contoh populasi

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “contoh populasi”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “contoh populasi”

Banyaknya manusia dalam suatu lingkungan akan menghasilkan berbagai interaksi sosial. Tidak hanya interaksi sosial, peningkatan jumlah penduduk juga dapat mempengaruhi jumlah penduduk di suatu daerah. Populasi itu sendiri dapat bertambah atau berkurang.

Definisi populasi

Sebelum membahas apa itu populasi, kita harus menyimpang dari definisi populasi itu sendiri. Apa itu populasi? Populasi sering diartikan sebagai jumlah keseluruhan atau banyaknya objek penelitian, jika kita pahami secara singkat.

Secara lebih rinci, populasi adalah jumlah keseluruhan yang terdiri dari individu-individu atau bahkan unit-unit yang akan dipelajari sehubungan dengan ciri-cirinya. Selanjutnya individu-individu atau unit-unit tersebut disebut unit analisis, yang darinya unit analisis ini dapat berupa wujud utuh, manusia, atau bahkan institusi (Djarwanto, 1994:420).

Pengertian penduduk menurut KBBI

Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), penduduk berarti seluruh jumlah penduduk atau perseorangan dalam satu kecamatan atau kecamatan. Populasi juga merupakan sekelompok orang, benda, atau apapun yang dapat dijadikan sebagai sumber sampling. Oleh karena itu, kelompok ini memuat kriteria yang memenuhi syarat untuk digunakan dalam pemecahan masalah penelitian.

Pengertian penduduk menurut para ahli

Populasi memiliki banyak arti, sejumlah ahli juga mencoba mendefinisikan arti populasi itu sendiri. Berikut adalah pengertian populasi yang dijelaskan oleh para ahli :
18. Definisi Penduduk Menurut Mulyatiningsih (2011:19)
Mulyatiningsih mendefinisikan populasi sebagai sekumpulan orang, organisasi, hewan maupun tumbuhan yang tentunya mempunyai ciri atau sifat khusus yang harus diperhatikan dalam penelitian. Populasi tersebut kemudian diubah menjadi wilayah-wilayah yang kesimpulannya digeneralisasikan dari hasil studi.

BACA JUGA:  rumus fiil mudhari adalah

1. Definisi Penduduk Howell (2011: 7)
Selanjutnya, Howell mendefinisikan populasi sebagai sekumpulan peristiwa, situasi, atau keadaan di mana siapa pun yang dikenalnya akan tertarik dengan peristiwa tersebut.

2. Pengertian Penduduk menurut Ismiyanto
Terakhir, ada definisi populasi menurut Ismiyanto, berdasarkan pendapatnya populasi adalah jumlah keseluruhan objek atau jumlah subjek dalam penelitian, bisa manusia, objek atau apapun jumlahnya, kita bisa mendapatkan banyak informasi. untuk data penelitian yang sedang dipelajari.

3. Mendefinisikan jumlah penduduk menurut Nazir (2005)
Populasi, menurut Nazir, adalah sekelompok individu yang memiliki sifat, sifat, dan sifat khusus yang diperlukan oleh peneliti. Karakteristik, kepribadian, dan keunikan inilah yang disebut variabel. Nazir kemudian membagi populasi menjadi dua bentuk, yaitu populasi terbatas dan populasi tak terbatas.

4. Pengertian penduduk menurut Margono (2004)
Pakar selanjutnya yang menjelaskan tentang populasi adalah Margono, dan menurutnya populasi adalah keseluruhan data yang kemudian menjadi topik utama atau pusat perhatian peneliti. Pusat perhatian ini harus berada dalam jangkauan dan waktu yang ditentukan oleh peneliti. Populasi sendiri sangat erat kaitannya dengan data, jika data tersebut disediakan oleh individu manusia, maka besar populasi pada akhirnya akan sama dengan jumlah manusia.

5. Mendefinisikan jumlah penduduk menurut Zoriya (2009:116)
Zuriah mendefinisikan populasi sebagai semua data yang menjadi perhatian khusus peneliti dalam rentang dan waktu tertentu.

6. Mendefinisikan penduduk menurut Bungin (2000:40)
Bungin juga mendefinisikan apa itu populasi, dan menurutnya populasi adalah (keseluruhan) alam semesta dari sesuatu yang dijadikan obyek kajian, baik itu manusia, tumbuh-tumbuhan, manusia, udara, nilai-nilai, peristiwa, situasi kehidupan dan juga yang lainnya. . Dengan cara ini, objek yang digunakan adalah objek utama yang digunakan sebagai sumber data dalam prosedur pencarian.

7. Pengertian penduduk menurut Widiyanto (2010:5)
Populasi juga didefinisikan oleh Widiyanto, yang secara jelas menyatakan bahwa populasi adalah kumpulan atau kelompok objek yang akan digeneralisasikan sesuai dengan hasil penelitian.

Karakteristik populasi

Populasi juga memiliki karakteristik tersendiri. Secara umum ciri-ciri populasi terbagi menjadi dua bagian yaitu ciri-ciri populasi dalam lingkup biologi dan juga ciri-ciri populasi dalam lingkup statistik.

BACA JUGA:  letak dan luas indonesia

Karakteristik populasi dalam ruang lingkup biologi

Demografi yang ada dalam lingkup biologi dapat dilihat dari adanya suatu organisasi dan tentunya juga struktur organisasi yang sifatnya tetap dan fluktuatif menurut waktu. Pada ciri ini, penduduk memiliki riwayat hidup yang berlangsung sejak lahir di dunia ini hingga meninggal dunia.

