Penjelasan Pentingnya KKN dan Pertimbangan dalam Memilih Contoh Judul Laporan KKN Menarik

Penjelasan Pentingnya KKN dan Pertimbangan dalam Memilih Contoh Judul Laporan KKN Menarik

RumahTeknologi.com – Jika sebelumnya Anda mengira kegiatan KKN hanya iseng-iseng bersama teman-teman. Jadi hipotesis tersebut tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya salah. Pasalnya, hal itu tidak benar karena ada jadwal kerja yang perlu dilakukan saat kegiatan KKN berlangsung. Untuk itu diperlukan Pertimbangan Memilih Contoh Judul Laporan KKN yang menarik yang nantinya akan diolah lebih lanjut untuk kemudian dijadikan laporan.

Meskipun benar karena dalam kegiatan KKN kontennya terutama berasal dari kelompok-kelompok tersebut, bukan dari kelompok lain. Oleh karena itu, sikap keakraban juga diperlukan agar diskusi berjalan lancar, tanpa hambatan yang berarti. Di bawah ini adalah informasi tentang pentingnya KKN dan pertimbangan untuk membuat contoh judul:

Pentingnya KKN Untuk Pengembangan Diri 

Berbagai kegiatan yang dilakukan selama KKN dapat dijadikan sebagai sarana untuk melatih pengembangan pribadi seseorang. Tentu saja, saat KKN berlangsung, banyak orang terlibat dalam urusan kemasyarakatan yang mungkin belum pernah dilakukan sebelumnya. Nah, berikut ini pentingnya kegiatan KKN agar lebih berkembang:

1. Menjadikan Pribadi Yang Lebih Tangguh 

Tentunya dengan kegiatan KKN yang cukup beraneka ragam menuntut setiap mahasiswa mampu bertahan dalam keadaan apapun. Misalnya ketika dihadapkan pada sebuah situasi yang kemungkinan lebih rendah jika dibandingkan dengan saat kost.

Selain itu ditambah dengan keadaan para teman-teman baru dengan karakter yang beragam pula. Tentu ada yang memang cocok dan sebaliknya ada beberapa yang kurang cocok.

BACA JUGA:  Ide Kenang-Kenangan Unik untuk Tempat Magang, Bikin Kalian Susah Dilupakan!

2. Sebagai Pembuktian Pengamalan Ilmu 

Saat berada di lingkungan masyarakat yang dengan berbagai macam layar belakang baik pendidikan, ekonomi serta lainnya. Menjadikan mahasiswa bisa membuktikan bahwa ilmu yang telah diperoleh dari belajar di kampus tidak sia-sia.

Cukup dibuktikan dengan memberikan program kerja yang sesuai dengan bidang para mahasiswa serta yang dibutuhkan masyarakat. Salah satu contohnya seperti pembukaan usaha mikro dan lainnya.

3. Membangun Sikap Sosial 

Sikap atau jiwa sosial perlu adanya latihan supaya dapat peka terhadap keadaan di sekitar. Salah satu latihan yang bisa dilakukan adalah dengan terjun langsung dalam masyarakat seperti ketika KKN. Mulai dari permasalahan yang telah ditemukan kiranya apa solusi yang tepat untuk dilakukan oleh warga sekitar. Serta bagaimana keberhasilan solusi sehingga dapat menangani masalah tersebut.

Pertimbangan Membuat Contoh Judul Laporan KKN Yang Baik

Jadi dalam proses pembuatan contoh judul laporan KKN yang menarik kiranya perlu mempertimbangkan beberapa hal terkait. Agar laporan yang dibuat tidak asal-asalan yang berakibat pada nilai akhir yang diperoleh.

Pasalnya setiap perguruan tinggi memiliki aturannya sendiri-sendiri dalam tatanan laporan hasil penelitian kegiatan KKN. Berikut beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam menentukan sebuah judul laporan pada saat melakukan KKN:

1. Melakukan Riset

Bagi para mahasiswa yang masih bingung tentang permasalahan contoh judul laporan KKN yang unik. Maka salah satu solusi untuk menemukannya adalah dengan melakukan beberapa riset terlebih dahulu. Tidak perlu dalam lingkup yang luas dan banyak melibatkan orang sebagai narasumber.

Namun riset yang diperlukan cukup dalam skala kecil saja. Adapun tujuan dilakukannya riset itu sendiri tidak lain untuk mengetahui berbagai kondisi serta situasi dari masyarakat sekitar. Kegiatan riset bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai cara menarik:

BACA JUGA:  Manfaat Dasar Negara

a. Menggunakan Internet

Pertama ada yang menggunakan Internet sebagai cara mencari informasi yang dibutuhkan. Seperti mengenal tempat KKN dengan berbagai kondisi yang dialami warganya. Cara ini cukup mudah dilakukan tanpa mengharuskan seorang peneliti atau mahasiswa meninggalkan posko kelompok.

