A6 Berapa CM

A6 Berapa CM? Ketahui Penjelasannya Berikut Ini!

Bagi orang yang bekerja di kantoran, pasti sudah tidak asing lagi dengan ukuran kertas A6. Sebenarnya kertas A6 berapa cm? Sederhana, kertas ini ukurannya lebih kecil dibandingkan kertas A4 yang sering untuk mencetak tugas sekolah atau kantor.

A6 Berapa CM? Berikut Penjelasannya

Bagi Anda yang tertarik untuk membuka bisnis percetakan, sebaiknya mengetahui ukuran A6 itu berapa cm. Perlu tahu jika kertas A6 ukurannya 10,5 x 14,8 cm. Meskipun kertas ini jarang digunakan, tapi tetap saja mempunyai fungsi tersendiri.

Biasanya kertas tersebut juga perlu untuk melakukan pekerjaan kantor, tugas sekolah dan lainnya. Bahkan, ukuran tersebut biasanya untuk mencetak foto agar bisa menyimpannya di galeri foto. Dengan kata lain, ukuran ini tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Bahkan, ada juga orang yang menggunakan ukuran kertas tersebut untuk membuat undangan, pamflet dan lain sebagainya. Alasan banyak orang menggunakan ukuran kertas ini karena bisa lebih menghemat. Terutama jika ingin mencetak buku, ukuran kertas ini lebih cocok.

Ukuran A6 dalam MM, Inci dan Pixel

Sebenarnya ukuran A6 tidak hanya dalam satuan cm saja, tapi juga dalam satuan lain. Misalnya saja seperti mm, inci dan Pixel. Nah, untuk mengetahui penjelasan ukuran dari kertas A6 pada beberapa satuan tersebut, berikut ini penjelasan lengkapnya dari rumahteknologi.

BACA JUGA:  tegese njanur gunung

1.      Ukuran A6 dalam MM

Satuan mm atau milimeter dari kertas A6 mempunyai panjang 148 mm dan lebar 105 mm. Biasanya ukuran satuan dalam m ini sangatlah berguna bagi seseorang yang sering membuat desain Melalui aplikasi seperti Photoshop, CorelDRAW dan lain sebagainya.

Bahkan, biasanya untuk mencetak kertas biasa juga bisa menggunakan ukuran MM. Maka dari itu jika ingin membuka jasa percetakan sudah seharusnya bisa memahami ukuran kertas A6 dalam cm maupun mm.

2.      Ukuran A6 dalam Inch

Ukuran kertas A6 dalam satuan inch mempunyai panjang 5,83 inchi dan lebar 4,13 inchi. Intinya ukuran ini sama saja dengan cm atau mm, hanya saja berbeda istilah saja. Meskipun demikian, tapi tidak ada salahnya untuk mengetahuinya.

Selain itu, ukuran kertas A6 dalam satuan ini juga sering digunakan saat membuat desain Melalui aplikasi di komputer atau laptop seperti Photoshop dan CorelDraw dan lain sebagainya. Selain itu biasanya juga berguna untuk mengatur ukuran saat mencetak dokumen tertentu.

3.      Ukuran A6 dalam Pixel

Perlu tahu jika ukuran A6 dalam satuan pixel berbeda-beda. Jadi, perbedaan tersebut tergantung dari besaran pixel tersebut. Nah selengkapnya untuk mengetahui beberapa ukuran A6 dalam Pixel, simak penjelasan berikut ini.

  • A6-72 PPI (298 x 420)
  • A6-150 PPI ( 620 x 874 )
  • A6-600 (2480 x 3508)
  • A6-1200 PPI ( 4961 x 6992 )
  • A6-96 PPI ( 397 x 559 )
  • A6-300 PPI (1240 x 1748)
  • A6-720 ( 2976 x 4195 )

Keunikan Kertas A6

Setelah mengetahui A6 berapa cm, ketahui juga keunikannya. Kertas ini mempunyai keunikan tersendiri yang memang jarang diketahui orang. Nah, ingin tau apa saja keunikannya? Berikut ini penjelasannya.

1.      Mempunyai Berat yang Variatif

Keunikan pertama dari kertas A6 yaitu mempunyai berat yang cukup variatif. Biasanya berat kertas tersebut tergantung dari jenis kertasnya. Selain itu, perbedaan tersebut juga tergantung dari beberapa panjang dan lebar kertas tersebut.