Populasi dalam ruang lingkup biologi dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari pengaruh lingkungan dan juga dapat merespon perubahan lingkungan.

Berikut ini adalah ciri-ciri memiliki sekelompok individu yang membentuk populasi dalam ruang lingkup biologi:

  • Memiliki organisasi serta struktur organisasi adalah konstan dan juga berfluktuasi setelah waktu terjadinya.
  • Ada riwayat hidup atau disebut juga pewarisan genetik yang terjadi mulai dari kelahirannya, kemudian ia tumbuh dan usia terus bertambah hingga akhirnya ia tumbuh besar dan mati.
  • Itu dipengaruhi oleh pengaruh lingkungan dan juga mampu merespons lingkungan.
  • Ada keturunan dalam populasi.
  • Ada integrasi dengan banyak faktor yang berkaitan dengan genetika dan lingkungan. Contohnya termasuk kemampuan beradaptasi, kapasitas reproduksi, dan ketekunan.
  • Karakteristik populasi dalam lingkup statistik
  • Karakteristik populasi yang termasuk dalam ruang lingkup statistik berkaitan dengan kepadatan dan juga ukuran populasi itu sendiri yang mencakup berbagai variabel atau parameter kunci yang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kematian dan kelahiran.

Ciri-ciri yang masuk dalam ruang lingkup statistika itu sendiri adalah persebaran penduduk dan juga dapat dipengaruhi oleh sebaran objek-objek tertentu, dan juga dipengaruhi oleh iklim, cuaca, struktur dan juga umur dari objek-objek yang ada.

Berikut ciri-ciri keberadaan kelompok individu yang membentuk populasi dalam rentang statistik:

  • Ciri pertama adalah ketika kepadatan atau ukuran populasi menjadi parameter utama populasi yang dipengaruhi oleh berbagai faktor populasi, termasuk kelahiran dan kematian.
  • Penyebaran tentu saja sangat dipengaruhi oleh persebaran organisme tertentu, dan kemudian juga oleh kondisi iklim, kondisi atmosfir, kondisi struktur, dan umur objek.
  • Itu dipengaruhi oleh adanya susunan genetik
  • Ada persebaran atau disebut juga sebaran tetapi yang membedakan dari persebaran ini adalah persebaran ini adalah persebaran individu ke suatu populasi di dalam suatu populasi.

faktor yang mempengaruhi jumlah penduduk

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi populasi. Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi populasi.

BACA JUGA:  desain baju kkn keren

kelahiran (kelahiran)
Salah satu faktor yang mempengaruhi jumlah penduduk adalah kemampuan penduduk untuk menjadi lebih banyak sehingga menyebabkannya bertambah banyak. Ini dikenal sebagai partus atau persalinan. Partus terjadi ketika seseorang melahirkan individu baru yang dapat muncul saat dilahirkan atau menetas melalui telur dalam perkembangannya.

Dalam persalinan, ada dua aspek penting yang harus dipahami, fertilitas dan fertilitas. Apa itu kesuburan? Fertilitas adalah tingkat fungsi reproduksi yang kemudian dapat dicapai dalam suatu populasi. Tingkat kesuburan biasanya diukur dengan jumlah sel telur yang sudah ada sebelumnya atau dalam bahasa sederhananya jumlah telur yang lahir dan menetas.

Fertilitas itu sendiri, kemudian, adalah potensi tingkat fungsi suatu populasi yang mampu bereproduksi dan melahirkan individu baru.

moralitas (kematian)
Faktor berikutnya yang mempengaruhi populasi adalah moralitas, yang berarti tingkat kematian individu dalam populasi. Etika sendiri memiliki dua jenis, yang pertama adalah etika lingkungan dan yang kedua adalah etika minimal.

Etika lingkungan adalah jumlah kematian individu di antara suatu populasi karena kondisi lingkungan tempat tinggal populasi tersebut. Berbeda dengan etika lingkungan, etika minimal adalah kematian individu karena usia tua.

Migrasi dan perpindahan
Imigrasi juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi populasi. Pergerakan penduduk di suatu wilayah atau lainnya akan berpengaruh terhadap jumlah penduduk dan dapat berdampak pada peningkatan atau penurunannya.

Penyempitan dan perluasan wilayah
Dengan menyempitnya wilayah ini juga berdampak pada jumlah penduduk. Hal ini karena kawasan yang ditempati oleh penghuninya harus memiliki tempat tinggal yang nyaman. Oleh karena itu, dengan semakin menyempitnya wilayah penduduk maka akan menyebabkan peningkatan kepadatan penduduk.

Penyempitan bidang ini dapat terjadi karena kebiasaan masyarakat yang dapat mengatur laju reproduksi dan perkembangan teknologi.

Kesimpulan dari pertanyaan contoh populasi adalah

Contoh populasi Amerika, populasi Indonesia, populasi Cina dan lain-lain. Definisi populasi disebut juga sebagai kumpulan kelompok tertentu, yang hidup dalam dimensi geografis yang punya ciri sangat spesifik. Singkatnya, populasi adalah suatu “kelompok” yang hidup di suatu tempat tertentu. Semoga bermanfaat***