Daftar Aplikasi Bansos

Daftar Aplikasi Bantuan Sosial Tunai Kemensos

Terdapat cara daftar aplikasi bantuan sosial tunai bisa membantu Anda apabila belum terdaftar. Dana bantuan sosial yang diberikan oleh pihak Kementerian Sosial pastinya sangat membantu pihak-pihak yang membutuhkan. Pada saat ini pihak Kementerian Sosial juga mengeluarkan aplikasi cek bansos yang resmi dikeluarkan oleh pihak mereka.

Pastinya cara daftar aplikasi bansos ini bisa membantu para penerima untuk melakukan pengecekan maupun melakukan pendaftaran. Walaupun melakukan pendaftaran dan secara mandiri bukan berarti Anda bisa melakukan penipuan.

Karena pihak Kementerian Sosial akan melakukan verifikasi dan pengecekan data secara langsung untuk membuktikan apakah Anda memang orang yang layak untuk mendapatkan bantuan tersebut atau tidak.

Mengunduh Aplikasi Dan Melakukan Registrasi

Jika Anda ingin daftar aplikasi bantuan sosial tunai online maka langkah awal harus mengunduh aplikasi  bantuan sosial tunai. Aplikasi ini bisa diunduh apabila Anda memiliki smartphone, di mana Anda bisa mengakses Play Store dan mengetik kata kunci Aplikasi Cek Bansos. Nantinya akan mengeluarkan beberapa aplikasi dan Anda harus memilih yang developernya adalah pihak Kementerian Sosial.

Karena ada banyak sekali aplikasi serupa yang dibuat bukan oleh Kementerian Sosial sehingga jika Anda mendaftar di aplikasi tidak resmi akan merugikan diri sendiri. Lalu cara daftar aplikasi bantuan sosial tunai  selanjutnya adalah dengan melakukan registrasi dengan memilih menu “usul” dan “sanggah”.

Tentunya Anda bisa mengakses menu ini apabila memiliki user ID yang telah diverifikasi dan diaktivasi oleh pihak kementerian sosial. Ketika proses registrasi maka persiapkan nomor Kartu Keluarga, NIK dan KTP. Apabila proses registrasi berhasil maka Anda bisa mengakses menu pada aplikasi ini.

Memilih Menu

Langkah lainnya dalam daftar aplikasi bantuan sosial tunai Kemensos adalah dengan memilih menu daftar usulan lalu tambah usulannya. Dengan adanya menu ini maka pemilik akun bisa mendaftarkan dirinya maupun orang lain seperti keluarga dan fakir miskin kenalan.

Selain itu jika mengusulkan dari pihak keluarga sendiri maka harus dalam satu KK. Jangan lupa pula untuk memperhatikan kolom yang harus diisi dalam menu tersebut di mana seluruh data yang diperlukan wajib diisi tanpa terkecuali.

Karena hal ini bisa memberikan pengaruh terhadap orang yang akan diusulkan nanti pada saat melakukan registrasi. Apalagi data tersebut akan disesuaikan dengan data yang ada di Dukcapil. Kemudian pilihlah menu pilih jenis bansos di mana akan muncul apabila NIK  yang dimasukkan telah masuk kedalam data DTKS.

Apabila proses pengusulan data berhasil maka akan keluar nama, NIK dan status kesesuaian dari Dukcapil sesuai dengan wilayah dan pengusulan KK. Jadi proses pendaftaran ini juga tidak memakan waktu lama sehingga tidak merepotkan. Apalagi dengan informasi ini bisa dijadikan sebagai pegangan pada saat mempraktikkan  cara daftar aplikasi bantuan dana sosial.

INSTAL

 

Kata KunciAplikasi Bansos Umkm -Aplikasi Bantuan Sosial -Aplikasi Bantuan Sosial Tunai-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.