tempat belajar saham untuk pemula

Tempat Belajar Saham untuk Pemula Lebih Mahir dalam Pasar Modal

Sebagai investor pemula yang baru terjun di dunia saham mungkin saja jenis investasi satu ini justru membuat Anda takut. Terlebih saat muncul perasaan khawatir akan kerugian dan kesalahan saat memilih keputusan. Lantas dimana tempat belajar saham untuk pemula yang jadi rekomendasi?

Situs Online untuk Tempat Belajar Saham bagi Pemula

Beberapa situs berikut ini menyediakan fitur simulasi jual beli yang bisa Anda akses secara online. Jika memilih cara kurang tepat, maka dampaknya tidak akan sebesar kesalahan pada saat praktik pada pembelian dan penjualan secara nyata. Adapun daftar situsnya adalah di bawah ini:

1.      Stockbit

tempat belajar saham untuk pemula

Opsi situs pertama adalah Anda bisa memilih Stockbit. Dari beberapa sumber mengatakan bahwa data pada simulasi di dalam situs Stockbit selalu sesuai dengan informasi di dalam Bursa Efek Indonesia. Maka dari itu, sebagai pemula pun rasanya dapat belajar berdasarkan kejadian di pasar modal nyata.

Menariknya Anda juga bisa bergabung ke dalam komunitas dengan kegiatan untuk mengobrol dan berbagi informasi seputar saham dan investasi. Sebenarnya Stockbit adalah aplikasi mobile. Namun tetapi pengguna tetap dapat mengaksesnya lewat situs website.

2.      Investopedia Stock Simulator

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan situs dari Investoopedia Stock Simulaor menjadi pilihan situs untuk melakukan simulasi saham. Dari website resminya pun mengatakan bahwa pengguna akan memperoleh uang virtual sejumlah 100 ribu dolar AS sebagai modal untuk belajar trading saham.

BACA JUGA:  Sejarah Bursa Efek Indonesia, Mari Kita Pelajari Seluk-Beluknya

Selain itu ada juga fitur yang tersedia untuk mengobrol bersama lebih dari 700 ribu orang dari seluruh dunia jika sudah tergaung di dalam sebuah komunitas. Sebagian besar saham pada simulasi ini adalah saham yang benar-benar ada di dalam American Stock Exchange dan New York Stock Exchange.

3.      Wall Street Survivor

tempat belajar saham untuk pemula

Bagi Anda yang sedang ingin bermain simulasi saham gratis tanpa ada pungutan biaya, maka jawabannya adalah cobalah mengunjungi Wall Street Survivor. Bahkan beberapa pengguna berkesempatan memperoleh hadiah nyata. Tentu saja hal ini terdengar begitu menarik bagi pemula.

Situs simulasi saham ini sebenarnya rutin untuk mengadakan kontes bulanan. Bahkan beberapa diantaranya mempunyai hadiah dalam bentuk buku digital, uang tunai dan lain-lain. Selain itu pengguna juga dapat mempunyai kebebasan membuat kontes sekreatif mungkin atau mengundang teman lain.

4.      How The Market Works

Pengguna situs ini telah tercatat sudah lebih dari 400 ribu user bahkan lebih. How The Market Works juga bisa jadi pilihan alternatif gratis tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Situs resminya pun mengatkan bahwa opsi situs ini sejatinya banyak digunakan oleh kalangan mahasiswa atau pelajar.

Akan tetapi, ada juga komunitas atau orang dewasa yang sebenarnya sedang berlatih di dunia trading menggunakan situs saham satu ini. Sebagai pemula, akan langsung memperoleh uang virtual sebesar 100 ribu dolar AS. Selanjutnya bisa menggunakannya untuk mengakses ke berbagai situs saham lain.

5.      Market Watch Virtual Stock Exchange

tempat belajar saham untuk pemula

Pilihan situs untuk mempelajari saham secara gratis berikutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Market Watch Virtual Stock Exchange. Pemiliknya sendiri ialah perusahaan besar di bidang media bursa saham, MarketWatch. Situs resminya pun mengatakan jika ada banyak fitur menarik di dalamnya.

