Tujuan Teks Prosedur

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “Tujuan Teks Prosedur”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “Tujuan Teks Prosedur”

Pengertian Teks Prosedur

Pengertian Procedural Text atau Paragraf Prosedural adalah jenis teks yang menjelaskan tentang suatu metode dan langkah-langkah serta bertujuan untuk membuat sesuatu menurut urutan yang telah ditentukan. Sehingga teks mencapai tujuan tertentu atau menjadikan sesuatu yang baik dan benar.

Jadi, konsep teks prosedur adalah jenis teks yang di dalamnya terdapat tahapan atau langkah-langkah yang dijelaskan secara runtut dan berurutan dengan gaya bahasa yang singkat dan jelas. Agar pembaca mudah memahami dan kemudian mengimplementasikan tujuan dari teks yang dibacanya, pembaca harus mempraktekkan langkah-langkahnya di tempat.

Karena pada dasarnya naskah prosedural dapat membantu seseorang melakukan sesuatu, kegiatan, kebiasaan, dan cara tertentu dengan urutan dan langkah yang tepat. Kita kemudian dapat mengatakan bahwa teks tersebut adalah teks yang berisi tutorial. Sehingga dapat membantu setiap orang mencapai tujuannya, baik dalam membuat sesuatu maupun dalam mencapai sesuatu yang diinginkannya.

Karakteristik teks prosedur

Melalui penjelasan mengenai pengertian teks prosedur di atas, kita dapat melihat bahwa teks prosedur merupakan salah satu jenis teks yang mudah dibedakan dengan jenis teks lainnya.

mengapa? Karena teks prosedur memiliki sifat menyampaikan suatu tindakan dan tindakan. Isi teks prosedur selanjutnya harus diikuti oleh pembaca dengan melakukan praktik langsung sesuai dengan isi teks.

Setelah mengetahui pengertian dari procedural text, procedural text memiliki banyak ciri atau karakteristik yang dapat membantu pembaca untuk segera memahami bahwa teks yang dibacanya termasuk dalam procedural text atau jenis teks lainnya. Berikut adalah beberapa karakteristiknya:

1. Berisi langkah-langkah kegiatan
Fitur pertama dari skrip prosedural adalah berisi langkah-langkah aktivitas tertentu. Baik itu langkah membuat piring, mencuci baju, membuat kerajinan tangan, membuat sesuatu, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:  kitab yang dipakai nabi zakaria untuk memimpin umatnya adalah kitab

Biasanya, prosedural script dibuat karena penulis sudah memahami suatu metode dan kemudian ingin membagikan ilmunya kepada orang lain yang membutuhkannya. Jadi misalnya penulis ingin mengetahui cara merawat hewan peliharaan yang benar, maka penulis juga membutuhkan waktu yang lama untuk memahami hal ini.

Artinya, seorang penulis yang telah mengetahui cara dan langkah-langkah yang benar dalam melakukan sesuatu menyadari bahwa cara yang digunakannya dapat bermanfaat bagi orang lain. Karena kemungkinan besar orang lain juga akan mengalami kesulitan dan masalah yang serupa.

Sehingga metode dan tahapan yang sudah diketahui penulis kemudian dituangkan dalam bentuk tekstual. Kemudian, agar teks tertulis terlihat ringkas dan jelas dibuat dalam bentuk teks prosedur. Beberapa orang mungkin berbagi pengetahuan dan cara baru dalam membuat sesuatu sebagai cara untuk berbagi solusi penyelesaian masalah secara gratis.

Namun, ada beberapa orang yang menjadikannya perantara. Misalnya, ada orang yang paham dan tahu persis cara membuat cupcakes yang enak dan empuk dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Namun mereka memutuskan untuk tidak membagikan resep tersebut kepada orang-orang, melainkan memilih untuk membuat bisnis dengan menerima pesanan kue.

2. Ditulis dalam poin
Biasanya teks prosedur ditulis dalam bentuk bullet point atau penomoran. Untuk membuat teks lebih jelas dalam menjelaskan langkah-langkah atau tahapan dari awal sampai akhir kepada pembaca. Namun tidak semua penulis menggunakan teknik ini, karena ada juga penulis yang umumnya membuat teks prosedur berbentuk paragraf.

Sekilas, ketika jenis teks prosedur berbentuk paragraf, maka akan mirip dengan teks naratif. Namun, narasi biasanya dijelaskan secara sederhana tanpa urutan atau langkah apa pun. Jadi jika Anda menemukan jenis teks yang memiliki langkah atau fase dan diikuti dengan teknik penomoran berurutan, hampir pasti itu adalah jenis teks tindakan.

3. Penggunaan saran dan larangan
Isi teks prosedur biasanya berupa saran dan larangan. Untuk kalimat sugestif, ini biasanya diberikan kepada penulis untuk membantu pembaca melalui langkah-langkah dan tahapan dalam melakukan sesuatu dengan benar.

Sehingga mereka mendapatkan hasil yang tepat dan sesuai dengan harapan. Selain itu, penggunaan larangan biasanya disampaikan oleh penulis dengan tujuan untuk membantu pembaca agar tidak terjadi kesalahan pada saat mempraktekkan cara dan tahapan yang telah dijelaskan.

4. Disusun secara sistematis namun detail
Naskah aksinya juga ditulis secara sistematis namun tetap detail. Hal ini dimaksudkan untuk membantu pembaca dengan baik dan benar mempraktekkan langkah-langkah dan prosedur yang disajikan.

