batas wilayah benua asia

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan memberi contoh “batas wilayah benua asia”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemukan jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut adalah contoh “batas wilayah benua asia”

Wilayah Benua Asia berbatasan langsung dengan beberapa samudra dan wilayah perairan. Berikut uraian mengenai batas wilayah Benua Asia.
Letak Geografis
Secara geografis, benua Asia terletak di antara tiga benua dan samudra, yaitu Benua Eropa, Amerika, dan Australia. Kemudian Samudra Pasifik, Hindia, dan Arktik.

Utara: Samudra Arktik
Selatan: Samudra Hindia
Timur: Selat Bering dan Samudra Pasifik bagian timur
Barat: Benua Eropa, Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Laut Hitam, Selat Bosporus, Selat Dardanella, Laut Tengah, Terusan Suez, dan Laut Merah.
Baca juga: Keliling Bandung Naik Vespa Listrik, Seru Euy…
Letak Astronomis
Secara astronomis, letak Benua Asia ada pada 77º LU-11º LS dan 26º BT-169º BT. Posisi ini menunjukkan bahwa mayoritas wilayah Benua Asia ada di belahan bumi bagian utara. Hanya terdapat beberapa pulau yang berada di bagian selatan, salah satunya yaitu Indonesia.

Luas dan Pembagian Wilayah
Mengutip dari worldatlas, Benua Asia memiliki luas sebesar 44,579,000 km² dengan penduduk lebih dari 4,5 milyar. Benua Asia terbagi ke dalam lima kawasan, yaitu: Asia Timur, Asia Tengah, Asia Barat, Asia Selatan, dan Asia Tenggara. Terdapat 48 negara yang menjadi bagian Benua Asia. Berikut adalah pembagiannya:

BACA JUGA:  Memahami Lebih Dalam Program MSIB: Panduan Komprehensif untuk Mahasiswa

Asia Timur terdiri atas 8 negara, yaitu: Republik Rakyat Tiongkok, Mongolia, Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, Makau, Taiwan, dan Hongkong.
Asia Barat terdiri atas 18 negara, yaitu: Turki, Arab Saudi, Armenia, Azerbaijan, Bahrain, Georgia, Irak, Iran, Israel, Kuwait, Libanon, Oman, Qatar, Siprus, Suriah, Uni Emirat Arab, Yaman, dan Yordania.
Asia Tengah memiliki 5 negara yang terdiri dari: Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan.
Asia Selatan terdiri atas 7 negara, yakni: Bangladesh, Bhutan, India, Maladewa, Nepal, Pakistan, dan Srilanka.
Asia Tenggara memiliki 10 negara yang terdiri atas: Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Laos, Myanmar, Kamboja, Brunei Darussalam, Vietnam, dan Filipina. Serta Timor Leste yang telah menjadi bagian dari forum regional ASEAN, namun belum menjadi anggota secara resmi.
Baca juga: Keuntungan Letak Geografis Indonesia, Mulai dari Ekonomi hingga SDA
Keunikan Benua Asia
Dengan jumlah negara yang banyak serta wilayah yang luas, Benua Asia memiliki berbagai karakteristik unik yang membedakannya dari benua lain.

Berikut adalah beberapa keunikan Benua Asia:

Benua Asia merupakan benua terbesar di dunia. Hal inilah yang membuat batas wilayah Benua Asia membentang luas dan bersentuhan langsung dengan banyak wilayah lain.
Merupakan benua terpadat di dunia. Dengan wilayah yang luas, tidak heran jika Benua Asia dihuni oleh banyak penduduk. Terdapat 5 negara di Benua Asia yang termasuk ke dalam 10 negara dengan jumlah populasi terbanyak. Negara-negara tersebut adalah: Republik Rakyat Tiongkok, India, Indonesia, Pakistan, dan Bangladesh.
Mengutip britannica, Benua Asia merupakan tempat lahirnya agama-agama besar, yakni agama Buddha, Hindu, Islam, Kristen, dan Yudaisme.
Puncak tertinggi di dunia berada di Benua Asia, yaitu Gunung Everest dengan ketinggian 8.850 meter di atas permukaan laut.
Titik terendah di daratan juga ada di Benua Asia, yaitu permukaan Laut Mati yang diperkirakan berada 430 meter di bawah permukaan laut.

BACA JUGA:  intensif adalah
`