bentuk gerakan kaki pada renang gaya bebas adalah

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan memberi contoh “bentuk gerakan kaki pada renang gaya bebas adalah”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemukan jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut adalah contoh “bentuk gerakan kaki pada renang gaya bebas adalah”

Bentuk gerakan kaki dalam renang gaya bebas adalah menggerakkan kaki menggunakan tempo bolak-balik dan cepat naik turun. Gerakan ini dipusatkan pada pangkal paha untuk mendapatkan tenaga penuh saat menggerakan kaki untuk menambah dorongan.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kecepatan tubuh saat berenang dan menjaga ritme gerakan yang konsisten. Gaya berenang ini terlihat cukup mudah dilakukan namun tidak untuk dipraktekkan.

Meski dikenal sebagai gaya bebas, fakta menunjukkan masih ada beberapa hal yang patut diperhatikan dan harus dikuasai terlebih dahulu.

dalam renang gaya bebas terdapat faktor-faktor yang perlu diperhatikan antara lain posisi tubuh, gerakan kaki, gerakan lengan, pernafasan dan koordinasi gerakan.Bentuk gerakan kaki dalam renang gaya bebas adalah sebagai berikut:

Bentuk gerakan kaki dalam renang gaya bebas adalah
Berenang merupakan salah satu olahraga air yang digemari oleh banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Karena dengan bermain air olahraga ini memberikan rasa segar sekaligus menyehatkan tubuh.

Namun, Anda perlu mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan seperti penjelasan di atas. Disini kita akan membahas jenis-jenis hal yang perlu diperhatikan dalam renang gaya bebas.

BACA JUGA:  dalam interval training tingkat kerja anaerobik waktu istirahatnya adalah

Berikut bentuk gerakan kaki yang benar dalam renang gaya bebas:

1. Posisi Tubuh
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah posisi badan untuk renang bebas adalah telungkup dengan kepala sejajar dengan badan dalam posisi netral. Jadi, saat berenang dahi dan muka menghadap ke air/bawah.

Hal ini untuk menghindari tubuh bagian depan terangkat terlalu tinggi, karena akan mengakibatkan pergerakan tubuh terhambat yang dapat meningkatkan risiko cedera bahu atau lengan.

2. Gerakan Kaki
Fungsi dari gerakan kaki adalah untuk menyeimbangkan seluruh tubuh dalam satu garis lurus sehingga performa kecepatan anggota tubuh tetap konsisten sekaligus menghindari resiko cedera.

Gerakan kaki juga dikenal sebagai amplitudo di mana jarak antara satu kaki maksimum di atas kaki lainnya. Footwork juga memiliki ritme gerakan dari 2 tendangan kaki dalam 1 ronde renang atau 4 tendangan kaki dalam 1 ronde renang.

3. Gerakan Lengan
Gerakan lengan dalam renang gaya bebas ada 2 yaitu recovery dan rowing. Dalam gerakan pemulihan, selama gerakan lengan di luar air, Anda harus menggerakkan telapak tangan saat keluar dari air untuk membawanya ke depan kepala dan masuk ke dalam air.

Sedangkan gerakan mendayung biasanya merupakan gerakan mendorong. Gerakan ini dimulai dari ujung jari tengah menyentuh air hingga selesai berayun keluar air. Gerakan ini cukup vital dan harus dilakukan dengan benar.

4. Bernapas
Pada stream line, pernafasan akan sangat mempengaruhi posisi tubuh saat melakukan renang gaya bebas. Oleh karena itu, rotasi untuk bernafas harus dilakukan dengan sumbu atau sumbu rotasi agar garis lurus tubuh tidak naik terlalu tinggi.

5. Koordinasi Gerakan
Pastikan gerakan lengan saat mendorong dilakukan dengan menusuk terlebih dahulu dengan telapak tangan menghadap ke luar pada permukaan tarikan.

BACA JUGA:  proker kkn ilmu komunikasi

Kemudian, gerakan kaki dilakukan dengan menendang sekaligus persiapan menarik atau membuang napas melalui mulut dan hidung. Koordinasikan gerakan ini secara konsisten dan bergantian antara kiri dan kanan.

Bentuk gerakan kaki dalam renang gaya bebas adalah dengan menggunakan cara naik turun secara bergantian dan dilakukan dengan cepat. Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam renang gaya bebas.***