BACA JUGA:  27 c berapa kelvin

Sebab, jika ada kesalahan dalam praktik, maka akan membuat hasil yang didapat tidak sempurna atau bahkan gagal. Sehingga teks tindakan harus disajikan secara sistematis. Agar pembaca dapat mempraktekkannya secara berurutan dari awal hingga akhir dan mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Berikan informasi yang objektif
Hal yang digambarkan dalam teks tindakan biasanya bersifat objektif. Karena hal-hal yang disajikan dalam teks tidak berasal dari imajinasi atau kreasi pengarang.

Namun dari analisa, pengalaman dan percobaan yang dilakukan oleh penulis. Jadi, para pembaca tidak akan terpapar oleh tindakan yang salah.

6. Berisi angka atau urutan
Seperti yang telah kita bahas di atas, teks prosedur ini berisi langkah atau fase yang dilakukan dan dituliskan dalam bullet point. Oleh karena itu, teks biasanya berisi angka atau urutan. Termasuk ketika menulis dalam bentuk paragraf, sehingga ada kalimat pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya.

Jenis Teks Prosedur

Setelah memahami pengertian dan ciri-ciri teks prosedur, jenis-jenis teks prosedur dibagi menjadi tiga jenis jika dilihat dari isi dan tujuan teks. Jadi, konten yang dibahas di dalamnya tidak selalu membantu pembaca untuk membuat sesuatu. Namun dapat juga digunakan pengarang untuk menggambarkan suatu tindakan di luar isi teks dengan menambahkan alat dan bahan.

Berikut ini adalah jenis-jenis teks prosedur:

A. Teks untuk menggunakan alat atau objek
Jenis teks prosedur yang pertama berisi prosedur atau langkah-langkah yang menjelaskan penggunaan objek atau alat tertentu. Kemudian, Anda juga bisa menjelaskan secara lengkap penggunaan beberapa bahan beserta takarannya. Isi dan tujuan dari teks prosedural jenis ini bertujuan untuk menjelaskan pembuatan sesuatu.

B. teks untuk melakukan suatu kegiatan
Jenis teks tindakan ini sering digunakan untuk menjelaskan suatu kebiasaan dan juga merupakan fitur yang berguna bagi banyak orang. Oleh karena itu, sebuah skrip prosedural tidak selalu memuat proses pembuatan objek atau alat. Tetapi juga dapat digunakan untuk menggambarkan aktivitas atau kegiatan dan kebiasaan yang baik.

Selain jenis-jenis teks prosedur berdasarkan isi dan tujuannya seperti yang telah dijelaskan di atas, teks prosedur juga dapat dibedakan berdasarkan tingkat kerumitannya. Untuk penjelasan lengkapnya, simak informasi di bawah ini:

BACA JUGA:  contoh perkembangan

1. Skrip tindakan sederhana
Pemahaman teks prosedur semacam ini merupakan teks yang langkah-langkahnya hanya sedikit dan prosesnya juga tidak sulit untuk diikuti dan dipraktikkan. Contoh action script antara lain cara membuat sup ayam, cara membuat tumis lobak, dan sebagainya.

2. Teks prosedur kompleks
Pengertian teks prosedur kompleks adalah teks yang memuat banyak langkah atau tahapan yang kompleks dan sangat kompleks. Bahkan dimungkinkan untuk satu langkah dan langkah lainnya dieksekusi secara paralel dan juga seri. Namun, ada hal wajib yang harus diingat pembaca, yaitu soal akurasi.

3. Teks prosedur protokoler
Pengertian action script yang satu ini adalah action yang dapat dilakukan secara bergantian dan tidak terpaku pada urutan yang tetap. Jadi Anda bisa melakukan ini dari segi pertama, yang terpenting adalah tujuan akhir dari langkah yang diambil adalah sama.

Struktur teks prosedur

Teks Prosedur memiliki beberapa struktur penulisan yang berbeda, berikut adalah beberapa struktur dalam action text:

1. Perkenalan atau pendahuluan
Umumnya, struktur teks prosedur dimulai dengan judul, diikuti dengan kalimat pembuka atau pengantar. Pada pendahuluan, penulis akan menjelaskan sedikit tentang topik yang akan dijelaskan. Dari awal tahap pembuatan hingga praktek langsung. Beberapa jenis action script juga menjelaskan manfaat dan tujuan penulisannya.

2. Bahan
Bagian selanjutnya adalah penulis menjelaskan dan menyebutkan bahan-bahan yang digunakan. Misalnya dalam membuat suatu sajian makanan, maka akan dicantumkan beberapa bahan yang digunakan lengkap dengan takarannya. Saat menulis tentang pembuatan kerajinan, penulis juga akan menjelaskan bahan dan ukurannya.

3. Langkah
Bagian selanjutnya dari procedure text adalah tahapan atau langkah-langkah dari topik yang dibahas. Oleh karena itu, penulis akan mencoba menjelaskan tahapan-tahapannya agar memudahkan pembaca untuk memahami dan mempraktekkannya secara langsung. Biasanya penulis menjelaskannya dalam bentuk urutan angka atau titik dan bisa juga dalam bentuk paragraf yang diberikan secara berurutan.

4. Kesimpulan
Di akhir teks aksi yaitu epilog atau yang biasa juga disebut epilog. Sesuai dengan namanya, pada bagian ini penulis akan memaparkan kesimpulan dari kegiatan yang dibahas pada Tahapan dan Prosedur, serta menambahkan beberapa saran dari penulis.

Kesimpulan dari tujuan teks prosedur adalah menunjukkan atau menjelaskan bagaimana mengerjakan sesuatu dengan langkah-langkah yang urut.

Itulah artikel terkait tujuan teks prosedur. Semoga bermanfaat***