenal Asmaul Husna. Jika menilik arti Asmaul Husna secara bahasa berarti ‘nama yang indah dan baik’.

Intinya adalah nama-nama yang menggambarkan sifat-sifat Allah SWT yang indah dan baik. Nama-nama Allah SWT atau Asmaul Husna yang indah dan baik ini tercantum dalam kitab suci umat Islam, Al-Qur’an.

Nama-nama indah baik Allah SWT maupun Asmaul Husna berjumlah 99. Sebenarnya nama-nama baik Allah SWT jauh lebih banyak, namun yang paling terkenal jumlahnya adalah 99. Sebagaimana tertuang dalam hadits Bukhari dan Muslim:

“Allah memiliki 99 nama, seratus kurang satu, siapa pun yang memahaminya akan masuk surga.” (HR Bukhari dan Muslim).

Nama-nama ini tidak hanya menunjukkan keindahan, tetapi juga mewakili keagungan dan kesempurnaan-Nya. Mengenai Asmaul Husna, Allah SWT berfirman sebagai berikut:

“Tiada Tuhan selain Allah. Dialah Allah yang memiliki asmaul husna (nama-nama yang paling baik).” (QS. Thaha ayat 8).

Setiap Asmaul Husna memiliki arti dan makna tersendiri yang tentunya sangat baik. 99 nama Allah SWT ini memiliki berbagai keutamaan jika Anda memahaminya. Itulah sebabnya menghafal dan memahami makna Asmaul Husna adalah salah satu hal yang sangat penting.

BACA JUGA:  dari isinya menjelaskan tentang apakah teks prosedur itu

Bagi Anda yang ingin menghafal dan memahami Asmaul Husna, Anda bisa menyimak daftarnya di bawah ini. Dengan begitu, Anda juga akan mendapatkan manfaat Asmaul Husna.

Berikut pengertian Asmaul Husna, manfaat, dan 99 nama Allah SWT yang perlu Anda ketahui, disadur dari Liputan6, Senin (22/3/2021).

Manfaat Menghafal dan Memahami Asmaul Husna

1. Manfaat Menghafalkan dan Memahami Asmaul Husna

Takut Kepada Allah SWT

Hal ini disampaikan Allah SWT melalui firman-Nya dalam surat Ali Imran ayat 191:

“Allaziina yazkurunallaaha qiyaamaw wa qu’udaw wa ‘alaa junubihim wa yatafakkaruna fii khalqis-samaawaati wal-ard, rabbanaa maa khalaqta haazaa baatilaa, sub-haanaka fa qinaa ‘azaaban-naar.”

Artinya:

“(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah SWT sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.”

Mendapatkan Ketenangan Hati

Orang-orang yang mengingat Allah SWT atau melalukan zikir menyebut asma Allah SWT, maka akan mendapatkan ketenangan hati.

Dalam surat Ar Rad ayat 28, Allah SWT berfirman:

“Allaziina aamanu wa tatma’innu qulubuhum bizikrillaah, alaa bizikrillaahi tatma’innul-qulub.”

Artinya:

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah SWT, hati menjadi tenteram.”

Hidup untuk Beribadah

Dengan membaca Asmaul Husna setiap hari, seseorang menjadi selalu ingat atas kekuasaan Allah SWT. Dalam Al-Qur’an surat Thaha ayat 14, Allah SWT berfirman:

“Innanii anallaahu laa ilaaha illaa ana fa’budnii wa aqimis-salaata lizikrii.”

Artinya:

“Sesungguhnya Aku ini adalah Allah SWT, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah salat untuk mengingat Aku.”

BACA JUGA:  Mantap Jiwa! Inilah 4 Proker KKN Akuntansi untuk Masyarakat Desa yang Bakal Bikinmu Makin Hitz!

Dari ayat tersebut Allah SWT memperingatkan umat-Nya untuk senantiasa mengingat dan menyembah-Nya. Seorang Muslim yang benar-benar mengikuti perintah-Nya, hidupnya akan selalu beribadah dan mencari keridaan Allah SWT.***

`