BACA JUGA:  kenang kenangan kkn untuk desa

Misalnya saja untuk kertas dengan berat 1,875 gram, mempunyai ukuran dengan lebar 64 mm dan panjang 120 mm. Sedangkan untuk kertas berdasarkan ISO mempunyai lebar 148 mm dan panjang 1,5 mm.

2.      Ukuran Setengah dari Kertas A4

Sederhananya untuk mencetak dokumen dengan ukuran kertas A6 sebenarnya merupakan kertas A4 yang dibagi menjadi dua. Jadi, dengan menerapkan cara tersebut anda tidak perlu lagi menggunakan penggaris untuk membuat kertas dengan ukuran A6.

Begitu juga seterusnya, Jika kertas A8 merupakan setengah bagian dari kertas A6. Dengan kata lain, ukurannya merupakan seperempat bagian dari kertas A4. Namun, Jika anda sudah mengatur ukuran kertas tersebut di laptop atau komputer sebelum mencetaknya, secara otomatis akan tercetak pada ukuran tersebut.

3.      Ukurannya Lebih Kecil dari A7

Membahas mengenai keunikan dari kertas A6 memang tidak ada habisnya. Pasalnya kertas ini sebenarnya dua kali lebih kecil dari kertas ukuran A7. Keunikan inilah yang terkadang membuat orang tidak menyadari hal tersebut.

Kebanyakan orang menganggap jika ukuran A7 Justru lebih kecil dibandingkan kertas A6. Maka dari itu jika ingin mencetak foto agar tidak salah lagi pastikan mengetahui perbedaan ukuran dari setiap kertas.

4.      Ukuran Lebih Kecil Daripada A0

Adapun keunikan lain dari kertas A6 yaitu mempunyai ukuran yang jauh lebih kecil daripada kertas A0. Bahkan, perbandingannya lebih 64 kali dari kertas A0. Jadi, Anda bisa membayangkan berapa besar kertas A0 tersebut. Bahkan, kertas ini mempunyai ukuran lebih besar dari kertas lainnya.

Namun, sayangnya saat ini banyak orang yang tidak memahami ukuran kertas A0, begitu juga dengan kegunaannya. Berbeda halnya dengan kertas A5 yang memang sering menjadi ukuran untuk mencetak buku, karena merupakan setengah dari kertas A4.

BACA JUGA:  movement dalam teater adalah

5.      A6 Merupakan Ukuran kertas Paling Kecil

Pada umumnya kertas A6 masuk dalam kategori kertas paling kecil jika membandingkannya dengan kertas lainnya. Meskipun demikian, tetap saja keberadaan kertas A6 masih berfungsi untuk melakukan pencetakan dokumen khusus seperti buku.

Sedangkan agar hasilnya lebih maksimal lagi saat mencetak dalam ukuran ini, pastikan sebelumnya sudah mengatur pada menu cetak. Selain itu, penting juga untuk mengatur printer agar nantinya proses cetak bisa lebih maksimal lagi.

6.      Ukuran A6 Cocok untuk Amplop

Adapun keunikan lain dari kertas A6 yaitu seringkali menjadi ukuran untuk mencetak amplop. Biasanya, amplop dengan ukuran ini mempunyai lebar 162 mm dan panjang 114 mm. Biasanya ukuran ini berguna untuk mencetak amplop resmi.

Jadi, dengan menggunakan ukuran ini bisa mencetak amplop dalam waktu singkat. Bahkan, Anda juga bisa mendesain amplop tersebut sebelum mencetaknya. Namun, untuk mencetak amplop dengan ukuran ini memang perlu pengalaman agar tidak salah.

7.      Kertas A6 Lebih Menguntungkan

Salah satu alasan kenapa banyak orang mencetak dokumen dengan ukuran A6 agar lebih menghemat lagi. Bagaimana tidak, ukuran kertas ini merupakan dua bagian dari kertas A6, sehingga memungkinkan bisa menghemat penggunaan kertas.

Aku lagi Jika Anda memang mencetak dokumen dalam jumlah banyak, seperti halnya buku. Tentu pengeluaran untuk menggunakan kertas bisa lebih kecil. Meskipun demikian, untuk hasil cetaknya tetap bagus dan jelas terlihat.

Itulah penjelasan mengenai A6 berapa cm beserta dengan bentuk satuan lainnya. Setidaknya mengetahui ukuran kertas seperti ini bisa menambah pengetahuan. Apalagi bagi Anda yang ingin memulai bisnis percetakan atau bekerja dalam bidang tersebut, sudah seharusnya memahaminya dengan detail.