Berikut Makna Integrasi Menurut Para Ahli, termasuk Myron Weiner

Berikut Makna Integrasi Menurut Para Ahli, termasuk Myron Weiner

RumahTeknologi.com – Integrasi nasional adalah proses menyatukan berbagai perbedaan yang ada dalam masyarakat sehingga menjadi harmonis dalam suatu bangsa. Perbedaan tersebut meliputi suku, budaya, bahasa, ras, agama, dan faktor bangsa lainnya. Integrasi nasional sendiri penting bagi negara yang heterogen seperti Indonesia. Berikut ini adalah pengertian integrasi nasional menurut pendapat beberapa ahli.

Saffroedin Bahar

Menurut Saffroedin Bahar, integrasi nasional adalah upaya menyatukan seluruh unsur suatu bangsa dengan pemerintah dan wilayahnya.

Nazaruddin Sjamsuddin

Menurut Nazaruddin Sjamsuddin, integrasi nasional adalah proses penyatuan suatu bangsa yang mencakup semua aspek kehidupan, yaitu sosial, budaya, politik, dan ekonomi.

J Soedjati Djiwandono

Menurut J. Soedjati Djiwandono, integrasi nasional merupakan sebuah cara agar kelestarian persatuan nasional dalam arti luas dapat didamaikan dengan hak menentukan nasib sendiri.

Sunyoto Usman

Menurut Sunyoto Usman, integrasi nasional adalah suatu proses saat kelompok-kelompok tertentu dalam masyarakat saling menjaga keseimbangan untuk mewujudkan kedekatan hubungan antar kelompok.

Heddy Shri Ahimsa Putra

Menurut Heddy Shri Ahimsa Putra, integrasi nasional merupakan keselarasan dan keharmonisan seluruh relasi sosial yang terbangun dalam masyarakat.

Howard Wriggins

Menurut Howard Wriggins, integrasi adalah penyatuan bangsa-bangsa yang berbeda dari suatu masyarakat menjadi suatu keseluruhan yang lebih utuh atau memadukan masyarakat-masyarakat kecil yang banyak menjadi suatu bangsa.

Myron Weiner

Menurut Myron Weiner, integrasi nasional merupakan proses penyatuan kelompok-kelompok dengan latar sosial dan budaya berbeda ke dalam satu kesatuan wilayah dan membentuk satu identitas nasional.

BACA JUGA:  program kerja kkn bidang keagamaan