sumber daya alam singapura

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas sumber daya alam singapura mari kita lanjutkan

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari sumber daya alam singapura

Singapura adalah salah satu negara di benua Asia. Negara ini memiliki posisi tertinggi dalam bidang ekonomi. Pada hari-hari awal kemerdekaannya, Singapura memiliki ekonomi yang sangat lemah dengan PDB hanya $516 karena tingkat pengangguran dan buta huruf di negara tersebut sangat tinggi pada saat itu.

Meskipun sumber daya alam Singapura sangat langka, negara ini mampu memaksimalkan penggunaan sumber daya yang kecil tersebut untuk meningkatkan perekonomiannya. Singapura memiliki industri berbasis SDA yang maju. Inilah kunci Singapura untuk menjadi raksasa ekonomi di Asia Tenggara, bahkan dunia.

Negara-negara ASEAN yang kaya bahan tambang mentah mengekspornya ke Singapura untuk diolah menjadi berbagai barang kebutuhan.
Sebagai contoh, Indonesia menjual minyak mentah ke Singapura untuk diolah di sana. Setelah jadi, Singapura menjual produk olahan ke Indonesia, tentu dengan harga yang berkali-kali lipat.
Dalam buku Geografi dan Sosiologi (2007) karya Sugiharyanto, pertambangan dan pertanian yang menjadi andalan beberapa negara di Asia Tenggara tidak dimiliki Singapura. Alhasil mereka mengimpor barang-barang tambang dari beberapa negara seperti Indonesia.

Pada tahun 2018, PDB Singapura menduduki peringkat ke-41 di antara yang tertinggi di dunia dengan perkiraan nilai PDB sekitar US$349.659. Sementara PDB per kapita adalah yang tertinggi kedelapan di dunia dengan $61.766.

  • Meski memiliki sumber daya alam yang terbatas, Singapura memiliki potensi alam yang menggiurkan, yaitu:
  • Singapura memiliki banyak waduk yang dapat digunakan untuk irigasi, pasokan air bersih, dan sumber energi.
  • Singapura terletak strategis di jalur pelayaran internasional.
  • Kondisi tanah relatif rata atau rata, sehingga pembangunan dapat berlangsung ke segala arah tanpa hambatan alam yang berarti.
  • Ini memiliki banyak pulau yang mengelilingi pulau utama.
BACA JUGA:  Berikut ini adalah contoh hak warga negara indonesia

Langkah yang diambil pemerintah Singapura untuk meningkatkan perekonomiannya adalah dengan melestarikan dan memaksimalkan sumber daya alam negara tersebut. Selain itu, pemerintah Singapura telah membentuk Economic Development Council yang salah satu programnya adalah fokus pada optimalisasi sumber daya alam Singapura.

Berikut ini adalah beberapa sumber daya alam yang ada di Singapura:

1. Peternakan
Sumber daya alam Singapura selanjutnya mengacu pada sumber daya hewan. Di Singapura, banyak peternak memelihara hewan ternak seperti babi dan unggas. Namun, karena khawatir akan dampak buruk pada lingkungan peternakan dan bau busuk, pemerintah Singapura akhirnya merencanakan sebuah proyek untuk memberantas peternakan babi di negara tersebut pada tahun 1984.

Namun, hal ini tidak berjalan mulus karena jumlah peternakan babi meningkat pada tahun 1987 menjadi sekitar 500.000 ekor babi yang dipelihara oleh 200 peternak. Pemerintah sedang merencanakan proyek lain untuk mengurangi peternakan babi.

Hanya 22 petani dengan hingga 300.000 hewan peliharaan yang direncanakan. Kekurangan hewan ini nantinya bisa didatangkan dari negara seperti Indonesia, Malaysia dan Thailand.

Selain peternakan babi, Singapura juga memiliki peternakan unggas yang cukup besar yang produksinya ditujukan untuk konsumsi dalam negeri. Ada sekitar 1.000 peternakan unggas di negara ini dengan 2 juta ayam petelur dan 1,6 juta ayam pedaging.

Pemerintah Singapura bekerja sangat keras untuk menjaga negara bebas dari penyakit terkait hewan.