Akan tetapi ketika memilih menggunakan Internet jangan lupa untuk memperhatikan tentang sumber tersebut bisa dipertanggung jawabkan.

b. Survei Secara Langsung

Jika informasi yang dibutuhkan tentang proses pertimbangan memilih contoh judul laporan KKN yang menarik tidak ditemukan di internet. Maka mahasiswa bisa melakukan survei di lapangan secara langsung. Tentunya dengan demikian informasi yang didapat juga lebih meyakinkan.

Caranya bisa dengan bertanya kepada warga sekitar mengenai beberapa hal mulai dari keadaan sekitar sampai dengan permasalahan yang sering dihadapi di Desa tersebut. Dimana permasalahan tersebut memerlukan sebuah intervensi.

c. Bertanya Kepada Perangkat Desa

Jika masih belum menemukan informasi yang sesuai dengan keinginan maka solusi terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan berdiskusi dengan perangkat Desa. Para mahasiswa bisa memperoleh kontak dari para perangkat melalui Dosen Pembimbing Lapangan. Bisa juga melalui pihak akademik yang bertugas di bagian KKN.

2. Menyusun Prioritas

Selain itu, ketika masalah telah diidentifikasi, mereka sering dihadapi oleh masyarakat di sekitar markas KKN dan membutuhkan tindakan. Jadi Anda bisa mulai dengan menetapkan prioritas. Pasalnya, jika proses penetapan prioritas tidak dilakukan terlebih dahulu. Oleh karena itu tidak menutup kemungkinan program kerja yang akan dilaksanakan membutuhkan waktu dalam skala tahunan.

Mahasiswa dapat memperkirakan atau mengevaluasi berbagai jenis masalah yang telah diperoleh, yang dapat dijadikan bahan untuk program kerja. Untuk itu, beberapa hal dapat dipertimbangkan, seperti berikut ini:

 

a. Masalah Paling Memerlukan Intervensi

Pertimbangan pertama dalam memilih masalah untuk dijadikan jadwal kerja, serta contoh judul laporan KKN, adalah masalah yang membutuhkan tindakan segera. Tentunya dari berbagai jenis dan latar belakang tersebut, ada permasalahan yang lebih mendesak dan perlu segera diselesaikan. Pengelompokan dapat dimulai dari yang paling penting sampai yang paling tidak penting.

BACA JUGA:  patung wayang golek dan gerabah merupakan jenis seni rupa terapan

b. Masalah Yang Bisa Diselesaikan Dalam Jangka Waktu

Pertimbangan selanjutnya adalah menyusun soal berdasarkan waktu penyelesaian. Misalnya, dibutuhkan 3-4 minggu. Untuk itu mahasiswa dapat melakukan kegiatan desain hingga tahap evaluasi. Oleh karena itu, masalah dapat diselesaikan dalam waktu yang ditentukan.

c. Masalah Paling Dikuasai

Sebuah jadwal kerja tentunya menuntut mahasiswa untuk menguasai seluk beluk permasalahan yang diangkat. Sehingga bisa menjadi contoh judul laporan KKN yang akan dikerjakan. Perhatikan bahwa proker yang dibuat bersifat individual. Pasalnya, jika secara kelompok, jika masalah belum dikuasai, masih bisa didiskusikan dengan anggota yang lebih berpengalaman.

3. Menyusun Rancangan

Ternyata pengambilan sampel judul laporan KKN yang nantinya akan dihasilkan membutuhkan proses penyusunan. Proses ini cukup penting, mengingat jadwal kerja harus dilakukan secara konsisten. Setidaknya ada 4 hal yang tidak boleh dilewatkan dalam rencana proyek.

Diantaranya berisi permasalahan yang telah ditemukan dan dipilih sebelumnya. Kedua kemudian menyangkut pembagian tugas antar anggota yang ahli di bidangnya. Dan ketiga, ada program implementasi yang mencakup tahap persiapan evaluasi, yang dijelaskan secara rinci. Terakhir adalah anggaran untuk biaya yang digunakan dalam pelaksanaan program.

Demikian pembahasan mengenai pentingnya KKN dan pertimbangan dalam memilih judul contoh laporan KKN yang akan dibuat. Pembahasan di atas dapat dijadikan acuan bagi mahasiswa yang akan melakukan pengabdian bersama dengan masyarakat.

Tentunya kursi KKN memiliki kenyamanan yang mungkin tidak sama dengan saat Anda berada di rumah. Untuk itu, keterampilan sosial siswa dapat didemonstrasikan.

 

`