BACA JUGA:  Investasi di Non-Fungible Tokens (NFT)

Salah satunya adalah Market Watch Virtual Stock Exchange pun menawarkan fitur bagi pengguna untuk kustomisasi jual beli game saham. Bahkan Anda juga berkempatan bisa mengubah tampilan watchlist alias apa saja yang harus masuk di dalam tampilan pantauan saat proses jual beli.

6.      Stock Trak

Walau biasanya situs Stock Trak ini banyak disukai oleh kalangan mahasiswa dan pelajar, namun website ini menjadi pilihan bagi banyak investor pemula. Tentu saja bukan tanpa alasan karena memiliki berbagai fitur menarik di dalamnya terasa sangat memudahkan dan tidak membuat bingung.

Situs ini pun juga menawarkan analisis portofolio saham, tampilan grafik hasil jual beli dan lain-lain. Bahkan Anda bisa mendapatkan informasi mengenai pergerakan saham yang paling aktif, keuntungan laba paling besar dan sebagainya untuk meningkatkan ketertarikan dan semangat di dunia saham.

7.      Virtual Stock Exchange

tempat belajar saham untuk pemula

Alternatif tempat belajar saham untuk pemula berikutnya yakni Anda bisa mengunjungi situs Virtual Stock Exchange. Website resminya menyebutkan bahwa pengguna dari web simulasi ini berasal dari berbagai negara termasuk juga di Indonesia.

Bahkan Anda pun dapat menggunakan situs ini secara gratis alias cuma-cuma tanpa adanya pungutan biaya. Menariknya lagi, Virtual Stock Exchange juga menyediakan layanan berupa learning center sehingga memungkinan pengguna dapat belajar lebih banyak lagi mengenai saham dan trik jual beli.

Tips Belajar Saham untuk Pemula

Bagaimana tips belajar saham bagi pemula memang penting untuk mereka ketahui. Terlebih jika sebelumnya memang belum memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman. Mengingat bahwa saham sendiri adalah salah satu produk dengan resiko tinggi dan harus meminimalisir resikonya.

1.      Memilih Sekuritas pada Tingkat Biaya yang Kecil

Tips belajar saham pertama kali yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih salah satu saja antara berbagai pilihan perusahaan sekuritas. Jadi biaya antar perusahaan sekuritas bisa saja berbeda-beda. Pastinya saja sebagai pemula agak sedikit bingung saat memahami istilah biaya transaksi.

BACA JUGA:  Pengertian Pasar Modal Syariah: Sejarah, Pengertian dan Contohnya

Dalam investasi saham ini, Anda harus memiliki rekening efek yang menjadi fasilitas dari perusahaan sekuritas tersebut. Setelah mempunyai rekening ini, pengguna baru bisa melakukan top up uang dimana nantinya berguna sebagai e-money.

2.      Tidak Kebablasan untuk Membeli Saham

Bagi Anda yang sudah mempunyai rekening efek dan juga aplikasi berdagang saham paling baik bagi pemula, maka lanjutkan untuk mengirim data atau sejumlah uang. Apabila masih ragu maka hal ini adalah wajar karena merasa takut jika harus kehilangan uang selama investasi tersebut.

Namun sebenarnya Anda tidak perlu merasa khawatir karena bermain saham dapat dimulai hanya bermodalkan 100 ribu saja. Pada transaksi saham ini juga ada beberapa satuan lot yang terdiri atas 100 lembar saham.

3.      Memilih Saham di IDX30 atau LQ45

Bursa Efek Indonesia atau BEI telah menerbitkan indeks saham yang menjadi ukuran statistik untuk menunjukkan perubahan gerakn harga kumpulan saham. Pemilihan ini berdasarkan atas kriteria tertentu. Ada sebanyak 35 indeks telah terdaftar di IDX30 dan LQ45 agar tidak bingung.

Alasannya adalah saham pada indeks tersebut memiliki dengan tingkat likuid tinggi. Selain itu fundamental perusahaan pun juga dianggap baik. Saham-saham indeks pun biasa disebut saham papan atau blue chip.

Ketujuh situs dari rumah teknologi di atas bisa Anda gunakan sebagai tempat belajar saham untuk pemula. Tentu bagi investor yang baru saja terjun di dunia saham perlu banyak latihan dan pelajaran demi meminimalisir resiko kesalahan saat bermain saham.