2. Ikan
Ikan adalah bagian dari sumber daya alam Singapura. Ada dua kategori eksploitasi sumber daya ini, yaitu penangkapan ikan komersial, biasanya dilakukan di Samudera Hindia dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan lokal. Ada lebih banyak keberuntungan dengan Sinterklas, yang Disampaikan di Punggol Point Detty, Serangoon Reservoir, dan Woodlands Jetty.

BACA JUGA:  ciri ciri rarakitan

Hingga saat ini, pemerintah Singapura selalu menganjurkan untuk mendukung warganya agar dapat mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya ikan tersebut. Penciptaan tempat wisata pemancingan dan penyediaan kapal penangkap ikan di laut selalu menjadi program wajib Pemerintah Singapura.

3. Tanah subur
Tanah merupakan salah satu contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Menurut Bank Dunia pada tahun 1966, lahan subur di Singapura diperkirakan telah menyusut menjadi hanya 6% dari total luas lahan negara tersebut.

Pada 2015, lahan subur berkurang menjadi 0,8% dari luas daratan Singapura. Hal ini disebabkan menurunnya perekonomian sektor pertanian.

Data statistik menunjukkan bahwa 0,95% merupakan pendapatan sektor pertanian. Selain pertanian, ada juga peternakan di daerah pedesaan.

Ada juga hasil tanaman yang bisa dibuat di sana berupa aneka buah-buahan seperti durian dan jamur. Sebagian besar makanan juga bersumber dari negara ini.

Lahan pertanian yang terbatas merupakan hambatan terbesar bagi agribisnis di Singapura.

4. Bunga
Singapura juga memproduksi bunga untuk diekspor ke Jepang, AS, dan Australia. Hal ini tentunya dapat memberikan kontribusi yang sangat penting bagi perekonomian negara.

Pada tahun 1988, pemerintah Singapura mampu mengekspor bunga senilai sekitar $13,8 juta. Bunga yang paling banyak ditanam adalah anggrek, dengan perkiraan 153 rumah tangga yang menanam anggrek.

5. Buah-buahan
Ada juga beberapa komoditas penting di Singapura, termasuk buah-buahan. Dulu, buah yang paling populer ditemukan di kawasan Ochard Road. Namun, kebun itu digantikan oleh proyek pembangunan jalan raya besar.

Dari hasil produksi buah dalam negeri ini, sebagian besar hanya untuk konsumsi penduduk setempat dan hanya sebagian kecil yang dapat diekspor ke negara lain.

6. Pemandangan yang bagus
Sumber daya alam Singapura selanjutnya terkait dengan kondisi alam negara tersebut. Dengan bentang alamnya yang indah, Singapura adalah salah satu tempat wisata paling populer di dunia.

BACA JUGA:  bahasa inggris pengagum rahasia

Pada 2017, 17 juta pengunjung mengunjungi negara itu. Tempat yang terkenal dengan pemandangannya yang indah adalah Sentosa Island, Bay East Garden dan Pulau Ubin yang biasa dikenal dengan Granite Island.

Singapura juga merupakan rumah bagi salah satu ekosistem terpenting, yaitu Lahan Basah Chek Jawa, seluas sekitar 0,386 mil yang terletak di Kepulauan Granit.

Pada tahun 2000 Lahan Basah Chek Jawa digunakan sebagai proyek pembangunan. Namun, seiring waktu, proyek itu ditangguhkan. Singapura juga memiliki air terjun dalam ruangan tertinggi di dunia.

Salah satu sektor terpenting di Singapura adalah sektor pariwisata karena tidak hanya dapat memberikan kontribusi yang sangat penting bagi PDB negara tetapi juga dapat mengurangi pengangguran.

Pemerintah Singapura membentuk Dewan Pariwisata Singapura untuk mempromosikan negara tersebut. Ini merupakan langkah untuk meningkatkan kemajuan di sektor pariwisata.

Beberapa turis yang sering berkunjung ke Singapura adalah turis dari negara-negara Asia seperti Malaysia, China dan Indonesia, sedangkan untuk Eropa biasanya turis dari Jerman dan Inggris.

 

Itulah artikel terkait sumber daya alam singapura. Semoga bermanfaat untuk anda***

`